blogs - komputer

Galaxy Chromebook 2, Chromebook Pertama yang Gunakan Layar QLED

10 Jan 12, 2021
Galaxy Chromebook 2, Chromebook Pertama yang Gunakan Layar QLED

Sejak tahun 2011, Samsung telah menjadi pelopor sekaligus pemimpin dalam dunia Chromebook. Dan di awal tahun 2021 ini, ada satu produk Chromebook terbaru buatan Samsung yang siap beredar ke pasaran, yaitu Galaxy Chromebook 2.

Mungkin banyak yang mengira bahwa Galaxy Chrome 2 ini akan sama seperti model-model sebelumnya, akan tetapi anggapan tersebut salah karena ada lompatan cukup besar yang dilakukan Samsung dalam menciptakan produknya ini.

Galaxy Chrombook 2

Memang secara garis besar, masih ada beberapa hal yang mengadopsi dari model sebelumnya, akan tetapi Chromebook 2 ini sudah dilengkapi dengan banyak fitur-fitur baru nan menarik lainnya. Dikarenakan itu, Samsung berharap dengan dirilisnya Chromebook 2 nanti akan dapat tetap membuat perusahaan asal Korea Selatan ini berada di posisi atas dalam dunia Chromebook.

Satu hal yang menarik dari Chromebook 2 ini adalah penggunaan layar berjenis QLED. Dan dapat dikatakan bahwa Chromebook 2 ini adalah chromebook pertama yang menggunakan layar QLED di dunia. Layar berjenis QLED ini banyak digunakan pada produk-produk televisi dan bahkan kualitasnya masih di atas jenis OLED.

Ditambah lagi, layar jenis ini akan lebih bagus ketika digunakan untuk menampilkan gambar atau video berkualitas 4K ataupun 8K. Terlebih lagi, layar QLED memiliki emisi cahaya biru yang lebih rendah dibandingkan dengan OLED. Jadi dengan kondisi sedang pandemi seperti sekarang dan juga banyak pebisnis ataupun anak-anak sekolah yang menggunakan laptop sebagai media bekerja atau belajar, maka akan memberikan pengalaman yang benar-benar baru dengan memakai Chromebook 2 ini.

“Banyak anak tumbuh besar menggunakan Chromebook di sekolah, dan saat mereka memasuki dunia kerja dan kebutuhan mereka berkembang, mereka mencari perangkat keras premium yang kuat yang dapat meningkatkan pengalaman Google yang intuitif. Kami merancang Galaxy Chromebook 2 dengan mempertimbangkan pengguna ini, mengambil fitur populer dari Galaxy Chromebook — visual luar biasa, spesifikasi hebat, serta desain dan warna yang indah — dan membawa mereka ke basis pelanggan yang lebih luas,” jelas Shoneel Kolhatkar, Manajer Umum, Kepala Komputasi Baru , Samsung Electronics America, dalam press release yang diunggah di situs resmi Samsung. 

Selain bagus pada sisi layarnya yang berukuran 13,3 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixels touchscreen ini, Chromebook 2 juga dilengkapi dengan sistem audio yang sangat berkualitas dan diklaim ketika diputar pada volume maksimal, kekuatannya 178 persen lebih keras dari amplifier pada umumnya.

Produk satu ini memiliki dimensi 304,9 x 203,2 x 13,9 mm dengan berat hanya 1,23 gram. Operating system yang digunakannya adalah Chrome OS. Prosesor di dalamnya adalah Intel Core-i3 1011OU Intel Celeron 5205U generasi ke-10. GPU yang dipakai adalah Intel UHD Graphics. Chromebook 2 ini dilengkapi dengan internal storage dengan kapasitas 64GB dan versi lainnya adalah 128GB. Selain ada 2 versi untuk internal storagenya, RAM-nya pun dibagi menjadi 2, yaitu yang 4GB dan 8GB LPDDR3.

Layar dari Chromebook 2 ini dapat dibuka secara penuh lebih dari 90 derajat dan berjenis layar sentuh. Oleh karenanya, Samsung juga menyediakan USI Pen yang mana dijual secara terpisah. Sayangnya, produk barunya ini baru dalam tahap perkenalan dan belum diumumkan harga resminya untuk saat ini.