blogs - bisnis & culture

Kelebihan dan Kekurangan Digital Economy

10 Nov 18, 2020
Kelebihan dan Kekurangan Digital Economy

Dunia semakin maju, peradaban pun semakin bergerak menuju titik yang lebih baik dibandingkan era sebelumnya. Tidak hanya masalah pola pikir manusianya, tetapi juga secara menyeluruh, seperti contohnya pada sisi ekonomi. Di era internet dan serba digital seperti sekarang ini, ada pergeseran secara perlahan namun pasti dari traditional economy atau ekonomi tradisional menuju digital economy atau ekonomi yang dijalankan menggunakan teknologi dan internet.

Hanya saja, dari semua peningkatan dan kemajuan yang diberikan atau ditawarkan digital economy ini, tentunya ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, bukan? Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan digital economy.

Kelebihan Digital Economy

Kelebihan digital economy yang pertama adalah terletak pada banyaknya informasi dan pilihan yang bakal didapatkan oleh para pelaku pasar dalam hal ini produsen. Tidak hanya itu saja, para konsumen pun juga akan mendapatkan hal yang sejenis untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Kelebihan kedua adalah tidak banyak menyita waktu. Dalam hal ini diartikan bahwa dengan hanya melakukan transaksi di dalam rumah, maka semuanya dapat terlaksana dengan cepat, efisien dan cermat.

Dan tentunya, dengan keberadaan digital economy ini maka membuat pembiayaan untuk pengembangan usaha menjadi lebih dapat dipangkas lagi. Bahkan juga dengan memanfaatkan ekonomi digital seperti ini, maka siapa saja dapat menggulirkan bisnis yang mereka mau. Tentunya hal tersebut sangat berguna sekali bagi para pelaku UMKM yang minim modal.

Kekurangan Digital Economy

Setelah berbicara masalah kelebihan, kekurangan dari digital economy yang pertama terletak pada masalah monopoli pasar. Dalam artian bahwa ketika ada pemilik modal besar atau juga perusahaan raksasa yang telah mendunia dengan jaringan luas, maka sangat sulit rasanya bagi para pelaku ekonomi kecil untuk bergerak maju menyainginya. Dengan kekuatan monopoli tersebut, maka pihak yang besar dapat memainkan harga pasar dengan mudah.

Kekurangan selanjutnya adalah digital economy selalu membutuhkan media. Dalam hal ini media yang dimaksud adalah perangkat elektronik seperti komputer atau perangkat mobile serta internet. Hal itu dikarenakan tanpa media-media tersebut, maka pergerakan dari perekonomian digital bakal lumpuh dan tidak ada progress sama sekali.

Ancaman terhadap data pribadi juga menjadi salah satu kekurangan dari digital economy. Dikatakan begitu karena banyak pemilik media sosial sampai dengan peramban dan perusahaan-perusahaan besar lainnya akan mengumpulkan data-data orang yang menggunakan produk mereka yang nantinya dapat digunakan untuk hal-hal tertentu yang menguntungkan mereka, seperti contohnya dijadikan sebagai bahan analisis iklan dan lain sebagainya.

Dan tentunya semua hal yang diciptakan manusia memiliki kekurangan dan kelebihan. Hanya kitalah yang dapat memilih dan memilah mana yang baik untuk digunakan dan mana yang harus ditinggalkan.