blogs - gawai

Google, Oppo dan Xiaomi Serempak Bakal Produksi Smartphone Lipat di Tahun 2021

10 Dec 18, 2020
Google, Oppo dan Xiaomi Serempak Bakal Produksi Smartphone Lipat di Tahun 2021

Jika di tahun 2019 dan 2020 banyak vendor mobile dunia bersaing untuk mempersenjatai produk smartphone mereka dengan chipset terkini serta resolusi lensa kamera besar, ada kecenderungan di tahun 2021 mendatang polanya bergeser, yaitu ada perlombaan pembuatan smartphone dengan model lipat seperti yang sekarang tengah dirintis oleh Samsung.

Samsung sendiri juga sudah diperkirakan bakal merilis 3 produk smartphone lipatnya, yaitu Samsung Galaxy Z Fold3, Samsung Galaxy Z Flip 3 dan Samsung Galaxy Flip Lite. Hanya saja, perilisan dari ketiganya akan berbeda.

Sedangkan untuk yang lainnya, seperti yang dituliskan oleh Ross Young, seorang pendiri sekaligus analis utama dari Display Search and DSCC dalam Twitter pribadinya,  menjelaskan bahwa pada kuartal kedua tahun 2021 nanti, selain Samsung, Motorola, Royole dan Huawei yang telah mendahului membuat perangkat mobile dengan desain lipat, setidaknya akan ada pemain-pemain baru untuk  urusan ini, yaitu Oppo, Vivo, Google dan Xiaomi.

Masih menurut Ross, Xiaomi telah mendemonstrasikan prototipe dari produk mobile mereka tersebut dan bahkan perusahaan satu ini juga telah mengajukan paten untuk berbagai desain smartphone dengan desain lipat ke otoritas paten internasional. Sedangkan Oppo sendiri diperkirakan akan meluncurkan smartphone dengan model lipat sedikit mirip dengan desain yang dipunyai Samsung Galaxy Z Flip.

Untuk Vivo dan Google sendiri, produknya nanti masih belum diketahui seperti apa, akan tetapi diprediksikan bahwa smartphone dengan desain lipatnya itu akan mulai diperkenalkan pada pertengahan tahun 2021 mendatang. Bocoran lain mengenai produk smartphone lipat milik Google adalah terdapat pada sebuah dokumen internal yang mencantumkan kode sandi untuk sebuah produk smartphone yang masih misterius modelnya dengan nama “passport.”

Masih terkait dengan smartphone yang memiliki model lipat ini, ada kabar lain yang mengatakan bahwa ternyata Apple juga tertarik untuk membuat perangkat mobile seperti itu. Hal tersebut terungkap dari dokumen permintaan dari perusahaan Cupertino tersebut kepada supplier mereka, Hon Hai Group, yang ada di Cina untuk mengirimkan sample spare part yang nantinya akan diujicobakan dalam pembuatan produk mobile lipat.

Dalam laporan yang sama, untuk saat ini, Apple tengah mengujicobakan sekaligus mengembangkan prototipe smartphone model baru yang kemungkinan besar baru akan dapat diperkenalkan ke publik pada pertengahan tahun 2022 mendatang. Sayangnya, sampai sekarang laporan tersebut masih belum dapat terbukti secara valid.