blogs - media sosial

Cara Terbaik Ciptakan Konten Viral Tapi Berbobot

10 Aug 19, 2020
Cara Terbaik Ciptakan Konten Viral Tapi Berbobot

Setiap orang tentu suka menjadi pusat perhatian masyarakat luas, hal tersebut yang juga mendasari mengapa banyak orang yang berlomba-lomba ingin viral di sosial media. Untuk bisa viral dengan konten positif, tentu bukan persoalan yang mudah. Banyak hal yang harus Anda pikirkan untuk menghasilkan konten berbobot. Di sisi lain, membuat konten viral juga kerap trial and error, di mana dibutuhkan percobaan beberapa kali agar konten buatan Anda bisa benar-benar viral dan ramai diperbincangkan. Untuk memudahkan Anda dalam menyusun konten viral, berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

Berikan Kesan Pertama yang Menarik

Dibandingkan dengan menyebarkan konten yang berisi tulisan sepenuhnya, akan lebih baik jika konten Anda juga dilengkapi dengan visual yang mendukung. Hal ini dikarenakan kebiasaan pembaca yang lebih suka membagikan konten berisi gambar di dalamnya. Visual yang Anda buat bisa berupa gambar ilustrasi ataupun infografis. Memahami sebuah informasi yang dilengkapi dengan sebuah gambar tentu akan lebih mudah diterima dibandingkan hanya berisi paragraf panjang saja.

Jika Anda sudah memutuskan untuk membuat sebuah visual pendukung, gambar yang Anda buat tidak boleh sembarangan. Pastikan visual yang Anda buat mampu menarik perhatian pembaca untuk melihat lebih detail mengenai konten yang Anda bagikan. Jika visual yang Anda buat jauh dari kata menarik, hal itu akan terkesan sia-sia. Visual yang menarik bisa ditunjang dari pemilihan warna, font, hingga gambar yang eye catching.

Buat Konten yang Personal

Saat memikirkan tema konten yang akan Anda buat, sebaiknya Anda tidak perlu bingung dan memikirkan terlalu jauh. Sebaliknya, buat konten yang lebih personal dan sesuai dengan apa yang terjadi di kehidupan dan sekitar Anda. Konten yang lebih personal tentu akan terkesan lebih jujur dan relate dengan masyarakat luas. Semakin banyak orang yang juga merasakan hal sama, membuat konten Anda semakin tinggi untuk berpotensi viral. Membuat konten personal tentu akan jauh lebih baik dibandingkan dengan membuat konten yang jauh dari pemahaman Anda.

Bangkitkan Emosi Pembaca

Untuk bisa membuat konten berbobot yang viral, buat konten positif yang mampu membangkitkan emosi pembaca. Baik itu emosi kebahagiaan, kekaguman, hingga kabar yang mengejutkan. Konten hiburan yang mampu membangkitkan emosi pembaca lebih mudah menjadi viral karena pembaca secara tidak sadar akan terhibur dan ingin membagikan kebahagiaan yang sama kepada keluarga dan kerabatnya. Semakin tinggi konten Anda mampu mengejutkan banyak orang, semakin besar peluang untuk disebarluaskan. Dari sinilah, konten berbobot Anda bisa langsung viral.

Kenali Audience Anda

Tersebarnya konten viral tentu akan diawali dari followers sosial media Anda, bukan? Untuk itu, Anda sebaiknya menyesuaikan konten yang akan dibuat dengan apa yang disukai oleh audience. Mengetahui demografis hingga pendidikan audience juga menjadi hal yang terbilang cukup penting. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah menyesuaikan konten dengan latar belakang dan minat audience Anda.

Libatkan Influencer

Merasa followers tidak cukup membantu dalam menyebarkan konten berbobot Anda? Kini saatnya Anda untuk mempertimbangkan keterlibatan dari para influencer, baik itu selebgram, aktor, dan lain sebagainya. Libatkan para influencer tersebut dalam membuat atau sekedar menyebarkan konten Anda. Dengan begitu, konten yang Anda buat memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dilihat oleh masyarakat luas.

Namun, memilih influencer yang tepat bukanlah persoalan yang mudah. Anda tentu tidak boleh sembarangan dalam memilih influencer dan hanya berpatok pada jumlah followers saja. Sesuaikan konten Anda dengan karakteristik dan kepribadian influencer tersebut. Hindari memilih influencer dengan audience yang jauh dari target konten Anda. Bukannya viral, konten Anda hanya akan dianggap angin lalu oleh audience yang tidak membutuhkannya.

Bangun Personal Branding yang Kuat

Personal branding menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan baik sebelum membuat konten yang viral. Pembaca tentu enggan membagikan konten dari sosok dengan personal branding yang buruk. Sebaliknya, konten Anda akan lebih mudah viral jika sebelumnya Anda telah membangun personal branding positif di mata followers. Hal ini juga berkaitan dengan poin sebelumnya, jika Anda yakin ingin bekerja sama dengan influencer, pilih influencer dengan personal branding yang baik juga.

Bangun Kepercayaan Diri Pembaca

Hindari membuat konten dengan menggunakan akun fake dan bukan akun pribadi Anda. Hal ini erat kaitannya dengan tingkat kepercayaan pembaca terhadap konten yang Anda buat. Pembaca tentu akan lebih yakin membagikan informasi dari akun yang menunjukkan jati dirinya. Sebaliknya, tidak sedikit pembaca yang ragu membagikan konten dari akun yang tidak diberi foto maupun informasi pribadi lainnya. Untuk semakin meningkatkan rasa percaya pembaca, unggah foto diri Anda sebagai profil dan cantumkan sedikit informasi Anda di bio. Tidak harus lengkap, setidaknya pembaca tahu siapa Anda.

Ketujuh cara yang telah disebutkan di atas bisa coba Anda terapkan saat ingin membuat konten viral yang berbobot. Di sisi lain, pastikan konten berbobot Anda nantinya diberi judul dan caption yang sangat menarik. Dengan begitu, kemungkinan menjadi viral pun akan semakin besar.