blogs - gawai

Endurance Test: iPhone 12 Ditenggelamkan Sedalam 20 Meter Selama 40 Menit

10 Dec 14, 2020
Endurance Test: iPhone 12 Ditenggelamkan Sedalam 20 Meter Selama 40 Menit

iPhone 12 adalah salah satu dari  3 produk mobile terbaru yang dirilis Apple di tahun 2020. Dalam pembuatannya, Apple benar-benar mengerahkan seluruh kemampuan mereka agar produk mobilenya ini menjadi produk mobile kelas flagship yang berkualitas tinggi. 

Salah satu hal yang dilakukan Apple adalah membuat iPhone 12 menjadi smartphone yang tahan banting. Terbukti, ketika diperkenalkan terlebih dahulu, Apple menjelaskan bahwa iPhone 12 sudah mengantongi sertifikat IP68 yang berarti tahan banting, kuat terhadap goresan sampai dengan anti-air. Smartphone ini dapat digunakan di kedalaman 6 meter selama 30 menit.

Hanya saja, ketika memperkenalkan produk tersebut dan mengklaim bahwa iPhone 12 dapat tetap berjalan normal di kedalaman 19,6 kaki selama 30 menit tersebut, Apple tidak menunjukkan bukti konkritnya atau setidaknya sebuah video atau sejenisnya.

Untuk itu, tim dari Cnet dan Mission Robotics melakukan uji coba ketahanan terhadap iPhone 12 ini. Caranya adalah dengan menenggelamkan iPhone 12 ini di Lake Tahoe. Untuk menenggelamkannya, tim tidak membiarkan produk smartphone itu tenggelam begitu saja, melainkan menggunakan drone bawah air yang dapat menyelam sampai kedalaman 300 meter, bernama Theseus.

Ketika dicoba di tes pertama dengan kedalaman 6 meter selama 30 menit, iPhone 12 tetap berjalan normal. Hal itu dibuktikan dengan layar dari produk tersebut tetap menyala dan saat diangkat ke permukaan masih dapat dioperasikan secara normal.

Pada uji tes kedua, iPhone 12 ditenggelamkan sampai 65 kaki atau 20 meter di bawah air yang mana pada kedalaman tersebut memiliki temperatur 10 derajat Celcius. Di uji tes kedua ini, layar iPhone juga tetap dinyalakan dengan stopwatch aktif untuk menghitung mundur waktu smartphone di dalam air. 

Dan saat diangkat ke permukaan, tidak ada hal yang dapat dikatakan merusak smartphone satu ini. Karena masih penasaran, tim kembali menenggelamkan iPhone 12 ini menggunakan Theseus di kedalaman yang sama akan tetapi dalam waktu 40 menit.

Setelah sampai di menit ke-40, iPhone 12 diangkat ke permukaan dan dikeringkan selama 72 jam. Ketika dirasa sudah benar-benar kering, tim mencoba menghidupkan perangkat mobile itu. Sayangnya, ternyata baterainya habis dan harus menunggu pengisian ulang sebelum mengetahui hasil dari uji tes yang dilakukan sebelumnya.

Usai semua dilakukan, iPhone 12 memang dapat dihidupkan lagi dengan tanda munculnya logo Apple pada booting awal. Hanya saja, kemudian perangkat tidak dapat masuk ke menu utama karena pada layar hanya memunculkan tampilan Diagnostics saja dan setelah itu reboot. Ketika dicoba berulang kali sampai dengan menggunakan MacBook sebagai media pembantu, iPhone 12 tetap tidak dapat booting up.