blogs - publisher

Hati-hati apabila blog anda memiliki konten yang tidak sesuai

Admin Apr 28, 2017
Hati-hati apabila blog anda memiliki konten yang tidak sesuai

Sadar dengan tingkat intensitas berita palsu (hoax) yang semakin tinggi akhir-akhir ini, Google mengambil langkah tegas memerangi hoax dengan mengubah sistem dan cara kerja search engine nya. Google juga mengumumkan bahwa 0.25 % dari hasil pencarian (search result) menunjukan indikasi "ofensif" dan "mengarah kepada konten yang tidak sesuai". Untuk mengatasinya, Google merubah setingan search ranking dan mengenalkan tools laporan baru untuk pengguna.

Sebelumnya, sebuah kejadian menarik terjadi di halaman search result Google, dimana hasil pencarian justru bertolak belakang dengan maksud awal pencarian, hanya saja keywordnya sama. Contoh, seorang mengetik "did the holocaust really happen" maka hasil yang muncul pertama adalah "top 10 reasons holocaust didn’t happen". Disini bisa dilihat walau keywordnya sama (holocaust) tetapi hasil yang diharapkan berbeda sama sekali. Hal ini terjadi di bulan Desember 2016 lalu.

Google menjamin, sistem algoritme terbaru ini akan mengidentifikasi sumber-sumber yang terpercaya dari index mereka. Google juga meningkatkan metode evaluasi untuk mendahulukan konten-konten terpercaya tersebut muncul pada halaman search result.

Panduan Penilaian Kualitas Pencarian

Disini Google memakai penilai non-digital, artinya orang-orang yang memberikan penilaian kualitas dari hasil search result Google. Penilaian ini tidak menentukan ranking dari website secara langsung, tetapi akan membantu Google mengumpulkan data dari kualitas search result tersebut.

Perubahan Ranking

Google menggunakan ratusan sinyal terkait untuk menentukan result seperti apa yang akan muncul dalam tiap query pencarian. Sinyal ini akan membantu hasil dianggap yang paling dekat dengan pencarian untuk tampil diawal dan menurunkan ranking website yang dianggap tidak relevan walau memiliki keyword yang sama.

Tools Untuk Feedback

Google juga mengembangkan algoritma baru untuk fitur autocomplete, fitur ini bekerja otomatis "menebak" kata/kalimat yang sedang anda ketik di search query. Sekarang anda bisa memberikan penilaian (feedback) terhadap "tebakan" Google tersebut dengan klik tulisan "report inappropriate Prediction" pada sebelah kanan bawah kotak autocomplete.

Anda juga bisa memberikan feedback terhadap hasil pencarian dengan klik tulisan "feedback" pada search result.

Kesimpulan

Dengan beberapa pembaharuan ini, Google telah mengikuti jejak raksasa digital lain seperti Facebook, Wikipedia dan Mozila dalam memerangi hoax.Oleh karena itu, tidak bosan-bosannya kami mengajak anda para publisher ACCESSTRADE untuk selalu memperhatikan kualitas konten blog/website anda. Tehnik memasang berita palsu memang memberikan traffic tinggi di awal, tetapi blog/website anda akan kehilangan kredibilitas karena kepercayaan visitor menurun. Pada akhirnya akan berpengaruh terhadap bisnis afiliasi anda.

Sumber:https://www.cnet.com/news/google-tweaks-search-results-to-squash-fake-news/
https://blog.google/products/search/our-latest-quality-improvements-search/