blogs - komputer

Cara Mudah Uninstalling Update Terbaru di Windows 10

10 Nov 23, 2020
Cara Mudah Uninstalling Update Terbaru di Windows 10

Sebuah update untuk setiap aplikasi atau software diciptakan dengan tujuan untuk pembaharuan sistem dan pembenahan sisi keamanan. Hal tersebut juga berlaku pada salah satu produk operating system besutan Microsoft, yaitu Windows 10. Setiap update yang muncul akan selalu digulirkan dan dipasang secara otomatis tanpa harus pengguna sistem operasi itu mengunduh dan menginstal secara manual terlebih dahulu.

Hanya saja, ternyata tidak semua orang suka akan sistem update seperti ini. Selain membutuhkan waktu yang relatif lama dan membuat perangkat menjadi menurun performanya saat proses berlangsung, pengguna juga tidak dapat melanjutkan aktivitas mereka menggunakan perangkat komputer atau laptop yang sedang terinstal update untuk Windows 10-nya.

Uniknya, untuk Windows 10 ini, pengguna tidak dapat menonaktifkan fitur update otomatis ini dan seketika fasilitas tersebut berjalan, maka membutuhkan beberapa space dari internal storage sebagai tempatnya. Nah, bagi yang merasa keberatan dengan hal tersebut, maka berikut ini ada tips sederhana yang dapat digunakan untuk melakukan uninstall update terbaru dan kembali ke versi sebelumnya.

Untuk Melihat Apakah Perangkat Sudah Mendapatkan Update atau Belum

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah Anda dapat klik icon bergambar gear di deretan tombol Start Menu sebelah kiri bawah atau di atas tombol Shut Down/Restart. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman Settings yang berisikan banyak menu di dalamnya. Cari menu Update & Security dan lihat di View update history. Setelah diklik, maka akan terlihat kapan terakhir kali perangkat mendapatkan update berupa tanggal dan jam prosesnya.

Uninstalling Update Terbaru untuk Windows 10

Masih di halaman Update & Security dan di section View update history, Anda akan menemukan 2 opsi pada section tersebut, yaitu Uninstall updates dan Recovery options. Pilihlah yang Uninstall updates. Setelah Anda klik, maka Anda akan dibawa ke halaman lain, yaitu Installed Updates. Di laman tersebut, Anda dapat memilih update-an teratas dari semua proses update yang telah dilakukan kemudian klik tombol Uninstall.

Akan muncul beberapa opsi, perintah dan langkah-langkah lain ketika Anda melakukan proses uninstalling ini. Ikuti saja semua prosesnya. 

Dan sebagai informasi, ketika Anda menguninstall update terbaru tersebut, maka tidak akan berimbas apapun ke sistem karena Microsoft memang mempersilakan pengguna produknya untuk melakukan hal tersebut apabila tidak berkenan dengan tenggat waktu 10 hari setelah update otomatis dilakukan. Setelah 10 hari terlewati, maka Windows akan secara otomatis menghapus file-file yang tidak diperlukan dari update-an sebelumnya.