blogs - web & programming

Google Sites: Cara Termudah dan Tercepat Membuat Website

10 Nov 10, 2020
Google Sites: Cara Termudah dan Tercepat Membuat Website

Di zaman yang serba digital ini, memiliki situs website sendiri seakan menjadi hal yang sangat penting. Tidak hanya berlaku bagi pemilik usaha, namun juga bagi para pengajar serta profesi lainnya. Jika Anda beranggapan membuat situs website untuk perkara yang sulit dan mahal, Anda salah besar. Adanya Google Sites memungkinkan Anda untuk membuat situs website dengan sangat mudah. Hanya dengan beberapa tahapan saja, situs website milik Anda sudah bisa diakses oleh banyak orang.

Prosesnya yang sangat mudah ini bahkan bisa dilakukan oleh orang yang terbilang masih awam. Sekalipun tak memiliki pemahaman apapun terhadap HTML, Anda masih bisa membuat situs website. Hal ini dikarenakan Google Sites sudah menggunakan format editor WYSIWYG. Di mana format tersebut merupakan tingkat lanjutan dari editan HTML secara manual.

Google Sites

Terlepas dari kemudahan yang sudah ditawarkan oleh Google Sites, laman satu ini juga tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Cukup bermodalkan jaringan internet saja, pembuatan situs website sudah bisa Anda lakukan. Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk memaksimalkan Google Sites dalam pembuatan website? Jika iya, simak urutan pembuatan Google Sites berikut.

Buat Akun Google

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yakni memiliki akun Gmail. Jika tidak, Anda tak akan bisa membuat sebuah situs website melalui Google Sites. Pembuatan Gmail sendiri terbilang sangat mudah dan tak butuh waktu lama. Cukup cantumkan nama, password, nomor telepon, dan buat alamat email Anda. Pastikan Anda mengingat selalu mengingat alamat email beserta password akun Anda, ya.

Masuk Ke Google Sites

Jika sudah memiliki akun Gmail, kini Anda bisa langsung masuk ke laman Google Sites. Mengingat ini pertama kalinya Anda membuka laman tersebut, Anda akan disuguhkan oleh dasbor yang kosong tanpa kerangka apapun. Dibutuhkan beberapa langkah editan untuk bisa membuat perubahan pada tampilan Google Sites Anda.

Buat Nama dan Alamat Situs

Untuk memudahkan Anda membagikan situs website yang dimiliki, pastilah Anda perlu membuat nama dan alamat situs terlebih dahulu. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menekan tombol berlabel "Buat" yang terletak di halaman awal dasbor. Jika sudah, Anda akan langsung diarahkan pada sebuah situs baru. Di sinilah Anda sebagai pengguna bisa langsung memasukkan nama yang diinginkan. Tuliskan nama website yang unik dan belum digunakan oleh situs website lainnya.

Meski terkesan sepele, memikirkan nama situs website sebaiknya tidak sembarangan. Anda harus menyesuaikan nama website dengan isi konten yang nantinya Anda unggah. Nama website yang sudah Anda ketikkan, kan langsung dijadikan sebagai alamat URL web oleh pihak Google. Jika Anda merasa melakukan kesalahan dalam penulisan nama website, jangan khawatir. Anda nantinya masih bisa melakukan perubahan nama website ini secara manual.

Atur Template dan Tema Website

Google Sites

Agar tampilan website bisa semakin menarik, kini saatnya Anda mulai mengatur template website. Google telah menyediakan beberapa template gratis yang bisa Anda pilih sesuka hati. Lihat keseluruhan template tersebut dan pilih mana yang paling sesuai dengan keinginan Anda. Cara mengatur template ini Sanglah mudah, Anda hanya perlu klik "Apply" pada template yang akan dipilih. Layaknya nama website, Anda masih bisa mengubah template website ini berulang kali.

Jika sudah menentukan template yang paling pas, jangan lupa untuk juga atur tema website. Semakin menarik template dan tema website yang Anda miliki, akan semakin meningkatkan daya tarik pengunjung untuk agar berlama-lama singgah di situs website Anda. Dengan kata lain, pemilihan template hingga tema ini sebaiknya tidak dilakukan asal-asalan, ya.

Ubah Tata Letak

Hal yang tidak kalah penting dalam mengubah tampilan situs website yakni mengubah tata letaknya. Proses mengubah tata letak ini bisa Anda lakukan secara manual dengan klik tombol kanan atas. Cara ini membuat Anda bisa dengan bebas mengubah tata letak sesuai yang diinginkan. Namun, jika Anda ingin mengubah tata letak secara default, Anda perlu menuju pengaturan yang ditandai dengan lambang "gear".

Beberapa dari Anda yang tidak familiar dengan website tentu akan kebingungan dalam mengatur tata letak ini. Untuk lebih memudahkan Anda dalam merubah tata letak, sesuaikan dengan konten yang akan Anda tampilkan di dalam situs website nantinya. Jika masih saja bingung, tak ada salahnya jika Anda mencari referensi dari situs website lainnya.

Tambahkan Konten

Jika website Anda sudah siap, kini saatnya untuk mengunggah konten yang sudah Anda siapkan. Konten yang bisa Anda unggah di Google Sites terbilang sangat beragam, mulai dari text, foto, hingga video sekalipun. Dengan banyaknya jenis konten yang bisa diunggah tersebut, Anda bisa semakin leluasa dalam membagikan konten menarik yang juga informatif. Bagi Anda yang merupakan pemilik usaha, Anda bisa mengunggah konten berupa video review atau bahkan iklan dalam situs website.

Kontrol Akses

Selain bisa dinikmati oleh seluruh pengguna internet, Anda bisa mengatur situs website Anda agar hanya bisa dilihat oleh beberapa orang saja, lho. Bagi Anda yang memang mengunggah konten yang sifatnya rahasia atau hanya untuk internal, Anda sebaiknya mulai mengatur kontrol akses situs website. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menuju Pengaturan dan klik menu opsi kelola situs.

Kemudian, Anda bisa langsung beralih menuju menu berbagi dan izin. Klik tautan "siapa yang memiliki akses" untuk membatasi kontrol akses website. Dengan mengubah pengaturan ini, hanya beberapa orang yang sudah dimasukkan ke dalam daftar saja yang bisa mengakses situs Anda. 

Lacak Perubahan

Bagi Anda yang baru pertama kali membuat sebuah situs website, tentu Anda akan sering melakukan uji coba atau perubahan di berbagai macam peraturannya, bukan? Hal ini terbilang wajar dan masuk akal. Mengingat Anda sedang mencari tampilan website terbaik yang memang sesuai dengan keinginan Anda. Di tengah berbagai perubahan yang Anda lakukan, bukan tidak mungkin Anda ingin mengembalikan pengaturan website seperti sebelumnya.

Jika Anda juga merasakan hal ini, jangan khawatir. Pasalnya, sebagai pemilik situs website, Anda bisa dengan mudah melacak dan mengetahui setiap perubahan yang sudah dilakukan dari waktu ke waktu. Untuk bisa melacak perubahan tersebut, Anda hanya perlu memilih ikon "gears" atau pengaturan dan klik riwayat revisi. Disitulah Anda bisa langsung mengetahui berbagai macam perubahan yang pernah dilakukan pada situs website. 

Itu tadi panduan dalam membuat Google Sites untuk website milik Anda sendiri, cara yang mudah untuk dipraktekkan, bukan? Sekalipun proses membuat website di Google Sites bersifat gratis, seluruh data Anda sudah tersimpan di server keamanan Google. Dengan kata lain, Anda tak perlu khawatir jika data pribadi akan tersebar ke oknum yang tidak bertanggung jawab. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk tak mencoba membuat website sendiri di Google Site.