blogs - games

Daftar Free Fire Global Collaborations, Dari Anime Sampai Cristiano Ronaldo

10 Jan 14, 2021
Daftar Free Fire Global Collaborations, Dari Anime Sampai Cristiano Ronaldo

Free Fire adalah sebuah permainan dengan genre battle royale yang dapat diakses dan dimainkan dengan menggunakan smartphone. Game besutan 111 Dots Studio dan dipublikasikan oleh Garena ini sampai dengan bulan Mei 2020 kemarin sudah memiliki lebih dari 80 juta pengguna aktif harian secara global.

Sejauh ini, pihak developer Free Fire telah membuat versi crossover yang berkolaborasi dengan berbagai pihak. Crossover dengan kolaborasi tersebut membuat ada tampilan baru pada pakaian karakter yang dimainkan, mode-mode permainannya dan banyak lagi. 

Dan sampai saat ini sudah ada beberapa kolaborasi yang dilakukan. Nah, berikut ini adalah kolaborasi crossover yang ada dalam Free Fire.

Free Fire X Cristiano Ronaldo

Sebagai game yang paling banyak diunduh pada tahun 2020, pengelola Free Fire memberikan update dengan membawakan karakter baru yang berbasis pada bintang sepakbola dari Juventus dan Timnas Portugal, yaitu Cristiano Ronaldo. Dikarenakan hal inilah, maka secara resmi Ronaldo ditunjuk sebagai brand ambassador Free Fire.

Dalam tampilan gamenya, wajah Ronaldo dibuat semirip mungkin dan mengenakan armor yang futuristik serta senjata canggih. Kemampuannya pun sangat banyak, sebagai salah satunya adalah memiliki kelincahan untuk bergerak dengan cepat sebesar 40% lebih baik dibandingkan karakter lainnya.

Free Fire X Money Heist

Bagi yang doyan nonton film-film di Netflix, tentunya tahu akan satu film seri yang berjudul Money Heist atau La casa de papel. Money Heist sendiri merupakan film drama kriminal yang menceritakan tentang sebuah kelompok yang berisikan 8 orang. Nah, Free Fire juga menjalin kolaborasi dengan pihak pembuat Money Heist ini untuk dijadikan mode crossover dalam gamenya.

Dalam kolaborasi ini, map yang akan digunakan adalah di daerah Bermuda yang nantinya dikenal dengan istilah spawn island. Akan ada pertempuran yang memperlihatkan beberapa orang dengan pakaian merah dan mengenakan topeng sedang berusaha menjaga dan menyelamatkan objek misterius. Orang-orang dengan pakaian merah tersebut adalah para anggota Money Heist.

Free Fire X KSHMR

KSHMR dengan nama asli Niles Hollowell Dhar adalah salah seorang Disc Jockey (DJ) terkenal di dunia. Dan seperti halnya Cristiano Ronaldo, KSHMR menjadi brand ambassador Free Fire. Selain itu, pengembang Free Fire juga menggunakannya sebagai salah satu karakter crossover pada akhir tahun 2020 kemarin.

Dalam mode permainannya, KSHMR tersebut akan dikenal dengan nama K dan memiliki nama samaran Captain Booyah. Tidak banyak informasi mengenai mode yang menggunakan KSHMR ini, akan tetapi DJ tersebut tidak hanya menjadi karakter dalam permainan Free Fire akan tetapi juga turut menjadi pencipta lagu latar untuk game itu.

Free Fire X Champions Legion

Kolaborasi lain yang pernah dilakukan adalah dengan Champions Legion. Pada dasarnya Free Fire dan Champions Legion merupakan game yang memiliki genre sama, yaitu multiplayer battle royale arena, hanya saja, Champions Legion lebih mirip dengan League of Legends dengan karakter-karakter yang ada di dunia fantasi.

Dalam mode crossover antara Fire Fire dengan Champions Legion ini, para players harus bertarung di 3 map berbeda dan memiliki misi menghancurkan basis musuh. Para player akan dilengkapi dengan kemampuan yang unik dan hebat.

Free Fire X Ragnarok

Di kuartal awal tahun 2020 kemarin, Gravity selaku publisher dari Ragnarok untuk wilayah Asia dan Garena sepakat menjalin kerja sama untuk membuat mode permainan crossover yang dinamakan Free Fire X Ragnarok. Model permainannya kurang lebih sama seperti Free Fire X Champions Legion, hanya saja, karakter-karakter yang dimainkan berbeda.

Karakter-karakter seperti Assassin Cross, Poring sampai dengan Mr Smile Mask akan dapat ditemui dalam game crossover ini. Untuk item-item di dalamnya sendiri ada yang dapat dimiliki dan digunakan secara gratis, ada pula yang berbayar. 

Free Fire X Demon Slayer: Mugen Train

Demon Slayer atau Kimetsu no Yaiba merupakan seri manga yang sangat terkenal di Jepang. Manga yang sudah muncul versi animenya ini sampai saat ini tercatat sebagai best-selling manga series sepanjang masa. Dan pada akhir bulan November 2020 kemarin, ada informasi bahwa pengelola Free Fire telah menjalin kerja sama dengan pihak pemilik lisensi Demon Slayer. Nama kolaborasinya adalah Free Fire X Demon Slayer: Mugen Train.

Dalam gamenya tersebut, akan memunculkan pedang terkenal yang ada dalam animenya, bernama Nichirin. Sayangnya, sepertinya mode game crossover berjudul Free Fire X Demon Slayer: Mugen Train ini hanya dapat dimainkan di server Thailand saja dan tidak dapat ditemui di server negara manapun.

Free Fire X One-Punch Man

Di awal tahun 2021, Garena secara resmi telah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan crossover lagi yang kali ini dengan sebuah manga sekaligus anime terkenal di Jepang bernama One-Punch Man. Dijelaskan pula bahwa akan ada karakter-karakter seperti yang ada di manga atau animenya yang bakal muncul di gamenya nanti, termasuk juga dengan Saitama dan Genos.

Sayangnya, tidak banyak informasi mengenai mode crossover terbaru ini. Hanya saja dijelaskan sedikit bahwa nantinya di map yang tersedia, dunia sedang dalam kekacauan. Ditambah lagi, akan ada 2 skin senjata baru, yaitu Megapunch M1887 dan M4A1. Kabarnya, kolaborasi antara Free Fire dan One-Punch Man ini baru akan resmi muncul dan dapat dimainkan pada tanggal 23 Januari 2021 mendatang.