ACCESSTRADE Indonesia

Jajal Trik Psikologi Harga Supaya Bisnis Online Makin Laris

Admin
others Sep 09, 2020

Saat ini, bisnis online semakin digemari oleh berbagai kalangan. Dibandingkan usaha offline, berjualan secara online memang membutuhkan modal yang relatif lebih rendah. Namun, persaingannya pun tak kalah sengit. Dalam berjualan online, tentunya Anda memerlukan strategi dan trik pemasaran yang tepat. Salah satunya adalah trik psikologi harga. Dengan menggunakan strategi psikologi harga yang tepat, Anda bisa mendapatkan hasil penjualan yang maksimal. Berikut adalah sejumlah trik psikologi untuk membuat produk dagangan laris manis.

Daftar Isi

Memanfaatkan Social Proof

Jika Anda mendirikan sebuah toko atau rumah makan, pastikan bahwa tempat berjualan tersebut selalu terlihat ramai. Calon konsumen Anda akan lebih cepat percaya bahwa produk dagangan yang dijual berkualitas dan laris manis. Sehingga, mereka pun akan semakin terdorong untuk membeli produk Anda. Hal yang sama bisa Anda terapkan untuk toko online. Caranya adalah dengan memajang testimoni sebanyak-banyaknya pada lapak online Anda. Semakin banyak testimoni positif yang ditampilkan, maka Anda pun akan semakin mudah dalam menarik konsumen baru. 

Gunakan Trik Kelangkaan

Salah satu trik psikologi harga yang bisa Anda manfaatkan adalah dengan menggunakan trik kelangkaan. Tentunya, Anda sering melihat beberapa toko online yang menawarkan suatu produk yang dijual dalam jumlah atau waktu yang terbatas. Hal tersebut membuat konsumen potensial menjadi tergesa-gesa untuk segera membeli produk tersebut. Tentunya, karena mereka tidak ingin ketinggalan. Anda juga bisa memanfaatkan hal tersebut. Misalnya, dengan menawarkan paket promo suatu produk dalam jangka waktu yang terbatas. Omzet dari produk tersebut pun dijamin akan meningkat dalam waktu yang singkat. 

Gaet Konsumen dengan Produk Best Seller

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan pada produk tertentu, bisa gunakan trik ini. Trik psikologi harga satu ini memancing para konsumen untuk membeli suatu produk yang Anda jual. Anda bisa memanfaatkan trik ini untuk meningkatkan penjualan produk tertentu. Namun, pastikan produk yang akan dilabeli best seller tersebut memang memiliki kualitas yang sangat baik. Jika tidak, trik ini justru dapat menjadi bumerang bagi bisnis Anda.

Efek Timbal Balik (Reciprocity Effect)

Salah satu trik untuk meningkatkan penjualan Anda adalah dengan memanfaatkan efek Timbal Balik. Efek ini timbul ketika Anda memberikan bonus gratis bagi konsumen yang melakukan pembelian. Anda juga bisa melakukan giveaway gratis untuk beberapa calon konsumen. Penelitian menunjukkan, bahwa mereka yang sudah pernah mendapatkan bonus produk gratis biasanya akan membeli lagi dengan jumlah yang lebih besar. Singkatnya, Anda sedang membagikan sample dari produk yang dijual. Sehingga, pastikan bahwa produk sample tersebut merepresentasikan produk yang Anda jual. Pembeli pun akan cenderung lebih mudah untuk diajak membeli di toko Anda. 

Efek Price Anchoring

Trik psikologi harga ini relatif paling banyak digunakan, tidak hanya di toko online saja tetapi juga di toko offline. Trik ini memberikan sugesti pada calon pembeli bahwa harga yang Anda tawarkan lebih murah dari harga lama. Mereka pun akan lebih bersedia untuk membeli produk yang ditawarkan. Trik ini bisa digunakan untuk menjual produk makanan maupun produk fashion lewat akun Instagram atau Facebook Anda.    

Authority

Efek Authority ini ideal digunakan untuk merebut kepercayaan dari para calon pembeli. Pembeli tentunya menginginkan kepastian. Mereka akan semakin yakin untuk membeli atau menggunakan jasa Anda melalui reputasi yang dibangun. Jika Anda memiliki keahlian khusus, tentunya hal tersebut bisa menjadi nilai jual tersendiri. Pihak konsumen juga akan semakin yakin menggunakan jasa Anda, apabila Anda memang terlihat sudah memiliki keahlian mendalam terhadap bidang jasa maupun produk yang ditawarkan. Kemungkinan mereka untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan pun jadi semakin meningkat. 

Liking

Inilah alasan mengapa Anda menjalin hubungan sebaik mungkin dengan orang-orang di sekitar. Karena, hal tersebut dapat berpengaruh terhadap produk yang Anda jual. Kerry L. Johnson dalam buku karangannya berjudul “Sales Magic” mengungkapkan, bahwa sebanyak 83% transaksi bisnis terjadi karena pihak konsumen menyukai penjualnya. Oleh karena itu, selalu usahakan agar Anda bersikap ramah terhadap calon pembeli yang mampir ke lapak Anda. 

Consistency Effect

Jika membeli suatu barang di pasar, biasanya Anda hanya akan membeli dari satu penjual saja. Apalagi, jika Anda sudah lama mengetahui reputasi dan kualitas yang dijual pedagang tersebut. Anda juga pastinya memiliki rumah makan langganan. Hal yang sama juga berlaku jika Anda menjual produk secara online.

Sebagai langkah pertama, Anda dapat menjual produk-produk yang familiar terhadap pembeli. Hal ini dilakukan agar pembeli dapat mengenal toko online Anda. Baru setelah itu, Anda bisa menambahkan produk-produk terbaru.

Artikel Terkait
how to
Tanpa modal, tapi bisa hasilkan komisi sampai 70%. Memang bisa? Syaratnya, cukup dengan ikuti cara daftar afiliasi Niagahoster dan jadi mitra dalam program tersebut, maka Kamu bisa ambil komisinya.
Sep 28, 2022
how to
Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa menjajal menjadi affiliate marketer atau afiliator? Sekarang ini teknologi khususnya dunia digital sedang trend dengan dunia pemasaran afiliasi. Lantaran, program pemasaran afiliasi ini begitu menggiurkan.
Sep 28, 2022
affiliate marketing
Untungnya saat ini teknologi internet sudah berkembang begitu juga cara pemasaran dengan online. Nah, sebelum bergabung Kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan program afiliasi marketing, cara kerjanya,hingga apa saja keuntungannya.
Sep 28, 2022
affiliate marketing
Jika Kamu tergiur mencoba bisnis afiliasi marketing karena komisi yang didapat dan minim modal, Kamu perlu memahami apa itu pengertian afiliasi marketing. Pasalnya, bisnis afiliasi marketing yang sedang trend ini tidak hanya sebatas komisi saja.
Sep 27, 2022
affiliate marketing
Siapa yang mau menambah pundi-pundi uang? Jika Kamu salah satunya, maka mencoba pekerjaan afiliator bisa jadi jawabannya. Sebab, pekerjaan afiliator ini menjadi daya tarik tersendiri dan tantangan buat anak muda.
Sep 26, 2022
how to
Gemar desain? Ingin punya uang tambahan? Caranya gampang, Kamu bisa dapat uang jajan tambahan lewat aplikasi Canva ! Cukup dengan daftar afiliasi Canva yang mudah, Kamu bisa memperoleh penghasilan yang cukup lumayan.
Sep 25, 2022