blogs - digital marketing

Iklan Digital, Solusi Tepat Promosi di Masa Pandemi dari Telkomsel

10 Sep 16, 2020
Iklan Digital, Solusi Tepat Promosi di Masa Pandemi dari Telkomsel

Dengan semakin meningkatnya jumlah penderita COVID-19, pemerintah Jakarta pun memutuskan untuk kembali memberlakukan PSBB. Hal ini tentunya membuat para pengusaha menjadi waswas. Namun, berbeda dari PSBB sebelumnya, di masa PSBB lanjutan ini, pengusaha memiliki kesempatan untuk meluncurkan strategi baru. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi iklan digital. Melakukan pendekatan pemasaran secara online merupakan tindakan yang cukup ideal di masa pandemi seperti ini.

Ronny Wilimas Sugiadha selaku Senior Vice President Digital Advertising dari Telkomsel menyatakan bahwa penggunaan internet di Indonesia saat ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal tersebut dikarenakan peraturan PSBB yang mewajibkan siapapun yang tidak berkepentingan untuk berada di dalam rumah saja. Hal tersebut membuat orang-orang semakin sering menggunakan internet, baik untuk mengakses media sosial maupun mengakses konten-konten di internet lainnya. Hal tersebut bisa menjadi peluang emas bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan bisnisnya di tengah pandemi. 

 Ia lebih lanjut mengambil langkah usaha yang diambil oleh Telkomsel sebagai perumpamaan. Di dalam jangka waktu 2 tahun ini, perusahaan telekomunikasi tersebut terus mengalami perkembangan. Terlebih lagi dengan adanya fasilitas jaringan broadband yang semakin luas. Ini berarti semua pelanggan kartu seluler tersebut dapat menggunakan layanan Telkomsel dimanapun berada. Meluasnya broadband juga berarti Telkomsel dapat menjangkau pelanggan potensial di seluruh penjuru Indonesia. Selama masa pandemi, jumlah orang yang mengakses layanan digital Telkomsel pun turut bertambah. Salah satunya adalah layanan Telkomsel DigiAds yang memiliki peningkatan interaksi sebesar 10% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Telkomsel DigiAds merupakan layanan dari Telkomsel yang berfungsi untuk menyediakan layanan iklan digital. Layanan iklan digital tersebut sebenarnya sudah diluncurkan sejak tahun 2013 lalu. Namun, penggunaan DigiAds dari Telkomsel ini nampaknya baru mengalami kenaikan yang pesat selama masa pandemi. Layanan Telkomsel DigiAds menawarkan berbagai macam fitur pemasaran utama, yaitu Messaging, Banking, Display, dan Rewards. Dengan memanfaatkan platform Telkomsel DigiAds, perusahaan telekomunikasi tersebut tetap mampu memberitakan layanan-layanan seluler terbaru untuk para pelanggan. Tentunya, masing-masing iklan relevan dengan preferensi dari masing-masing pelanggan. Sehingga, target dari iklan digital tersebut pun jadi semakin terarah dan tidak asal-asalan. 

Kesuksesan Telkomsel dalam mempraktekkan iklan digital ini bisa dijadikan referensi bagi para pengusaha dalam memasarkan usahanya selama pandemi COVID-19. Anda bisa menggunakan platform media sosial untuk meluncurkan iklan-iklan digital mengenai usaha yang dilakukan. Bagi pengusaha dari perusahaan besar pun dapat menginvestasikan sejumlah uang untuk pembuatan aplikasi digital. Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat menawarkan iklan-iklan pemasaran yang sesuai dengan target audience.