blogs - media sosial

Facebook dan Instagram Bakal Punya Fitur Baru Mirip WhatsApp

10 Nov 18, 2020
Facebook dan Instagram Bakal Punya Fitur Baru Mirip WhatsApp

Sebelum ini, ada kabar bahwa aplikasi pengiriman pesan singkat via mobile terbesar di dunia, yaitu WhatsApp sedang mengujicobakan satu fitur baru yang dianggap sangat revolusioner. Fitur baru tersebut nantinya dapat membuat pesan yang terkirimkan dapat terhapus secara otomatis. 

Namun ternyata Facebook sebagai pemilik WhatsApp tersebut kabarnya juga akan menggunakan teknologi yang sama untuk diaplikasikan di Facebook Messenger dan Instagram Direct Message. Fitur yang nantinya akan dinamakan Vanish Mode tersebut akan dapat menghapus pesan secara otomatis dari kolom chatting yang dilakukan. Pesan-pesan yang dimaksud antara lain pesan teks, foto, video, voice messages, emoji sampai dengan sticker. 

Hanya saja, pesan tersebut akan tetap terlihat selama aplikasi tidak dimatikan. Dalam artian apabila Anda menonaktifkan Facebook Messenger ataupun Instagram Direct Message dari tampilan awal atau juga dari balik layar, maka pesan yang dikirimkan akan terhapus secara otomatis. Namun selama aplikasi tidak ditutup, maka pesan akan tetap ada di kolom chatting. Apabila Anda ingin tetap membaca pesan tersebut, maka Anda dapat melakukan tangkapan layar terlebih dahulu.

Ketika diaktifkan maka semua kolom chatting baik yang bersifat personal ataupun grup akan dapat memakai fasilitas Vanish Mode tersebut. Namun, apabila sang pengguna menganggap bahwa chat yang terjadi adalah percakapan penting, maka Facebook akan tetap menyimpannya selama 14 hari di dalam sistem. Anda dapat menghubungi Facebook untuk dapat mengembalikan percakapan tersebut. Jadi dapat dikatakan pesan-pesan tersebut tidak serta merta hilang begitu saja, namun akan dimasukkan dalam ‘ruang tunggu’ untuk nantinya dilakukan penghapusan permanen.

Untuk saat ini, Facebook masih mengujicobakan fitur tersebut seperti halnya pada WhatsApp. Hanya beberapa pengguna saja yang akan dapat memakai fitur ini. Belum diketahui kapan Facebook akan benar-benar merilis fitur baru tersebut baik yang untuk WhatsApp, Facebook Messenger ataupun Instagram Direct Message.

Terkait dengan fitur tersebut, menurut beberapa pengamat teknologi, ada upaya dari Facebook yang ingin melindungi para pengguna produknya terutama yang masih berusia belia. Di Amerika Serikat sendiri, sudah sangat banyak remaja yang akhirnya menjadi korban bully karena pesan singkat mereka disebarkan ke publik.