Promosi di Google dan Facebook, Rendah Biaya Namun Super Efektif

Promosi di Google dan Facebook, Rendah Biaya Namun Super Efektif

Admin
digital marketing Feb 12, 2020
SHARE ON
1689040245_promosi-di-google-dan-facebook-rendah-biaya-namun-super-efektif-1.jpg

Internet merupakan salah satu platform marketing yang benar-benar hemat biaya. Hal penting yang perlu Anda ingat ketika menggunakan internet untuk marketing yakni, Anda harus mengetahui trik kunci yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan strategi Anda. Terutama, jika ini merupakan masa-masa awal Anda mengelola startup, maka besar kemungkinan Anda belum memiliki anggaran yang besar untuk memasarkan produk. Namun, bukan berarti tidak ada cara yang efektif bagi Anda untuk mempromosikan brand Anda di pasaran.

Cara Tepat untuk Promosi Produk Secara Online

Sebelum ada internet, bisnis-bisnis kecil hanya bisa menerapkan satu-dua strategi untuk memasarkan produknya dengan biaya rendah. Biasanya, promosi tersebut hanya bisa dilakukan dengan cara mencetak selebaran brosur, atau mungkin menjadi sponsor untuk event-event lokal. Ini merupakan cara tradisional yang paling umum dilakukan untuk marketing pada masa sebelum sekarang. Namun, kini ada begitu banyak kesempatan yang diberikan oleh internet. Anda hanya perlu cerdik dalam memilih strategi promosi yang tepat.

Berikut merupakan cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk Anda di internet:

Mendaftarkan Bisnis pada Layanan Listing Lokal

Dengan mendaftarkan bisnis Anda pada Google, maka orang-orang akan lebih mudah menemukannya melalui pencarian Google, dan perusahaan Anda pun bisa muncul pada Google Maps. Prosesnya juga tidak sulit, Anda tinggal mengisi formulir pendaftaran, kemudian mendaftarkan bisnis Anda, lalu nanti bisnis Anda akan diverifikasi melalui proses konfirmasi, yang bisa dilakukan melalui panggilan telepon atau email. Selain Google, dengan pertimbangan yang tepat, tidak ada salahnya Anda juga mencoba mendaftarkan bisnis Anda pada Yahoo! dan Bing Microsoft untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi. Siapa tahu, ada konsumen lainnya yang menemukan bisnis Anda melalui mesin pencarian tersebut.

Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial

Media sosial bukan hanya merupakan sebuah platform untuk mencari popularitas semata. Sebab, kini sosmed menjadi salah satu wujud investasi bisnis yang paling menjanjikan. Hal tersebut karena Anda bisa memasarkan apa saja melalui media sosial. Anda bisa membuat iklan untuk dipajang di halaman Facebook Anda, kemudian menggunakan direct channel untuk berinteraksi dengan konsumen melalui Twitter. Anda pun bisa menambah jaringan melalui LinkedIn sekaligus mempromosikan produk bisnis Anda, baik secara personal maupun memasarkan perusahaan Anda. Banyak cara mempromosikan produk Anda melalui platform media sosial. Maka dari itu, ubah sudut pandang Anda supaya Anda bisa berpikir lebih kreatif, dalam mengelola media sosial supaya bisa menjadi platform untuk marketing.

Membuat Blog untuk Bisnis

Blog tidak hanya dapat membantu memudahkan bisnis Anda untuk mendapatkan lebih banyak follower. Namun, dengan mem-posting update di blog seperti dalam bentuk konten artikel bacaan maupun video, maka ini bisa lebih membuat Anda lebih terhubung dengan konsumen Anda secara langsung. Namun, perlu Anda ingat bahwa kunci utama untuk blogging yaitu dengan rajin meng-update blog Anda. Bahkan, jika memungkinkan, update blog Anda sesering mungkin. Sebab, ini menunjukkan bahwa blog tersebut aktif dikelola. Jadi, orang-orang akan tahu bahwa blog tersebut memang menunjukkan bisnis Anda yang sedang berjalan. Jika Anda tidak pernah meng-update atau memperbarui blog tersebut, maka ini tidak akan ada artinya. Sia-sia saja Anda memiliki blog tapi tidak pernah memperbaruinya.

Mengoptimasi Website Bisnis Melalui SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan strategi yang benar-benar tidak bisa Anda remehkan. Terutama, jika Anda ingin mengoptimalkan pemasaran online melalui Google. Secara sederhana, SEO merupakan teknik pemasaran online yang dilakukan dengan cara menaikkan peringkat website Anda pada Google. Jadi, jika SEO website Anda sukses, maka website tersebut akan muncul pada peringkat atas di hasil mesin pencarian Google. Anda bisa mempelajari metode SEO kemudian menerapkannya untuk website Anda. Atau, Anda juga bisa menyerahkan SEO tersebut kepada tim internet marketing khusus yang handal. Dengan begitu, Anda bisa memantau untuk memastikan bahwa website Anda selalu menempati peringkat teratas di mesin pencarian.

Menerapkan Metode Press Release

Setiap kali bisnis Anda meluncurkan suatu produk baru, atau menggelar sebuah event tertentu, maka tak ada salahnya jika Anda menerbitkan press release. Metode ini merupakan cara yang efektif untuk mempublikasikan bisnis Anda kepada masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas. Terlebih lagi, press release menunjukkan bahwa Anda memahami pentingnya peranan media sebagai cara berkomunikasi dengan konsumen Anda. Agar lebih memahami press release, maka Anda bisa menggunakan website tertentu yang berfungsi khusus untuk press release. Siapa tahu, ketika website bisnis Anda sudah makin besar nanti, Anda terbiasa menerbitkan press release untuk memberikan informasi setiap kali ada peluncuran produk terbaru.

Bergabung dengan Komunitas Online

Umumnya, setiap niche memiliki komunitas online di mana Anda bisa bergabung di dalamnya. Namun, jika Anda hanya sekadar mendaftar untuk menjadi anggota, kemudian Anda posting tentang bisnis Anda sekali dua kali di dalam forum komunitas tersebut, maka ini tidak akan berarti apa-apa bagi Anda. Bahkan, aktivitas tersebut bisa-bisa membuat sejumlah orang merasa terganggu karenanya. Kegiatan yang tepat untuk Anda lakukan bersama komunitas tersebut yakni Anda aktif untuk ikut berkontribusi di dalamnya. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak serta-merta mempromosikan bisnis Anda secara langsung dan terang-terangan. Jadi, Anda bisa mempromosikan produk Anda secara pasif dengan cara mencantumkan link pada bagian akhir postingan Anda, atau jika dalam kondisi konteksnya memang tepat.

Cara Mempromosikan Bisnis Secara Efektif di Google

Memasarkan produk di Google merupakan pilihan cerdas jika Anda ingin memperluas jangkauan audiens Anda. Melalui metode ini, Anda juga bisa menemukan customer baru serta mengembangkan bisnis Anda secara efektif. Google Ads yang dahulu biasa dikenal dengan sebutan Google AdWords merupakan platform iklan online yang terbesar dan paling banyak digunakan untuk promosi online. Dengan memasarkan produk Anda di Google, maka bisnis Anda bisa menjangkau audiens potensial yang jumlahnya lebih banyak, bahkan mencapai jutaan orang.

Cara Kerja Iklan Google

Google Ads berfungsi seperti lelang, namun bukan seperti pelelangan biasa, bukan hanya tawaran Anda saja yang penting. Namun, lelang tersebut membutuhkan kualitas dan relevansi dari ad campaign Anda. Ini berarti strategi iklan Google tersebut bisa diterapkan oleh siapa saja, tidak hanya pelaku bisnis yang memiliki anggaran biaya marketing besar.

Lelang untuk Google Ads ini mengutamakan konsep keyword atau kata kunci. Advertiser akan mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan bisnis mereka, yang biasa digunakan para searcher untuk mencari sesuatu di Google, kemudian advertiser bakal menawar keyword tersebut, dengan menunjukkan berapa nominal yang mereka bayarkan setiap kali pengguna Google mengklik iklan itu. Ini juga yang menjadi asal mula istilah “pay per click advertising”.

Setelah itu, pelelangan tersebut akan berlaku setiap kali searcher memasukkan kata kunci di Google, yang berarti bahwa tiap keyword yang ditawar tersebut, menjadi kesempatan bagi iklan Anda untuk ditampilkan kepada customer yang sekiranya potensial. Selain itu, karena customer tersebut selalu aktif mencari produk yang Anda jual, maka iklan Anda pun akan muncul pada saat yang tepat. Inilah yang membuat metode iklan Google sangat powerful, dan merupakan salah satu cara terbaik bagi Anda untuk mengembangkan bisnis.

Cara Promosi Melalui Google

Apabila Anda ingin mempromosikan bisnis melalui Google maka Anda perlu memiliki akun Google Ads. Akun ini bisa Anda buat dengan tanpa biaya atau gratis. Begitu Anda sudah memiliki akun baru, maka kini waktunya Anda menggunakan Google Ads untuk memasarkan bisnis Anda.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk memasarkan bisnis melalui Google:

  1. Menentukan tujuan target akun Anda
  2. Menentukan target audiens
  3. Melakukan riset kata kunci
  4. Menganggarkan biaya dan penawaran harga
  5. Membuat struktur akun secara optimal
  6. Merancang iklan yang sangat menarik
  7. Menciptakan landing page yang efektif
  8. Mengimplementasikan tracking untuk konversi
  9. Mengoptimalkan daftar remarketing
  10. Rajin melakukan optimization

Selain Google, cara promosi online yang efektif lainnya yakni dengan mengoptimalkan Facebook. Mari kita simak lebih lanjut tentang cara promosi online dengan menggunakan Facebook, dalam ulasan selengkapnya.

Cara Mengoptimalkan Promosi Melalui Facebook

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu membuat halaman Facebook untuk bisnis Anda. Selanjutnya, Anda bisa mulai mempromosikan halaman Facebook tersebut, kemudian menumbuhkan engagement yang kuat dengan pengikut Anda. Agar bisa terhubung dengan customer Anda saat ini, serta menjangkau customer baru yang potensial bagi Anda, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah seperti berikut ini:

Menambahkan Follow Button pada Website Anda

Anda bisa memudahkan pengunjung website Anda untuk menyukai halaman Anda, dengan cara mencantumkan Follow Button pada website atau blog Anda. Facebook Follow Button merupakan widget yang bisa Anda tambahkan pada website Anda, yang akan menghubungkan orang-orang dari website Anda dengan halaman Facebook Anda. Dengan mengklik Follow Button tersebut, maka pengunjung website Anda bisa langsung diarahkan menuju halaman Facebook milik Anda.

Membuat Iklan Facebook

Membuat iklan Facebook merupakan cara mudah untuk menampilkan halaman Facebook Anda langsung kepada audiens yang potensial. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan fitur targeting dari Facebook, di mana Anda dapat menciptakan iklan yang menjangkau orang-orang dengan karakteristik tertentu, misalnya seperti usia dan lokasi. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan fitur Custom Audience Facebook untuk menjangkau teman-teman yang sudah ada di dalam daftar kontak Anda.

Berbagi Konten yang Bermanfaat

Ada perbedaan besar antara media sosial dengan marketing media sosial. Anda bisa mengarahkan orang-orang untuk menyukai halaman Facebook Anda, dengan cara berbagi postingan yang bermanfaat serta bisa mengajak audiens agar mau melakukan tindakan secara langsung setelah mereka melihat postingan tersebut. Facebook sendiri merupakan channel dengan visual tinggi, artinya orang-orang lebih suka postingan yang menunjukkan gambar atau video. Jadi, silahkan Anda bagikan foto dan video untuk konten Facebook Anda kapan pun. Ini akan membuat engagement antara Anda dan fans semakin meningkat.

Mempromosikan Halaman Facebook Secara Offline

Promosikan halaman Facebook Anda pada semua bahan marketing Anda yang dicetak, termasuk kartu nama untuk bisnis, brosur, selebaran, pamflet, kaus T-Shirt, dan di mana saja yang bisa terlihat dengan mudah. Saat Anda diundang ke acara workshop, seminar atau konferensi, maka Anda juga bisa menyebutkan halaman Facebook Anda untuk mempromosikannya. Gunakan imajinasi Anda, optimalkan juga kreativitas Anda dalam mencantumkan informasi tentang halaman Facebook Anda tersebut, di tempat-tempat yang bisa dilihat oleh banyak orang.

Jangan Lupakan Media Sosial Lain yang Sudah Dipunya

Meskipun mempromosikan produk lewat Facebook menjadi prioritas Anda, tetapi memasarkan bisnis Anda melalui media sosial lainnya juga tidak kalah penting. Apalagi, jika Anda sudah punya media sosial lainnya seperti Instagram, LinkedIn atau Twitter misalnya. Maka, Anda juga bisa mempromosikan halaman Facebook Anda melalui channel-channel tersebut. Pemasaran melalui channel media sosial lainnya seperti ini akan memudahkan audiens Anda untuk terhubung dengan bisnis Anda setiap saat, kapan saja dan di mana saja.

Keuntungan Promosi Online dalam Mengembangkan Bisnis

Pemasaran online memberikan keuntungan besar bagi Anda dalam memasarkan produk barang maupun jasa Anda. Banyak cara bisa dilakukan dalam promosi online, mulai dari menggunakan media sosial, blogging, pay per click dan sebagainya. Promosi melalui Google dan Facebook termasuk metode yang paling efektif. Jika promosi online Anda berhasil maka pendapatan bisnis pun meningkat.

Berikut keuntungan paling utama dari promosi online:

Menjangkau Audiens Global

Internet marketing memudahkan Anda untuk menjangkau customer dalam rangka memasarkan produk barang dan jasa Anda. Melalui internet, apapun jenis bisnis Anda maka Anda memiliki akses untuk menjangkau jutaan customer yang potensial, di seluruh dunia. Iklan Anda bisa ditonton oleh banyak orang melalui internet. Semakin besar jumlah pengunjung website Anda maka angka penjualan Anda juga makin tinggi.

Marketing Non Stop 24/7

Melalui campaign marketing online, iklan bisnis Anda bisa aktif selama 24 jam. Anda bahkan tidak perlu mengkhawatirkan biaya untuk gaji staf atau jam kerja bisnis Anda. Terlebih lagi, perbedaan zona waktu di daerah tempat audiens Anda berasal, tidak akan mempengaruhi campaign Anda. Target customer Anda bisa mengakses website Anda dan membeli produk Anda kapan saja mereka mau.

Biayanya Rendah

Di setiap campaign marketing, biaya seringkali menjadi faktor penting yang mempengaruhi bujet perusahaan, terutama dalam pemasaran. Menghindari strategi marketing tradisional dan memilih menggunakan metode internet marketing atau promosi online, dapat membantu menghindarkan Anda dari biaya pemasaran yang tinggi. Promosi online membutuhkan biaya lebih rendah daripada iklan TV dan radio serta billboard.

Kekuatan Media Sosial

Media sosial memegang peranan penting dalam periklanan modern. Ini karena customer masa kini melihat komentar dan ulasan yang diunggah oleh konsumen yang berbelanja secara online. Bisnis Anda pun bisa dengan mudah menggunakan tools jejaring sosial dalam campaign iklan Anda. Ini akan membantu mendatangkan profit besar dari customer yang gemar menggunakan media sosial.

Membangun Hubungan Kuat

Selama bisnis Anda aktif dalam promosi online, maka konsumen Anda pun akan selalu menemukan Anda. Melalui promosi online, Anda bisa lebih mudah berkomunikasi dengan supplier di mana mereka tidak mengalami kesulitan menghubungi kontak Anda, bisnis Anda pun tidak kehilangan waktu untuk terus terhubung dengan customer selama 24 jam. Interaksi seperti ini membuat Anda memiliki engagement kuat, baik dengan supplier maupun klien dan customer Anda.

Demikianlah ulasan mengenai cara-cara promosi online di Google dan Facebook, beserta keuntungannya. Anda juga bisa mencoba menerapkan affiliate marketing untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait