blogs - komputer

Lenovo Legion 7i, Gaming Machine dengan Desain Minimalis

10 Nov 21, 2020
Lenovo Legion 7i, Gaming Machine dengan Desain Minimalis

Jajaran Lenovo Legion telah berkembang pesat selama beberapa tahun belakangan ini. Banyak produk menarik dari jajaran Lenovo Legion yang dirilis Lenovo, salah satunya adalah yang paling baru, yaitu Lenovo Legion 7i.

Lenovo Legion 7i merupakan notebook yang menggabungkan antara kemewahan, tampilan minimalis serta kecanggihan di dalamnya. Walaupun masuk kategori notebook kelas menengah, akan tetapi Lenovo Legion 7i tetap berani diadu dengan produk kelas atas seperti Alienware ataupun Razer. Berikut ini ulasan singkat dari produk notebook terbaru dari Lenovo tersebut.

Desain

Lenovo Legion 7i

Lenovo Legion 7i memiliki desain yang terkesan minimalis karena tidak terlalu banyak menggunakan model lekukan atau apapun pada bagian sisi atasnya. Walaupun terkesan flat dan minimalis, akan tetapi yang membuatnya menjadi nampak elegan dan mewah karena pemilihan warna casingnya yang doff dengan sedikit gradasi yang bakal terlihat ketika terpapar cahaya. 

Notebook ini memiliki dimensi 19,82 x 359,41 x 259,08 mm dengan bobot hanya 2,25 kilogram. Jadi cukup tipis dan ringan untuk dibawa kemana-mana, terutama bagi Anda yang sangat mobile sekalipun. Mayoritas port diletakkan di bagian belakang perangkat yang membuat tidak terlalu mengganggu pemakainya di saat penggunaan.

Layar

Layar Lenovo Legion 7i berukuran 15,6 inci Full HD berjenis IPS LCD anti-glare dengan resolusi 1920 x 1080 pixels. Refresh rate yang dimilikinya sebesar 144Hz yang sangat lancar ketika digunakan untuk bermain game atau mengoperasikan software-software instalan lain di dalamnya. Layarnya support Vesa Display HDR400 yang setara kemampuannya dengan Dolby Vision dan memiliki tingkat kecerahan sampai dengan 500 nits. 

Walaupun tidak didesain bezel-less, akan tetapi frame kanan dan kirinya cukup tipis dan membuat layarnya nampak lega. Pada bagian atas terdapat lensa kamera webcam dengan resolusi 720p. Bagi yang takut akan masalah keamanan, maka Lenovo telah menempatkan slider di sisi lensa kamera webcamnya yang dapat dibuka ketika akan digunakan atau ditutup saat tidak dipakai.

Internal

Notebook ini menggunakan prosesor Intel Core i7 - 10875H (2.3GHz / 5.1GHz) dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 2080 Super Max-Q (8GB GDDR6) serta RAM 16GB DDR4 (3200MHz) dan internal storage berkapasitas 1TB Western Digital M.2 NVMe SSD. Operating system yang dipakai adalah Windows 10 Home original yang dapat diupgrade ke Windows 10 Pro secara berbayar.

Ketika penutup bawahnya dibuka, maka akan terlihat 2 fan berukuran cukup besar dan juga pada bagian tengah ada pipa penahan panas yang mana semuanya berfungsi untuk menurunkan temperatur di dalam perangkat.

Keyboard, Touchpad dan Baterai

Seperti halnya kebanyakan notebook atau laptop gaming pada umumnya, keyboard yang ada pada Lenovo Legion 7i ini sangat lentur, empuk dan dilengkapi lampu led kecil pada bagian bawahnya. Jadi Anda tidak akan kesulitan dalam pengoperasian walaupun ada di tempat yang minim cahaya.

Untuk touchpadnya, tidak ada perubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan model sebelumnya. Tingkat kelembutan sampai dengan sensitivitasnya masih sama. Sedangkan untuk baterai yang dipakainya, Lenovo Legion 7i dilengkapi dengan baterai 4-Cell 80W yang mampu bertahan sampai 4 jam 10 menit untuk penggunaan aktif.

Untuk saat ini, Lenovo Legion 7i belum hadir secara resmi di pasaran Tanah Air. Apabila Anda ingin memilikinya, maka dapat membelinya secara online melalui situs resmi Lenovo. Harganya sendiri sekitar Rp37,09 jutaan.