ACCESSTRADE Indonesia

Ini Alasan Kenapa Anda Wajib Punya Website untuk Bisnis Online

Admin
insights Oct 07, 2015

Bisnis online saat ini sedang begitu menjamur, banyak orang yang lebih memilih berbisnis online dibandingkan dengan bisnis lainnya. Hal ini terbilang masuk akal, mengingat bisnis online tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda tidak harus dituntut untuk memiliki atau bahkan menyewa sebuah ruko agar bisa berjualan. Sebaliknya, Anda hanya cukup menyimpan produk jualan di rumah dan bisa langsung mempromosikannya secara online melalui media sosial atau e-commerce.

Memanfaatkan media sosial dan e-commerce bisa dikatakan efektif untuk mengenalkan bisnis Anda ke masyarakat luas. Namun, tahukah Anda bahwa akan lebih baik jika Anda juga memiliki website untuk bisnis online. Adanya website ini secara tidak langsung akan memudahkan calon konsumen jika ingin membeli produk Anda. Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut beberapa alasan mengapa pemilik bisnis online wajib memiliki website sendiri.

Daftar Isi

Memiliki Nama Domain Sendiri

Dengan memiliki website sendiri, Anda secara tidak langsung bisa membuat domain sendiri pada toko online Anda. Pemilihan domain ini bisa Anda sesuaikan sesuka hati selagi belum ada pengguna menggunakan domain yang sama. Setiap kali konsumen mengunjungi website, situs yang dituju akan langsung beralamat sesuai dengan domain yang sudah ditetapkan. Secara tidak langsung, akan membuat konsumen lebih mudah mengingat nama toko online Anda.

Hal ini akan berbeda jika toko online Anda hanya ada di situs e-commerce saja. Alih-alih memiliki nama domain sendiri, nama dari toko online Anda akan muncul bersamaan dengan situs e-commerce yang dipilih. Sebagai contoh seperti www.e-commerce.com/namatokoonline.

Tampak Lebih Profesional

Selain memudahkan konsumen dalam mengingat nama toko, memiliki website untuk bisnis online juga bisa membuat bisnis Anda tampak lebih profesional. Hal ini akan berbanding lurus dengan tingkat kepercayaan konsumen. Di mana mereka akan lebih yakin dan tidak ragu setiap kali akan berbelanja melalui website Anda. 

Tingkat profesional ini juga bisa dipengaruhi dari template dan desain website yang Anda miliki. Akan lebih baik jika tampilan website bisnis Anda tampak begitu memukau dan mudah dipahami. Sebisa mungkin buat siapa saja yang mengunjungi website Anda merasa terkesima. Semakin bagus, keinginan untuk melihat lebih dalam isi dari website juga akan semakin tinggi.

Keamanan Terjamin

Dengan hanya mengandalkan e-commerce, tentu nasib bisnis Anda juga akan tergantung pada situs e-commerce tersebut. Anda harus ikhlas jika suatu hari situs e-commerce pilihan Anda mengalami gangguan atau terpaksa harus tutup. Jika hal ini terjadi, toko online Anda pun juga akan hilang. Anda harus kembali membuat toko online di e-commerce yang lain. 

Kekhawatiran seperti ini tidak akan terjadi jika Anda memang sudah memiliki website sendiri. Di mana adanya website ini membuat Anda bisa menjamin keamanan bisnis sendiri tanpa ketergantungan dengan orang lain.

Bebas Mengatur Bisnis

Saat mencantumkan bisnis online di e-commerce, Anda harus menyesuaikan sistem transaksi dan aturan yang sudah ditetapkan oleh pihak e-commerce. Segala proses akan selalu membutuhkan campur tangan dari pihak ketiga, yakni e-commerce itu sendiri.

Namun, berbeda jika Anda memiliki website bisnis sendiri, Anda bisa dengan leluasa mengatur bagaimana sistem transaksi hingga konten apa yang akan diunggah. Tidak hanya itu saja, konsumen juga akan lebih berfokus pada toko online Anda tanpa adanya promo atau penawaran dari toko online lainnya yang sejenis. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membuat sebuah promosi.

Bisa Teroptimasi di Mesin Pencarian

Dengan memiliki situs website sendiri, ada kemungkinan lebih besar agar nama toko Anda muncul dalam daftar pencarian teratas Google. Terlebih jika Anda memang menerapkan strategi SEO dengan baik. Munculnya nama website di daftar teratas ini akan membuat Anda bisa lebih banyak menjangkau konsumen. Di mana jumlah kunjungan website Anda pun akan meningkat. Bisa dibayangkan, akan lebih banyak orang yang menyadari toko online Anda dan memilih untuk melakukan transaksi.

Mudah Menyimpan Database Pengunjung

Melalui website bisnis, Anda bisa lebih mudah dalam mengetahui dan menyimpan database pengunjung. Bahkan, jika Anda menambahkan menu login bagi para member, Anda pun bisa langsung menyimpan alamat email dari setiap konsumen atau member tersebut.

Dengan memiliki database pengunjung yang detail, hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan analisa dan kontrol terhadap perkembangan bisnis. Anda bisa mengetahui konsumen dari daerah mana saja dengan rentang usia berapa yang lebih tertarik mengunjungi website Anda dan bahkan melakukan transaksi pembelian. Data yang dimiliki tersebut kemudian bisa dijadikan sebagai bekal untuk membuat strategi komunikasi yang lebih tepat sasaran.

Berdasarkan keenam alasan yang telah disebutkan di atas, Anda kini semakin yakin membuat website untuk bisnis online, kan?

Artikel Terkait
how to
Tanpa modal, tapi bisa hasilkan komisi sampai 70%. Memang bisa? Syaratnya, cukup dengan ikuti cara daftar afiliasi Niagahoster dan jadi mitra dalam program tersebut, maka Kamu bisa ambil komisinya.
Sep 28, 2022
how to
Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa menjajal menjadi affiliate marketer atau afiliator? Sekarang ini teknologi khususnya dunia digital sedang trend dengan dunia pemasaran afiliasi. Lantaran, program pemasaran afiliasi ini begitu menggiurkan.
Sep 28, 2022
affiliate marketing
Untungnya saat ini teknologi internet sudah berkembang begitu juga cara pemasaran dengan online. Nah, sebelum bergabung Kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan program afiliasi marketing, cara kerjanya,hingga apa saja keuntungannya.
Sep 28, 2022
affiliate marketing
Jika Kamu tergiur mencoba bisnis afiliasi marketing karena komisi yang didapat dan minim modal, Kamu perlu memahami apa itu pengertian afiliasi marketing. Pasalnya, bisnis afiliasi marketing yang sedang trend ini tidak hanya sebatas komisi saja.
Sep 27, 2022
affiliate marketing
Siapa yang mau menambah pundi-pundi uang? Jika Kamu salah satunya, maka mencoba pekerjaan afiliator bisa jadi jawabannya. Sebab, pekerjaan afiliator ini menjadi daya tarik tersendiri dan tantangan buat anak muda.
Sep 26, 2022
how to
Gemar desain? Ingin punya uang tambahan? Caranya gampang, Kamu bisa dapat uang jajan tambahan lewat aplikasi Canva ! Cukup dengan daftar afiliasi Canva yang mudah, Kamu bisa memperoleh penghasilan yang cukup lumayan.
Sep 25, 2022