blogs - aplikasi

Intip Bocoran Fitur-Fitur Terbaru yang Kabarnya Segera Ada di WhatsApp

10 Aug 27, 2020
Intip Bocoran Fitur-Fitur Terbaru yang Kabarnya Segera Ada di WhatsApp

WhatsApp terus melakukan perbaikan fitur agar pengguna merasa nyaman ketika menggunakannya, terutama untuk berkirim pesan chat. Untuk update terkini, dikabarkan bakal ada dua perbaikan fitur terbaru yang ada di WhatsApp. Mari simak ulasan selengkapnya.

Fitur untuk Mencari Website dari Link yang Di-forward

Kabar fitur terbaru WhatsApp yang pertama yaitu pengguna bisa melakukan pencarian website untuk chat yang di-forward, dengan cara mengklik dan tahan tautan di dalam pesan tersebut. Jadi, kita sangat sering membagikan link website melalui pesan chat WhatsApp. Fitur ini dibuat agar pengguna lebih mudah mengecek link yang dibagikan tersebut. 

Jadi, ketika Anda menerima link di dalam pesan chat, Anda cukup klik dan tahan link tersebut. Nanti akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah Anda mau mencari link tersebut di web Google. Kemudian, ada pilihan ketuk Cancel dan Search Web.

Jika Anda mau mencari link tersebut atau melakukan browsing supaya Anda tahu bahwa informasi di dalam link itu benar dan bukan hoax, maka Anda tinggal ketuk Search Web. Setelah itu akan muncul banyak referensi link dari Google yang memuat konten serupa dengan yang dimuat oleh link Anda. Semua ini bisa dilakukan tanpa perlu Anda keluar dari aplikasi WhatsApp dan membuka Google browser.

Berdasarkan informasi yang tercantum di blog resminya, WhatsApp membuat fitur ini untuk memudahkan pengguna mengetahui informasi yang memang benar adanya dan yang cuma hoax. Namun, juga menurut informasi tersebut, fitur ini masih akan diaktifkan di tujuh negara yakni Brasil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, Inggris Raya dan Amerika Serikat.

Fitur untuk Menggunakan WhatsApp di Empat Perangkat Sekaligus

Berdasarkan informasi yang dilansir dari WABetaInfo, Anda akan bisa menggunakan akun WhatsApp secara aktif di banyak perangkat bersamaan. Fitur ini masih tengah digarap untuk platform Android dan iOS. Selain itu, fitur tersebut juga dikabarkan akan memudahkan pengguna untuk mensinkronisasikan history chat di banyak perangkat yang mereka gunakan.

Tidak seperti WhatsApp Web yang mengharuskan telepon Anda terus terkoneksi dengan internet agar aplikasinya bisa digunakan, fitur yang baru nanti tidak terhubung dengan smartphone Anda. Jadi, kapan pun Anda menerima pesan baru, histori chat Anda akan disinkronkan di semua platform yang Anda gunakan untuk WhatsApp. Menurut WABetaInfo, kunci enkripsi juga akan diubah setiap kali pengguna menambah atau menghapus perangkat.

Dikarenakan fitur ini masih tengah digarap, maka mungkin akan membutuhkan waktu berbulan-bulan sebelum fiturnya mulai aktif dan bisa Anda gunakan. Kita tunggu saja, ya.