blogs - aplikasi

iOS 13.7 Dari Apple Disebut Bisa Deteksi Covid-19

10 Sep 07, 2020
iOS 13.7 Dari Apple Disebut Bisa Deteksi Covid-19

Untuk meningkatkan pengalaman bagi para penggunanya, Apple seringkali melakukan update OS. Meski baru saja merilis iOS 13.6.1 pada pertengahan Agustus yang lalu, kini kabarnya Apple kembali melakukan update terbaru, yakni iOS 13.7. Pada pembaruan ini, ada satu fitur yang begitu menarik perhatian. Di mana Apple menghadirkan fitur Exposure Notification yang diklaim mampu mendeteksi virus covid-19. Kemunculan fitur tersebut tentu sangat menarik mengingat seluruh dunia masih berperang dengan virus corona.

Dengan adanya fitur baru ini, nantinya pengguna Apple bisa mendapatkan peringatan berupa notifikasi setiap kali berada pada radius pengguna lain yang memiliki riwayat terpapar virus. Disematkannya fitur terbaru ini pada iOS 13.7 ini membuat pengguna Apple tak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan fitur serupa. Fitur Exposure Notification pada Apple ini juga bisa dengan mudah Anda aktifkan melalui pengaturan. Anda bisa mengaktifkannya setiap kali harus beraktivitas di luar ruangan dan bertemu dengan banyak orang. Fitur ini akan membuat para pengguna lebih waspada dan berhati-hati saat berada di luar rumah.

Apple tidak sendirian dalam menggodok fitur terbaru yang satu ini. Bersama Google, Apple melakukan pengembangan fitur mengandalkan API (Application Programming Interface). Apple juga mengatakan bahwa fitur ini nantinya tidak menggunakan data GPS, melainkan bluetooth untuk melacak pengguna lain. Meski menggunakan bluetooth, bukan berarti nantinya baterai smartphone Anda akan mudah habis. Pasalnya, Apple lebih memilih menggunakan bluetooth low energy yang memang terbukti lebih hemat dalam penggunaan baterainya.

Untuk bisa membuat fitur ini bekerja secara maksimal, Apple juga harus bekerja sama dengan otoritas kesehatan di Indonesia. Di mana pihak otoritas kesehatan bisa memasukkan data pada ponsel pengguna yang memang memiliki riwayat virus corona. Namun jangan khawatir, data yang nantinya akan dimasukkan pada pengguna tidaklah diberikan secara online melalui akun Apple maupun Google. Informasi tersebut hanya bersifat penyimpanan lokal yang memang hanya diketahui oleh pengguna smartphone sebagai bentuk privasi. Selain itu, proses dimasukkannya data riwayat covid-19 juga atas persetujuan dari pengguna ponsel. 

Tidak hanya tersedia bagi pengguna iPhone saja, fitur ini juga bisa dinikmati oleh pengguna iPad. Anda hanya perlu melakukan proses update atau pembaharuan OS jika ingin memiliki fitur terbaru dari Apple ini. Kunjungi menu “Settings” dan instal pembaruan iOS 13.7 sekarang juga!