blogs - profil & sejarah

Serba-Serbi Kehidupan Sang Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg

10 Sep 07, 2020
Serba-Serbi Kehidupan Sang Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg

Siapa yang tidak mengenal Mark Zuckerberg? Pria berusia 36 tahun ini adalah pendiri salah satu platform media sosial terbesar di dunia, yaitu Facebook. Anda mengetahui sosok Mark Zuckerberg sebagai salah satu pengusaha tersukses dengan kekayaan milyaran. Namun, ada berapa banyak yang Anda ketahui tentang kehidupan sang pendiri Facebook ini? Selagi bersantai, tak ada ruginya untuk membaca fakta-fakta menarik tentang Mark Zuckerberg berikut ini.

  1. Lahir dan Dibesarkan di Keluarga Yahudi

Mark Zuckerberg merupakan anak laki-laki satu-satunya dari 4 bersaudara. Edward Zuckerberg, yaitu ayah Mark adalah seorang dokter gigi. Sedangkan istrinya, yaitu Karen Zuckerberg adalah seorang psikolog. Keluarga Mark Zuckerberg merupakan penganut agama Judaism yang sangat taat. Bahkan Mark Zuckerberg juga menjalani ritual agama bar mitzvah yang diselenggarakan saat anak laki-laki menginjak remaja. Walaupun dibesarkan sebagai seorang Yahudi, Mark mengklaim dirinya sebagai seorang ateis, atau seseorang yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan. 

  1. Masa Sekolahnya Diwarnai dengan Penuh Prestasi

Salah satu aspek dari kehidupan sang pendiri Facebook yang paling berkesan adalah semasa ia bersekolah. Selama masa sekolahnya, Mark Zuckerberg memang dikenal sebagai sosok yang sangat cerdas. Saat ia bersekolah di Ardsley High School, Zuckerberg mendapatkan nilai yang sangat tinggi untuk mata pelajaran Klasika. Sebagai informasi, Klasika adalah cabang ilmu Humaniora yang mempelajari tentang kebudayaan serta ilmu filosofi dari dunia Mediterania Kuno. Setelah ia pindah ke Akademi Phillips Exeter pun, Zuckerberg juga memiliki banyak sekali prestasi. Terbukti, di tahun pertamanya saja, Zuckerberg berhasil menorehkan prestasi di bidang Matematika, Fisika, dan Astronomi. Selain itu, ia juga banyak berprestasi di bidang ilmu klasik. 

  1. Awal Mula Ketertarikan Mark Zuckerberg Terhadap Dunia Pemrogaman Komputer

Anda pastinya penasaran, di fase kehidupan sang pendiri Facebook yang manakah ia mulai mengenal ilmu Computer Programming. Ternyata, Mark Zuckerberg mulai penasaran untuk mendalami dunia pemrograman komputer lewat sebuah buku berjudul “C++ for Dummies”. Buku ini memang mengajarkan ilmu dasar programming dengan langkah-langkah dan bahasa yang menarik. Jadi, tidak heran jika Mark Zuckerberg pun jadi semakin merasa penasaran.

  1. Software Pertama yang Dikembangkan Mark Zuckerberg

Tak hanya mempelajari, Mark Zuckerberg juga langsung mempraktekkan ilmu yang dia dapat dari buku tersebut. Dia membuat sebuah aplikasi chatting bernama ZuckNet yang digunakan oleh keluarganya. Aplikasi ini memudahkan ayah Zuckerberg untuk mengirimkan pesan ke setiap orang yang ada di rumah tersebut. Sebaliknya, mereka juga bisa mengirimkan hal yang sama. Tahap kehidupan sang pendiri Facebook inilah yang menjadi batu loncatan.

  1. Jasa Aplikasi Synapse yang Membuka Gerbang Karir Mark Zuckerberg

Selain membuat aplikasi ZuckNet, Mark Zuckerberg juga mengembangkan aplikasi Synapse. Aplikasi ini menggunakan kecanggihan konsep AI atau Artificial Intelligence. Sistem tersebut membantu aplikasi dalam mempelajari dan menyesuaikan kebiasaan pengguna dalam mendengarkan musik. Kala itu, penggunaan fitur AI memang tidak terlalu banyak. Sehingga tak heran jika 2 perusahaan raksasa, yaitu Microsoft dan AOL berusaha merekrut Mark Zuckerberg. Padahal, kala itu Zuckerberg masih duduk di bangku sekolah SMA. Mengagumkan, bukan?

  1. FaceMash dan Course Match Jadi 2 Aplikasi Pertama yang Dikembangkan di Masa Kuliah

Saat Mark Zuckerberg belajar di Universitas Harvard, dia tidak hanya belajar untuk dapat nilai yang bagus. Zuckerberg juga mengembangkan 2 aplikasi media sosial untuk diakses teman-temannya. Salah satunya adalah aplikasi “FaceMash”. Aplikasi ini dijalankan dengan memasukkan 2 foto orang yang berbeda, dan orang-orang lain bisa melakukan voting terhadap salah satu peserta yang dianggap paling menarik. Walaupun sempat booming, aplikasi ini kemudian diblokir oleh Universitas Harvard. Aplikasi FaceMash dinilai melanggar privasi dari para pengguna. Sedangkan Course Match adalah aplikasi dimana masing-masing mahasiswa bisa memilih mata kuliah yang ingin mereka ambil.

  1. Lahirnya Platform Facebook

Siapa yang menyangka, bahwa tempat kehidupan sang pendiri Facebook ini berubah adalah di kamar asramanya? Di tahun 2004, Zuckerberg membuat sebuah aplikasi media sosial bernama Facebook. Aplikasi tersebut memungkinkan para mahasiswa untuk mengunggah foto, biodata, dan bahkan berinteraksi dengan teman-teman kuliahnya secara online. Platform ini awalnya dikembangkan hanya untuk digunakan oleh mahasiswa Harvard saja. Namun lama-kelamaan, Facebook pun dikembangkan agar dapat digunakan oleh khalayak umum

  1. Mark Zuckerberg Tidak Sendirian dalam Mengembangkan Facebook

Dalam usahanya mengembangkan Facebook, Mark Zuckerberg tidak sendirian. Ia mendiskusikan konsep tentang platform media sosial tersebut bersama dengan tiga teman asramanya. Teman-teman tersebut adalah: Dustin Moskovitz, Chris Hughes, dan Eduardo Saverin. Bahkan, Saverin sampai rela memberikan modal senilai hingga US$1000 untuk pengembangan dan peluncuran aplikasi media sosial ini. 

  1. MIsteri di Balik Pemilihan Warna Facebook yang Ikonik

Tahukah Anda kenapa Mark Zuckerberg memilih satu warna, yaitu warna biru untuk platform Facebook? Ia beralasan bahwa warna biru lebih terlihat ramah di mata. Tak hanya itu, pemilihan warna tersebut juga disebabkan karena Mark Zuckerberg memiliki buta warna terhadap warna merah-hijau. 

Demikianlah beberapa fakta menarik tentang kehidupan sang pendiri Facebook yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga rekam jejak dari Mark Zuckerberg ini menginspirasi Anda.