blogs - event

Google stop tampilan iklan di kanan atas pada halaman Search Result

Admin Feb 24, 2016
Google stop tampilan iklan di kanan atas pada halaman Search Result

Anda yang sering memakai Google Chrome sebagai search engine mungkin sudah menyadari bahwa tampilan iklan di sebelah kanan atas sejak akhir tahun 2015 berangsur-angsur menghilang. Hal ini sudah di konfirmasi langsung oleh Google, melalui juru bicaranya Google menyatakan bahwa iklan pada bagian kanan atas halaman tidak akan tampil dengan beberapa pengecualian yaitu :

  1. Iklan list produk (Product Listing Ads) akan muncul pada bagian atas atau kanan halaman hasil pencarian
  2. Iklan tetap muncul pada knowledge panel

Selain pengecualian tadi, masih menurut juru bicara Google, mereka juga akan menambah jumlah iklan menjadi 4 buah (sebelumnya 2 atau 3) yang ditempatkan di atas list hasil pencarian organik. Iklan ke 4 ini akan muncul ketika anda mengetik query yang memiliki nilai komersial yang tinggi. Yang termasuk"nilai komersial tinggi" adalah kata-kata yang dianggap Google berpotensi ke arah transaksi (action)seperti "hotel di jakarta" atau "asuransi jiwa". Tujuan Google adalah memberikan hasil relevan yang terbaik untuk pengguna sekaligus performa iklan terbaik untuk pemasang iklan.

Kesimpulannya, beberapa perubahan yang dilakukan Google adalah :

  1. Iklan berbentuk teks disebelah kanan atas halaman hasil pencarian akan dihilangkan.
  2. Google akan menampilkan 4 iklan pada pencarian (query) yang termasuk kategori nilai komersial tinggi.
  3. Akan muncul tiga iklan teks pada bagian bawah halaman hasil pencarian.
  4. Total jumlah iklan berbentuk teks akan berkurang dari 11 menjadi maksimal 7.
  5. Product List Ads dan iklan di knowledge panel akan muncul di sebelah kanan halaman hasil pencarian pada query yang relevan.

Masih banyak pertanyaan seputar perubahan ini yang belum bisa terjawab seperti : Mengapa perubahan ini begitu mendadak? Google sempat melakukan percobaan menyangkut penayangan iklan ini pada bulan Desember tahun lalu. Ketika di konfirmasi, pihak Google menjawab perubahan ini hanya untuk beberapa keyword saja. Tiba-tiba sekarang perubahan ini menjadi permanen.

Pertanyaan berikutnya adalah : Apakah perubahan ini akan mengakibatkan harga beriklan di Google ads akan naik? Walau belum ada konfirmasi resmi dari Google, hal ini nampaknya agak sulit dihindari karena dari awal Google sudah menyatakan bahwa iklan berbentuk teks baru akan muncul apabila ada query dengan kemungkinan konversi / action yang tinggi. Google menganggap pencarian dengan menggunakan keyword tertentu ini bernilai tinggi, jadi kemungkinan besar akan dihargai tinggi pula.

Untuk itu, pemasang iklan perlu mempertimbangkan pemasangan iklan digital di platform lain selain Google, seperti afiliasi. Dengan sistem afiliasi, advertiser bisa memilih sistem biaya tergantung jumlah klik (CPC) atau transaksi (CPA). Berbeda dengan sistem CPC yang dipakai Google, pada sistem CPA advertiser tidak perlu mengeluarkan biaya untuk setiap klik ke website. Ini tentu lebih menguntungkan dan masuk akal. Salah satu platform afiliasi di Indonesia adalah ACCESSTRADE yang lebih banyak memakai sistem CPA untuk campaign-campaignnya. Ingin mengetahui lebih jauh tentang ACCESSTRADE? Klik website nya https://www.accesstrade.co.id

Join ACCESSTRADE

Sumber : www.searchengineland.com