blogs - aplikasi

iOS 14 Resmi Rilis, Ini Deretan Fitur Barunya

10 Sep 17, 2020
iOS 14 Resmi Rilis, Ini Deretan Fitur Barunya

Sebagai produsen gadget terbesar di dunia, Apple memang tidak henti meluncurkan berbagai macam seri gadget terbarunya. Di tahun 2020 ini, perusahaan tersebut bahkan sudah meluncurkan berbagai macam piranti smartphone dengan fitur-fitur yang canggih. Tak hanya itu, Apple juga meluncurkan produk OS terbarunya, yaitu iOS 14. Peluncuran iOS terbaru Apple ini diluncurkan saat Worldwide Developer Conference 2020 yang baru saja diselenggarakan pada tanggal 22 Juli kemarin. Peluncuran iOS 14 ini tentunya dilakukan secara bertahap. 

Sebelum diluncurkan ke tengah-tengah publik, iOS 14 menjalani uji coba versi beta developer terlebih dahulu. Di bulan Agustus, OS tersebut mulai memasuki tahap percobaan iOS 14 Public. Sedangkan, publik baru bisa merasakan kecanggihan iOS ini di bulan September. iOS 14 mengusung berbagai macam fitur terbaru yang akan memanjakan para pengguna iPhone.

Salah satunya adalah Apple Library. Fitur ini memudahkan Anda dalam mengatur aplikasi ke dalam folder grup atau daftar secara otomatis. Dengan adanya fitur ini, daftar-daftar aplikasi yang terinstall di dalam iPhone pun akan lebih rapi dan terorganisir. Anda juga tidak perlu memasang ikon aplikasi yang terlalu banyak pada Home Screen. Fitur lain yang ditambahkan di dalam iOS 14 adalah fitur Widget. Fitur ini membuat tampilan widget di dalam iPhone jadi semakin ringkas serta lebih mudah diakses. 

Anda pun dapat lebih leluasa dalam mengatur letak serta ukuran widget yang terdapat pada bagian Home Screen. Selain itu iOS 14 ini juga mengusung fitur Picture in Picture Video. Fitur ini memudahkan Anda dalam bermultitasking saat sedang menonton video. Anda bisa tetap streaming video sembari membuka aplikasi lainnya yang terdapat di dalam perangkat iPhone. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu swipe aplikasi pemutar video ke sebelah kiri atau kanan. 

Fitur virtual assistant Siri juga mendapatkan upgrade. Sistem OS ini membuat pengoperasian Siri menjadi 20x lebih cepat dari versi sebelumnya. Tak hanya itu, tampilan fitur ini juga jadi jauh lebih ringkas sehingga memudahkan Anda dalam bernavigasi. Selain itu, beberapa fitur tambahan, seperti pengiriman pesan audio juga ditambahkan di dalamnya. Sehingga, sangatlah memudahkan bagi Anda yang ingin mengakses Siri saat sedang berkendara. Fitur Translate juga bisa Anda nikmati dengan iOS ini. Fitur Translate dari Apple ini akan membantu Anda dalam menerjemahkan percakapan dari bahasa asing ke bahasa ibu dengan mudah. Fitur penerjemah ini bisa menerjemahkan dari dan ke 11 bahasa asing.