Cara Sukses Menjalankan Marketing dengan Target Para Millennials

Cara Sukses Menjalankan Marketing dengan Target Para Millennials

Admin
how to Dec 19, 2020
SHARE ON
1689300510_cara-sukses-menjalankan-marketing-dengan-target-para-millennials-1.jpg

Tentunya ketika ingin produk yang kita jual baik secara langsung atau melalui media online laku dan diminati pembeli, maka harus ada strategi marketing khusus untuk dapat memasarkannya. Ada berbagai macam cara atau strategi marketing yang dapat digunakan untuk meraih pasar secara meluas.

Hanya saja, terkadang harus dipikirkan juga terkait dengan segmen pasar yang sedang disasar. Apakah itu para baby boomer atau orang-orang yang lahir antara tahun 1946 sampai 1964-an, para generasi X (1965 – 1980), gen-Y atau generasi millennials adalah yang lahir antara tahun 1981 sampai 1996, para generasi Z (1996 – 2010) ataukah para gen-Alpha (2011 – sekarang).

Dalam hal ini, khususnya untuk segmen para generasi millennials, tentunya Anda tidak dapat 100 persen menggunakan metode yang sukses diterapkan pada generasi X atau sebelumnya ke orang-orang yang masuk dalam kategori generasi Y. Hal itu dikarenakan karakteristik dan pola pikirnya sudah sangat berbeda. 

Dikarenakan orang-orang millennials lebih peka teknologi dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya, maka cara pendekatan untuk memaksimalkan metode marketingnya pun harus mengikuti pola pikir serta kebiasaan mereka. Para gen-Y ini sangat cerdas dan cenderung memilih untuk tidak mau ribet dalam berbelanja salah satu contohnya. Mereka rata-rata akan memilih berbelanja secara online daripada harus datang ke toko fisik. Ditambah lagi, mereka akan mencari berbagai referensi sebelum memutuskan membeli suatu produk secara online, seperti melihat rekomendasi, komentar sampai dengan pertimbangan lainnya.

Nah, berikut ini ini ada cara pendekatan yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pemasaran kepada para millennials.

Inovasi Terbaru

Ketika ingin memasarkan suatu barang ke para millennials, maka buatlah produk yang benar-benar baru dan belum ada sebelumnya. Ataupun apabila sudah ada sebelumnya, kemas produk tersebut semodern mungkin. Hal itu dikarenakan para millennials lebih tertarik dengan semua barang yang baru dan merupakan inovasi terkini.

Penekanan Perspektif

Jangan mencoba menawarkan suatu produk ke millennials tanpa mengerti apa fungsi dari produk tersebut sampai dengan manfaat bagi mereka. Para millennials sangat pintar dalam memilih dan memilah barang yang mereka inginkan dan butuhkan. Oleh karena itu, ketika memasarkan melalui iklan digital, usahakan untuk menekankan pada perspektif bahwa barang tersebut sangat berguna untuk mengatasi masalah umum. Pengaruhi mindset dan tekankan fungsi barang tersebut sebagai media solusinya.

Gunakan Review

Para gen-Y sangat suka berbelanja, terutama yang diperuntukkan bagi kebutuhan sehari-hari mereka. Oleh karenanya, gunakan metode reviews sebagai metode marketingnya. Dengan membaca reviews terkait produk yang dipasarkan, maka para millennials akan dapat mengetahui barang yang akan dibelinya secara langsung tanpa harus bertanya-tanya apapun lagi. Untuk menyebarkan review produk tersebut, tentu saja cara yang paling efektif adalah dilakukan secara online. Hal itu dikarenakan lebih cepat dan tepat ke sasaran.

Manfaatkan Media Sosial

Seperti yang dituliskan di atas, para millennials adalah generasi yang sangat melek teknologi dan juga perkembangan di dalamnya. Oleh karena itu, mereka sangat paham apa itu dan bagaimana cara mengoperasikan dan memanfaatkan media sosial untuk hanya sekadar sebagai media hiburan sampai dengan hal lainnya. Ketika Anda ingin menyasar para millennials dalam memasarkan suatu produk, maka cara yang paling efektif adalah dengan memanfaatkan media sosial. Selain scopenya lebih luas dan bahkan mencapai para generasi baby boomers serta gen-X, menggunakan media sosial sebagai media marketing juga lebih efisien dan gratis (untuk ukuran standar).

Perlu dicatat bahwa semua generasi memiliki personaliti dan juga karakteristik yang berbeda serta sangat unik. Oleh karena itu, jangan menerapkan metode yang sama kepada setiap orang yang berbeda generasi.

Artikel menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda:

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait