ACCESSTRADE Indonesia

Ini Lho, Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing

Admin
affiliate marketing Nov 03, 2020

Meski terkesan sama, namun digital marketing dan internet marketing merupakan dua istilah yang jauh berbeda. Sekalipun keduanya sama-sama mengandung kata marketing dan berhubungan erat dengan pemasaran. Sebelum akhirnya populer istilah digital marketing, internet marketing menjadi istilah yang lebih dulu dikenal dan digunakan oleh para marketer. Lantas, apa perbedaan diantara keduanya? Jika kamu juga menanyakan hal ini, simak ulasan perbedaan digital marketing dan internet marketing berikut ini.

Daftar Isi

Digital Marketing

Jika Anda melakukan strategi dengan memanfaatkan teknologi digital, apa yang Anda lakukan bisa dibilang sebagai digital marketing. Berdasarkan kalimat tersebut, bisa dikatakan bahwa digital marketing memiliki lingkup yang cenderung lebih luas. Proses yang dibutuhkan untuk melakukan digital marketing terbilang lebih luas, mengingat digital marketing tidak semata-mata ingin menarik konsumen saja.

Terlepas dari tujuan itu, digital marketing sering dimanfaatkan untuk meningkatkan citra dan brand awareness sebuah brand. Di sisi lain, digital marketing pun tidak semata-mata hanya berbicara mengenai pemasaran menggunakan jaringan internet saja. Apa yang Anda lakukan masih bisa disebut melakukan strategi digital marketing saat melakukan promosi menggunakan media TV.

Internet Marketing

Berbeda dengan digital marketing yang cenderung memiliki pengertian luas, internet marketing memiliki pengertian yang lebih sempit. Di mana segala bentuk promosi yang memanfaatkan internet bisa disebut dengan internet marketing. Pemanfaatan media yang sedang begitu trend ini membuat internet marketing seringkali digunakan oleh para pemilik bisnis. Beberapa contoh internet marketing diantaranya seperti email marketing, Google Ads, Instagram Ads, Video di Youtube, dan masih banyak lagi.

Pemanfaatan internet ini digunakan oleh para marketer untuk menarik konsumen sebanyak mungkin. SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) merupakan dua hal yang sangat penting dan bisa menunjang suksesnya internet marketing. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan internet marketing, ada baiknya jika Anda memahami SEO dan SEM terlebih dahulu.

Berdasarkan ulasan singkat yang telah disebutkan di atas, kini Anda sudah tidak lagi bingung perbedaan diantara keduanya, kan? Sederhananya, internet marketing merupakan salah satu bagian dari digital marketing. Sedangkan strategi pemasaran digital lainnya yang tak memanfaatkan internet tidak bisa Anda sebut sebagai internet marketing. Apapun yang Anda jadikan pilihan untuk membuat strategi pemasaran, keduanya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda!

Artikel Terkait
how to
Tanpa modal, tapi bisa hasilkan komisi sampai 70%. Memang bisa? Syaratnya, cukup dengan ikuti cara daftar afiliasi Niagahoster dan jadi mitra dalam program tersebut, maka Kamu bisa ambil komisinya.
Sep 28, 2022
how to
Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa menjajal menjadi affiliate marketer atau afiliator? Sekarang ini teknologi khususnya dunia digital sedang trend dengan dunia pemasaran afiliasi. Lantaran, program pemasaran afiliasi ini begitu menggiurkan.
Sep 28, 2022
affiliate marketing
Untungnya saat ini teknologi internet sudah berkembang begitu juga cara pemasaran dengan online. Nah, sebelum bergabung Kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan program afiliasi marketing, cara kerjanya,hingga apa saja keuntungannya.
Sep 28, 2022
affiliate marketing
Jika Kamu tergiur mencoba bisnis afiliasi marketing karena komisi yang didapat dan minim modal, Kamu perlu memahami apa itu pengertian afiliasi marketing. Pasalnya, bisnis afiliasi marketing yang sedang trend ini tidak hanya sebatas komisi saja.
Sep 27, 2022
affiliate marketing
Siapa yang mau menambah pundi-pundi uang? Jika Kamu salah satunya, maka mencoba pekerjaan afiliator bisa jadi jawabannya. Sebab, pekerjaan afiliator ini menjadi daya tarik tersendiri dan tantangan buat anak muda.
Sep 26, 2022
how to
Gemar desain? Ingin punya uang tambahan? Caranya gampang, Kamu bisa dapat uang jajan tambahan lewat aplikasi Canva ! Cukup dengan daftar afiliasi Canva yang mudah, Kamu bisa memperoleh penghasilan yang cukup lumayan.
Sep 25, 2022