blogs - games

Sony Unggah Video Bongkar PS5, Begini Jeroannya

10 Oct 12, 2020
Sony Unggah Video Bongkar PS5, Begini Jeroannya

Sony baru saja meluncurkan video promosi yang cukup unik untuk memperkenalkan produk Playstation 5 terbarunya. Di dalam video tersebut, Sony yang diwakili oleh Yasuhiro Ootori melakukan unboxing terhadap produk PS5. VP Mechanical Design Sony Interactive Entertainment tersebut menjelaskan secara singkat tentang spesifikasi yang dimiliki oleh game console terbaru tersebut. Dalam bahasa Jepang, ia mengatakan bahwa ukuran PS5 lebih besar jika dibandingkan dengan PS4. Lebih lanjut, Ootori mengungkapkan bahwa Sony sudah membekali sejumlah fitur tambahan untuk meningkatkan performa dari PS5. 

Di dalam video dengan durasi 7 menit tersebut, Ootori mulai membongkar produk PS5 secara bertahap. Pertama-tama, ia menunjukkan exhaust port yang mendominasi bagian belakang dari game console tersebut. Ootori lebih lanjut menjelaskan tentang fungsi dari exhaust port tersebut, yaitu untuk membuang keluar udara panas yang dihasilkan oleh console selama Anda bermain. Exhaust port tersebut memiliki lubang ventilasi yang cukup leluasa, sehingga membantu mencegah terjadinya overheating yang dapat merusak console.

Jeroan PS5

Selanjutnya, Ootori menunjukkan salah satu fitur terbaru dari PS5 yang tidak dimiliki oleh para pendahulunya. Untuk game console ini, Sony menyematkan alas yang bisa dibongkar pasang. Alas ini membantu menjaga agar console tidak mudah kotor saat Anda meletakkanya secara vertikal. Sedangkan, jika Anda meletakkannya secara horizontal, maka dudukan tersebut harus dilepas. Cara pemasangan dan pencopotan yang mudah menjadi salah satu daya tarik dari game console ini.

Lebih lanjut, di dalam video tersebut Ootori mulai melepaskan panel putih yang terletak di kedua sisi console. Di dalam panel tersebut terdapat kipas pendingin utama yang dipasang pada bagian atas. Selain itu, Sony juga menyematkan komponen penangkap debu untuk mencegah debu masuk dan merusak komponen mesin PS5. 

Ootori juga memperlihatkan tempat penyimpanan internal dari PS5. Memori internal tersebut memiliki kapasitas seluas 825 GB. Pengguna dapat menambahkan kapasitas tersebut dengan menggunakan SSD lewat slot M.2. Slot tersebut bisa Anda temukan setelah melepas panel bagian samping. Tak hanya itu, Anda juga dapat membeli storage model M.2 untuk meningkatkan kemampuan penyimpanan dari console tersebut. 

Ootori juga memperlihatkan komponen-komponen di dalam PS5 yang sangat mudah untuk dibongkar pasang. Contohnya adalah baterai berkapasitas 350 watt dan Drive Blu-Ray yang sangat mudah untuk dilepas. Selain itu, bagian memori internal, SSD, dan prosesor juga sangat mudah untuk diakses. Sehingga, hal tersebut akan sangat memudahkan seandainya Anda perlu untuk membersihkan atau memperbaiki komponen di dalam console itu.