blogs - digital marketing

Ide Bisnis Online Sederhana Namun Efektif untuk Pemula

10 Feb 21, 2020
Ide Bisnis Online Sederhana Namun Efektif untuk Pemula

Jadikan tahun ini sebagai momen di mana Anda mengembangkan bisnis online Anda dengan lebih optimal. Apalagi, jika Anda sudah merencanakannya dengan matang selama setahun belakangan. Anda mungkin sudah memikirkan berbagai ide bisnis online, dan Anda pun telah berandai-andai untuk berhenti dari pekerjaan kantoran Anda untuk menghasilkan uang dari internet. Dalam benak Anda, Anda bisa traveling ke mana saja, hidup dengan nyaman bersama keluarga dan tidak perlu khawatir dengan kondisi finansial Anda. Terutama, Anda bisa terbebas dari jam kerja kantor 9-5 yang mengikat.

Namun, sayangnya seringkali ide bisnis online Anda tersebut hanya menjadi angan-angan saja. Terlalu banyak pertimbangan membuat Anda menunda-nunda hingga akhirnya Anda tidak jadi melakukannya. Anda pun kembali ke zona nyaman Anda. Maka dari itu, sekarang saatnya mengubah takdir Anda dengan benar-benar merealisasikan ide bisnis online yang sudah ada di dalam benak Anda selama ini. Kalaupun Anda sudah memiliki tekad bulat namun masih menimbang-nimbang tentang jenis usaha yang tepat, maka Anda bisa menyimak sejumlah ide bisnis online berikut ini:

Membuat Blog Lalu Memonetisasinya

Anda tentu sudah familiar dengan blog. Blogging merupakan salah satu ide bisnis online yang paling populer. Apalagi, sekarang sudah ada semakin banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog. Ini membuat Anda semakin mudah dalam membuat blog serta memonetisasinya. Dari blog, Anda bisa mendapatkan peluang besar untuk memperoleh penghasilan.

Hal yang penting yaitu Anda perlu mengingat bahwa Anda tidak bisa hanya membuat blog saja kemudian blog Anda akan langsung mendatangkan uang. Anda perlu membuat konten secara konsisten, dan isinya juga harus mengedukasi, memberikan informasi atau menghibur orang-orang. Dengan kata lain, konten blog Anda harus menarik. Terlebih lagi, Anda harus menjual sesuatu melalui blog Anda tersebut. Di antaranya, Anda bisa menjual ad space, produk barang dan jasa, produk digital, postingan bersponsor, coaching, ebook dan sebagainya.

Merancang Website E-Commerce

Salah satu cara terbaik untuk mendapat penghasilan online yaitu dengan membuat toko e-commerce. Sederhananya, yaitu Anda membuat website untuk menjual produk barang atau jasa milik Anda sendiri, yang bisa juga Anda sebut toko online. Ingat bahwa Anda tidak harus menyediakan produk yang berupa barang, tetapi Anda bisa menjual layanan yang banyak dicari dan dibutuhkan. Ada tiga jenis layanan yang paling laris dari e-commerce yakni: website kencan, website diet dan website tentang bisnis online. Anda pun harus bersaing dengan tiga jenis website kompetitor tersebut.

Dengan banyaknya e-commerce yang bermunculan, maka Anda akan bersaing dengan kompetitor mulai dari pemula sampai entrepreneur berpengalaman. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tidak kalah saing yakni menentukan target pembeli Anda, menetapkan harga produk yang paling tepat, serta memastikan bahwa produknya memiliki prospek untuk berkembang di pasaran yang artinya pasti terus dicari orang.

Membuat Kursus Online

Membuat kursus online sendiri seperti halnya meluncurkan karya Anda di internet. Artinya, Anda menjual sesuatu yang memang merupakan keahlian Anda, kemudian dari situ Anda memonetisasi kursus yang Anda berikan untuk orang-orang yang membutuhkannya. Misalnya, Anda pandai memasak, maka Anda bisa mencoba membuat kursus masak online. Banyak keahlian lainnya yang bisa Anda jadikan modal untuk membuat kursus, seperti kemampuan berbahasa Inggris, Matematika, hingga musik, atau apa saja.

Jika Anda belum memiliki customer, maka Anda bisa memulainya dengan memasarkan jasa Anda tersebut melalui media sosial, email marketing, atau bisa juga melalui affiliate. Anda pun bisa membuat website untuk mempromosikan layanan kursus yang akan Anda berikan tersebut.

Menjadi Tim Ahli SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan langkah-langkah untuk menaikkan peringkat website Anda pada hasil mesin pencarian Google, sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Ketika website Anda menempati posisi yang teratas, maka traffic-nya juga akan meningkat, dan pada akhirnya ini bisa mendatangkan penghasilan lebih besar untuk Anda.

Skill SEO ini merupakan salah satu kemampuan yang bernilai tinggi dalam dunia internet marketing. Maka dari itu, besar kemungkinan Anda juga akan banyak menghadapi tantangan karena Google selalu mengubah algoritmanya. Dengan begitu, sejumlah aturan di mesin pencarian juga ikut berubah. Anda pun harus selalu mengikuti tren terbarunya, mempelajari segala hal baru dari Google, serta mencoba berbagai strategi anyar. Jika Anda mampu menguasai SEO, perusahaan-perusahaan akan mengantre untuk membayar jasa Anda.

Menjadi Copywriter

Copywriting merupakan seni dan ilmu pengetahuan untuk merangkai kata, baik secara lisan maupun tertulis, yang dapat mengajak orang untuk melakukan suatu tindakan. Cakupan copywriting sendiri begitu luas, mulai dari sales page, email marketing hingga konten blog yang berkualitas. Jika Anda memiliki passion dan kemampuan untuk menulis, maka copywriting bisa menjadi peluang emas bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan online dari internet.

Ide copywriting ini juga bisa menjadi salah satu job yang membuat Anda lebih bebas lagi dalam menjalani hidup. Pekerjaan copywriting tidak hanya membebaskan Anda untuk bekerja secara remote, tetapi juga memudahkan Anda dalam menentukan sendiri jadwal kerja Anda. Ditambah lagi, kemampuan ini dapat membantu Anda dalam menjangkau semua area bisnis, mulai dari blog, affiliate marketing dan lainnya. Jika Anda piawai dalam menulis, manfaatnya sangat besar bagi Anda!

Memulai Affiliate Marketing

Affiliate marketing pada dasarnya merupakan sistem pemasaran dengan perolehan komisi dari hasil penjualan produk orang lain. Sederhananya, Anda menjualkan produk milik orang lain dan ketika produknya sudah terjual maka Anda akan mendapatkan komisi. Biasanya, ada dua cara paling umum yang biasa dilakukan para affiliate marketer agar strategi mereka bisa sukses, yakni:

Mempromosikan Produk

Anda mempromosikan produk seperti ebook, serial video, dan sebagainya. Jenis affiliate marketing seperti ini bisa mendatangkan penghasilan untuk Anda hingga 50% atau lebih dari komisi yang Anda dapatkan, prosesnya juga mudah bagi Anda, dan Anda pun tidak akan kesulitan mencari produknya.

Menjadi Partner Website Affiliate

Banyak affiliate marketer yang sukses karena bermitra dengan website affiliate, contohnya seperti Amazon. Ada banyak sekali produk, bahkan jumlahnya jutaan, yang bisa Anda pilih dari website tersebut, dan semuanya bisa menjadi sumber profit bagi Anda. Jika ingin mengetahui terlebih dahulu tentang informasi website-nya, maka Anda bisa mempelajarinya sebelum bermitra dengannya.

Sedikit tips yakni Anda bisa mempelajari pengetahuan dasar tentang SEO atau Search Engine Optimization dan copywriting, sebelum benar-benar memulai affiliate marketing.

Demikianlah sejumlah ide bisnis online yang bisa Anda coba terapkan di tahun 2020 ini. Apapun ide bisnis pilihan Anda, maka Anda bisa menjalankannya dengan serius, agar Anda bisa benar-benar melihat hasilnya. Seperti salah satunya menerapkan affiliate marketing yang simpel tanpa harus punya produk apa-apa. Namun, Anda cukup menjualkan produk orang lain saja. Terdengar menyenangkan, bukan?