blogs - media sosial

Twitter Coba Fitur Baru, Akankah Cuitan Bisa Diedit?

10 Sep 17, 2020
Twitter Coba Fitur Baru, Akankah Cuitan Bisa Diedit?

Twitter adalah salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Tidak hanya dari kalangan rakyat biasa saja. Bahkan, banyak sekali artis dunia yang menggunakan Twitter untuk terhubung dengan para penggemar mereka. Namun, ada satu hal yang cukup disayangkan, yaitu tidak adanya fitur Edit untuk tweet yang sudah diterbitkan. Padahal, platform media sosial lainnya sudah mengaplikasikan fitur edit post sejak lama. Tak heran jika penduduk negeri burung biru tersebut pun mendesak pengelola untuk menambahkan fitur edit untuk post.

Desakan para pengguna Twitter pun nampaknya membuahkan hasil. Belakangan ini, raksasa sosial media tersebut sepertinya sedang melakukan uji coba fitur Edit Post yang sudah sejak lama dinanti-nantikan. Kabar gembira tersebut disampaikan oleh seorang pengguna Twitter dengan username @starsandrobots. Pemilik akun tersebut menuliskan sebuah tweet dengan sedikit typo di dalamnya. Saat itu, ia tidak menyadari bahwa pihak Twitter sedang menjalankan uji coba fitur terbaru. Saat itu, ia sudah menghapus tweet dengan kesalahan penulisan tersebut. Namun, saat ia hendak mengirimkan tweet balasan yang baru, muncullah tweet yang sudah dihapusnya tadi. Kini, tweet tersebut muncul dengan opsi “Edit” yang kemudian dapat dikirim ulang. 

Terkejut dengan penemuannya yang tak terduga tersebut, @starsandrobots pun mengunggah gambar tweet tersebut pada tweet yang baru. Di tweet yang baru, ia mengatakan, “Ya ampun, sepertinya saya baru saja mengedit tweet? Saya menulis sebuah tweet, dan menyadari kalau saya melakukan typo. Saya menghapusnya, dan menekan tombol “Balas” lagi. Di situ saya menemukan tweet yang sudah dihapus muncul kembali dan siap untuk diedit dan saya kirim kembali. Kalau ini adalah tes fitur seperti yang saya bayangkan, saya SANGATLAH SENANG”. 

Tweet yang diluncurkan @starsandrobots tersebut pun menarik perhatian Tom Warren yang berprofesi sebagai jurnalis The Verge. Tom memutuskan untuk mencoba sendiri fitur tersebut. Ia pun meluncurkan video singkat tentang cara mengedit tweet dan memasangkannya pada laman Twitternya. Sayangnya, tidak semua pengguna Twitter bisa mencoba fitur tersebut. Bahkan, pengguna Twitter di Indonesia pun tidak memiliki kesempatan untuk mencobanya.

Fitur ini sendiri sempat menjadi wacana, namun tidak pernah direalisasikan. Jack Dorsey selaku CEO dari Twitter mengatakan bahwa fitur edit post tersebut tidak akan pernah ada. Fitur tersebut dinilai akan menghancurkan esensi dari Twitter itu sendiri, yaitu media untuk memberitakan hal-hal bersifat real-time. Hingga saat ini, besar kemungkinan bahwa hal yang dialami oleh pengguna Twitter @starsandrobots hanyalah sebuah glitch