blogs - gawai

Pilihan DSLR Terbaik di Tahun 2021 untuk Para Pemula

10 Jan 28, 2021
Pilihan DSLR Terbaik di Tahun 2021 untuk Para Pemula

Dunia fotografi adalah dunia yang cukup mengasyikkan bagi orang yang memang gemar mengabadikan pemandangan, objek atau apapun yang dia temui dan lihat menggunakan perangkat kamera. Dan sekarang ini, sudah ada berbagai macam jenis kamera yang dapat digunakan, mulai dari SLR, DSLR atau juga kamera berjenis mirrorless. 

Khususnya untuk yang bertipe DSLR, tidak hanya menciptakan untuk para profesional saja, para produsen kamera di dunia juga membuat kamera-kamera khusus yang dapat digunakan oleh para pemula. Produk kamera untuk para pemula ini sangat user-friendly dan dilengkapi banyak fitur pembantu.

Berikut ini adalah beberapa produk kamera DSLR terbaik yang diciptakan untuk para pemula.

Nikon D850

Nikon D850

Nikon D850 merupakan smartphone yang sangat cocok digunakan baik oleh para pemula ataupun profesional. Bentuknya yang mungil, ringan dan dapat dibawa ke mana-mana dengan leluasa, membuatnya menjadi ancaman serius untuk produk-produk kamera mirrorless pada umumnya. 

DSLR satu ini  dilengkapi dengan sensor yang memiliki resolusi 45,4MP dengan fitur perekaman video beresolusi 4K. Layarnya yang berukuran 3,2 inci tersebut sudah menggunakan teknologi touchscreen dan dapat dimiringkan. Satu hal yang menarik adalah sistem AF yang dimilikinya sangat bagus dengan tipe silang 153-poin. Bodynya pun cukup kokoh dengan baterai berkapasitas besar dan tahan lama.

Nikon D780

Nikon D780

Mungkin apabila sudah menggunakan dan merasakannya, maka Anda dapat mengatakan bahwa Nikon D780 ini merupakan produk kamera mirrorless Nikon Z6 hanya saja dalam bentuk DSLR. Nikon sendiri menciptakan D780 ini dengan mengusung nuansa lawas dan tradisional agar penggunanya tetap merasa sedang memakai DSLR, bukan sebuah mirrorless.

Sama seperti Nikon Z6, D780 ini dilengkapi dengan sensor dan prosesor yang sama di dalamnya. Hanya saja perbedaan antara keduanya adalah dari sisi bodynya saja. D780 juga dilengkapi dengan 2 slot kartu memori serta memiliki banyak tombol pengontrol di bagian permukaannya. Untuk digunakan merekam video pun hasilnya sangat bagus. Anda dapat merekam dengan format 4K atau juga mengambil gambar 12fps.

Canon EOS 850D

Canon EOS 850D

Sebagai pesaing Nikon, Canon juga memiliki produk kamera yang diperuntukkan bagi para pemula, yaitu Canon EOS 850D. Kamera ini merupakan jawaban bagi fotografer pemula yang menyukai cara pengambilan gambar tradisional dan mencari kamera yang tepat pertama mereka.

Tidak hanya bagus saat digunakan untuk memotret saja, 850D ini juga hebat saat digunakan untuk merekam video. Anda dapat merekam video 4K menggunakan kamera ini. Baterai yang dimilikinya juga berkapasitas besar dan tahan lama, serta terdapat layar LCD yang sangat bagus di bagian belakang.

Pentax K-50

Pentax K-50

Memang nama Pentax masih jarang banyak diketahui orang, akan tetapi perusahaan ini juga menjadi salah satu produsen kamera dengan kualitas bagus di dunia. Salah satu produk kameranya yang dapat digunakan oleh para pemula atau profesional adalah Pentax K-50. Kamera tersebut merupakan DSLR level tengah yang memiliki fungsi bagus dan canggih serta mempunyai kekuatan body yang lumayan kuat.

Sensor yang digunakannya adalah CMOS APS-C 16MP dengan pengambilan gambar kontinu 6fps. ISO-nya bisa mencapai 51200. Terdapat juga berbagai macam filter yang dapat mempercantik hasil foto yang Anda dapatkan. Kamera ini sangat cocok untuk digunakan sebagai media memotret keseharian karena tidak rumit dalam penggunaannya.

Canon EOS 250D

Canon EOS 250D

Canon EOS 250D atau juga memiliki nama lain Canon Rebel SL3 ini adalah kamera untuk pemula yang sangat bagus dan mudah digunakan. DSLR satu ini sangat ringan dan mempunyai grip genggam yang sudah disesuaikan dengan lekuk tangan seseorang ketika memegang sesuatu. Pada bagian belakangnya terdapat layar LCD touchscreen bertipe tilt-flip.

Sensornya memiliki resolusi sebesar 24MP yang masih mengadopsi dari model sebelumnya, Canon Rebel SL2. Anda juga masih dapat merekam video dengan format 4K memakai kamera ini. Titik AF-nya terdapat 9 buah yang tersebar merata. Baterainya sangat tahan lama dan dapat digunakan untuk memotret secara terus menerus sampai dengan 1070 lembar banyaknya.

Dengan menggunakan salah satu dari 4 rekomendasi kamera DSLR untuk pemula terbaik di atas, maka Anda dapat mulai mengambangkan bakat dan belajar menjadi seorang fotografer profesional.

Artikel lain tentang kamera yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya: