blogs - bisnis & culture

Email vs Telepon, Mana Media yang Tepat untuk Dapatkan Konsumen?

10 Feb 10, 2021
Email vs Telepon, Mana Media yang Tepat untuk Dapatkan Konsumen?

Dalam dunia bisnis, komunikasi memiliki peran yang sangat penting, mulai dengan kolega atau rekan bisnis, klien, konsumen atau pelanggan dan banyak lagi. Khususnya untuk urusan mendapatkan, menjaring dan mendekati konsumen, komunikasi yang baik juga sangat diperlukan agar goal dapat tercapai.

Ada 2 macam jenis media komunikasi yang biasa digunakan dalam dunia bisnis, yaitu melalui email atau melakukan panggilan langsung atau telepon. Nah, dari kedua media tersebut, kira-kira mana yang lebih tepat untuk menjangkau konsumen? Berikut penjelasannya.

Telepon

Tidak seperti email, melakukan komunikasi via telepon dapat memungkinkan Anda untuk melakukan interaksi antar-manusia secara langsung. Dengan menggunakan telepon, maka secara otomatis akan dapat membangun kepercayaan, menunjukkan keaslian, dan menjalin hubungan dengan orang yang bersangkutan. 

Penggunaan telepon sebagai media telekomunikasi adalah ketika Anda:

  • Mencoba membangun hubungan antar-manusia 
  • Ingin berusaha menjelaskan sesuatu secara langsung
  • Membutuhkan respon cepat

Email

Dengan banyaknya klien yang harus diurusi, maka cukup merepotkan apabila harus menghubungi mereka satu per satu. Oleh karena itu, untuk dapat menyampaikan sebuah pesan atau informasi secara bersamaan dalam satu waktu, maka email adalah media yang sangat tepat untuk digunakan. Email juga dapat menghemat waktu dan dapat memiliki jangkauan lebih lebar dan luas. Ditambah lagi, email marketing merupakan metode komunikasi yang nyaman yang memungkinkan Anda memiliki kontrol lebih terhadap komunikasi yang dijalin.

Penggunaan email sebagai media telekomunikasi adalah ketika Anda:

  • Ingin menindaklanjuti sesuatu yang penting
  • Ingin menuliskan sesuatu yang panjang dan memiliki informasi detail
  • Butuh mengirimkan ke banyak orang sekaligus

Pemilihan Penggunaan Email dan Telepon

Dalam proses pemasaran, akan ada waktunya ketika Anda ingin mengirimkan email atau melakukan panggilan telepon. Menentukan metode komunikasi yang Anda butuhkan dan kapan dibutuhkannya merupakan kunci untuk mencapai kesuksesan dalam penjualan. Berikut tiga hal yang dapat dijadikan pemikiran sebelum Anda menggunakan salah satu dari dua metode komunikasi tersebut.

Tujuan Komunikasi

Tujuan komunikasi jarak jauh dengan media dalam dunia bisnis adalah untuk mempersingkat jarak dan agar apa yang ingin disampaikan atau didengarkan dapat sama-sama berjalan dengan lancar. Hanya saja, ketika tujuan komunikasi Anda adalah untuk mendapatkan jawaban cepat dan tepat, maka jangan gunakan email karena seseorang akan lebih mudah mengabaikan atau terlupa. Berbeda cerita apabila Anda menggunakan telepon, maka komunikasi langsung akan dapat secara cepat tercipta. Akan tetapi apabila memiliki tujuan yang sederhana, seperti menginformasikan sesuatu, maka menggunakan email bisa digunakan.

Siapa yang Diajak Berbicara

Tentunya akan berbeda imej dan etikanya ketika Anda menggunakan email dan telepon langsung. Apabila Anda hanya ingin menghubungi resepsionis atau orang-orang yang dengan posisi lebih rendah atau juga kolega yang sudah sangat akrab dan ingin membicarakan sesuatu yang sifatnya informal, maka menggunakan telepon adalah hal yang wajar. Akan tetapi apabila ingin menghormati pihak yang diajak berkomunikasi, terlebih orangnya adalah calon prospek, orang yang memiliki jabatan tinggi atau juga yang bersifat profesional, maka email adalah media komunikasi yang sangat tepat dipakai.

Waktu Komunikasi

Memilih metode komunikasi yang tepat bukan hanya tentang situasi akan tetapi juga menyangkut waktu. Dalam berbisnis, Anda tetap harus mempertimbangkan untuk menghubungi seseorang di jam-jam efektif atau jam kerja, jadi tidak etis rasanya Anda melakukan panggilan di jam istirahat. Karena hal itu tidak hanya akan mengganggu orang yang bersangkutan, penolakan juga lebih besar akan diterima. Namun dengan email, Anda dapat mengirimkan kapan saja waktunya karena sifatnya yang tidak mengganggu dan dapat dibuka kapan saja.

Saat Anda merencanakan strategi penjangkauan penjualan, pastikan Anda memikirkan semua faktor dan situasi potensial yang dapat mempengaruhi hasil nantinya. Memilih metode komunikasi terbaik berarti Anda akan lebih mungkin mendapatkan hasil yang baik pula.

Artikel lain tentang marketing yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya: