blogs - aplikasi

Shorts, Fitur Baru YouTube yang Mirip TikTok

10 Sep 17, 2020
Shorts, Fitur Baru YouTube yang Mirip TikTok

Meski sempat disebut-sebut sebagai aplikasi untuk anak alay, kini TikTok menjadi platform yang sangat populer. Tidak hanya populer di Indonesia, aplikasi video pendek ini juga begitu populer di berbagai negara lainnya. Kepopuleran dari TikTok ini terlihat dari banyaknya pengguna smartphone yang telah mengunduh aplikasi satu ini. Bahkan, kini TikTok menempati urutan ke-3 sebagai aplikasi paling populer di PlayStore. lho.

Sayangnya, beberapa negara memilih untuk memblokir TikTok karena dianggap menyalahgunakan data dari para penggunanya. India menjadi salah satu negara yang juga belum lama ini memutuskan untuk memblokir TikTok. Selain perihal keamanan tersebut, pemblokiran di India juga ada hubungannya dengan sengketa perbatasan antara India dan China. Kabar pemblokiran dari pemerintah India tentu sempat menghebohkan masyarakat setempat, mengingat pengguna TikTok di India sangatlah banyak.

Meski aplikasi tersebut sudah resmi diblokir oleh pemerintah India, namun masyarakat India bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, YouTube baru saja merilis sebuah fitur baru yang menyerupai TikTok, yakni "Shorts". Fitur ini memungkinkan para pengguna YouTube bisa membuat video dengan format pendek pada aplikasi utama.

Pengguna YouTube bisa merekam sebuah video pendek dengan durasi maksimal 15 detik. Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa klip menjadi satu video. Tidak hanya itu, YouTube juga menawarkan perpustakaan musik berlisensi yang bisa dijadikan sebagai latar belakang video pendek Anda. Tingkat kecepatan video yang Anda buat juga bisa dengan mudah diatur sesuai dengan kreativitas penggunanya. Merekam video secara handsfree pun bisa dilakukan melalui fitur baru ini. 

Fitur "Shorts" yang ada di YouTube ini secara resmi sudah dirilis pada tanggal 15 September 2020 kemarin. Namun, fitur ini masih belum dirilis secara global dan belum bisa Anda coba saat ini juga. Perilisan fitur "Shorts" masih hadir dalam versi Beta dan hanya bisa diakses oleh pengguna YouTube di India. Melalui perilisan versi Beta ini, YouTube berharap para penggunanya di India bisa memberikan feedback mengenai fitur “Shorts”. Karena masih awal, tentu fitur baru YouTube ini belum sepenuhnya sempurna.

Tidak mau ketinggalan dengan YouTube yang mulai merilis fitur "Shorts", Instagram juga belum lama ini merilis sebuah fitur baru bernama "Reels". Fitur ini juga hadir menyerupai TikTok, di mana para pengguna Instagram bisa merekam dan mengedit video mereka. Kita tunggu saja, apakah fitur baru besutan Instagram dan YouTube bisa menyaingi TikTok itu sendiri?