blogs - komputer

LG sedang Kembangkan Laptop dengan Layar Gulung

10 Dec 16, 2020
LG sedang Kembangkan Laptop dengan Layar Gulung

Sejauh ini, teknologi paling moderen terkait dengan layar bermunculan di dunia mobile. Mulai dari layar melengkung sampai dengan layar lipat dapat Anda temui di beberapa produk smartphone besutan vendor dunia. Akan tetapi, LG sebagai salah satu perusahaan pembuat produk mobile dan laptop ternyata ingin mengadopsi tren tersebut pada produk perangkat komputer jinjingnya.

Menurut rumor yang beredar, LG sekarang ini tengah dalam proses pengerjaan satu produk laptop yang dilengkapi dengan layar gulung atau rollable display. Mencuatnya rumor ini setelah LG mengirimkan paten inovasi terkait hal itu. Dalam lembar patennya tertulis bahwa LG memiliki konsep produk laptop dengan layar berukuran 17 inci yang mana kemudian dapat digulung sehingga hanya mencapai 13,3 inci saja.

Laptop dengan Layar Gulung

Selain layarnya yang dapat digulung, keyboard dan touchpad di laptop tersebut juga dapat dilipat dan akhirnya produk itu akan menyerupai model tablet. Sayangnya, sampai sekarang ini belum ada kabar lain terkait dengan rumor konsep produk laptop dengan layar gulung dari LG tersebut.

Tentunya inovasi layar gulung seperti ini bukan satu hal yang baru bagi LG. Pasalnya, sebelum ini perusahaan tersebut juga telah memiliki produk yang menggunakan layar gulung, yaitu OLED TV RX yang sekarang sudah dijual di pasaran bebas. LG OLED TV RX ini juga telah mendapatkan penghargaan tertinggi dalam ajang CES Innovation Awards 2020 sebagai teknologi dan desain paling bagus di tahun 2020.

Laptop dengan Layar Gulung

Sejauh ini, selain dalam dunia mobile, belum ada perusahaan elektronik yang memiliki produk yang menggunakan layar gulung dan baru LG saja. Dan sebenarnya, teknologi atau inovasi seperti ini, konsepnya sudah diprediksikan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa pengamat teknologi dunia mengatakan bahwa akan ada kecenderungan nantinya semua perangkat yang menggunakan layar bakal memakai layar gulung atau juga lipat agar tidak terlalu memakan banyak tempat.

Bahkan sudah diprediksikan pula bahwa nantinya layar yang digunakan adalah berjenis OLED karena lebih mudah untuk diaplikasikan dalam konsep ini. Dan sekarang ini, LG menjadi perusahaan perintis untuk teknologi layar gulung selain smartphone.