blogs - bisnis & culture

Ini Ciri-Ciri Fintech yang Sehat dan Aman untuk Dimanfaatkan

10 Sep 23, 2020
Ini Ciri-Ciri Fintech yang Sehat dan Aman untuk Dimanfaatkan

Fintech merupakan salah layanan pinjaman dana cepat yang kian populer. Terlebih bagi para pelaku usaha UMKM yang memang sedang membutuhkan dana cepat untuk modal usaha mereka. Persyaratan yang terbilang sangat mudah hingga pencairan dana yang cepat membuat para pelaku UMKM tersebut lebih memilih melakukan pinjaman melalui fintech lending.

Meski prosesnya begitu mudah, bukan berarti Anda bisa memilih fintech lending secara sembarangan. Banyaknya layanan fintech yang beredar di Indonesia membuat Anda harus meningkatkan kewaspadaan. Di mana Anda perlu memastikan bahwa layanan fintech lending yang akan dipilih aman dan tidak merugikan. Untuk memudahkan Anda dalam memilih fintech lending, simak ciri-ciri fintech yang sehat dan aman berikut.

Regulator atau Pengawas

Salah satu cara mudah untuk mengetahui aman tidaknya sebuah fintech yakni dengan mencari tahu apakah perusahaan fintech tersebut telah terdaftar dan mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hindari melakukan pinjaman dana pada layanan yang tidak atau belum mendapatkan izin dari OJK. Sekalipun Anda bisa meminjam uang dengan jumlah yang besar serta pencairan yang cepat, hal itu malah akan merugikan Anda nantinya. Kerugian yang Anda dapatkan sangat beragam, mulai dari peneroran hingga bunga dana pinjaman yang kelewat besar. Sebaliknya, Anda sebagai konsumen akan mendapatkan perlindungan jika melakukan peminjaman pada layanan yang telah terdaftar pada OJK.

Baca Persyaratan

Setiap layanan pinjaman dana tentu akan mengajukan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para konsumen. Persyaratan inilah yang juga harus Anda perhatikan dengan baik. Jangan mudah tergiur akan persyaratan yang terbilang sangat mudah. Pasalnya, fintech ilegal umumnya akan mengajukan persyaratan yang jauh lebih mudah. Meski persyaratan fintech lending terpercaya sedikit lebih ribet, namun hal ini tentu lebih baik, khususnya demi keamanan dan kenyamanan Anda nantinya. 

Perhatikan Akses Data

Selain persyaratan, akses data juga menjadi hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pastikan Anda tidak terburu-buru dalam menyetujui akses data yang diminta oleh aplikasi fintech lending. Perhatikan dan baca dengan seksama apa saja akses data yang diminta oleh para pemilik layanan pinjaman online tersebut. Hindari melakukan pinjaman pada layanan pinjaman yang meminta akses pada kontak Anda. Jika hal ini Anda izinkan, nantinya fintech tersebut akan menyalahgunakan kontak Anda dan melakukan aksi teror. Fintech lending yang terpercaya hanya akan meminta akses untuk fitur microphone, location, dan camera. Terlepas dari ketiga akses data tersebut, ada kemungkinan layanan pinjamanan online Anda tidak terpercaya.

Cek Berapa Bunga

Setiap mengajukan pinjaman dana, baik secara konvensional maupun online, Anda tentu akan dikenai bunga. Untuk itu, berapa besar bunga yang akan Anda bayarkan perlu diketahui dari awal. Fintech yang terpercaya akan secara transparan menginformasikan berapa bunga hingga denda yang harus dibayarkan oleh para konsumen. Sebaliknya, fintech ilegal seringkali menyembunyikan informasi mengenai bunga dan denda. Jika Anda secara nekat tetap memajukan dana pada fintech ilegal, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan bunga dan denda dengan nominal yang sangat besar. Hal ini tentu akan sangat merugikan, bukan?

Bagaimana Cara Penagihan

Layanan pinjaman dana online yang terpercaya akan menginformasikan bagaimana aturan dan cara penagihan pada para konsumennya. Proses mereka menagih pun dipastikan sudah di bawah pengawasan dari OJK. Di mana mereka tidak akan melakukan tindakan penagihan dengan cara-cara yang dilarang. Sebaliknya, fintech ilegal akan melakukan penagihan dana sesuai hati mereka. Bukan tidak mungkin, mereka akan melakukan penagihan dengan cara kasar, seperti mengancam nyawa. Untuk menghindari ancaman yang tidak diinginkan, jangan meminjam dana dari fintech lending ilegal, ya.

Alamat Kantor

Meski terkesan sepele, hal ini bisa dikatakan sangat penting, lho. Anda selaku konsumen yang akan mengajukan dana pinjaman haruslah terlebih dahulu mengetahui alamat dari kantor fintech yang dipilih. Lakukan pengecekan mengenai kebenaran dari alamat kantor yang dicantumkan. Anda harus berhati-hati jika lokasi kantor fintech yang tercantum tidak lengkap atau bahkan terkesan aneh. Mengetahui alamat kantor fintech secara lengkap akan memudahkan Anda jika suatu hari mengalami permasalahan saat melakukan proses peminjaman dana.

Pasalnya, fintech terpercaya haruslah menyediakan layanan pengaduan konsumen yang baik serta cepat tanggap. Selain dengan mengunjungi kantor secara langsung, layanan pengaduan juga sebaiknya bisa dilakukan secara online atau melalui panggilan telepon. Fintech lending terpercaya akan selalu menginformasikan nomor kontak yang bisa Anda hubungi saat ingin melakukan pengaduan.

Bagi Anda yang memang sedang membutuhkan dana cepat, tentu fintech lending bisa jadi solusi yang terbaik. Namun, pastikan Anda memperhatikan  ciri-ciri yang telah disebutkan di atas sebelum melakukan pinjaman, ya. Jika tidak, Anda bisa jadi akan menjadi korban dari fintech ilegal.