Setiap artikel memerlukan gambar yang tepat untuk menunjang tampilannya. Lebih baik lagi kalau gambar yang dipilih adalah foto eksklusif hasil..." /> Mencari Gambar Untuk Blog

Mencari Gambar Untuk Blog

BLOGS - HOW TO Mar 05, 2015
Mencari Gambar Untuk Blog

"

Setiap artikel memerlukan gambar yang tepat untuk menunjang tampilannya. Lebih baik lagi kalau gambar yang dipilih adalah foto eksklusif hasil karya sendiri, karena seperti halnya artikel, gambar/foto yang diambil dari internet dimiliki oleh pihak lain yang belum tentu setuju hasil karyanya dipakai tanpa ijin. Kepemilikan ini adalah hak cipta / Copyright atau juga disebut Credit Policy, di Indonesia peraturan resminya diatur dalam UU RI no 19 tahun 2002.

Apa yang harus kita lakukan?

Pentingnya memerhatikan hak cipta gambar adalah untuk menghindari tuntutan hukum dari sang pemilik resmi. Karena tidak semua blogger memiliki alat dan kemampuan untuk membuat foto sendiri, ada cara lain untuk memasang gambar yang aman, yaitu memakai gambar yang memang di share secara free di Internet. Caranya, anda pastikan gambar yang anda pilih memiliki status Public Domain. Status ini berarti pemilik gambar memang memberikan hasil karyanya untuk umum dan bebas digunakan termasuk untuk kepentingan komersial. Kami akan membagikan beberapa situs yang share foto-foto yang statusnya Public Domain sehingga bisa diambil dengan gratis diantaranya:

Re:splashed

Re:splashed didirikan oleh Tyler Wanlass yang menawarkan 3 keunggulan dalam menggunakannya yaitu :

1.Mudah

2.Cepat

3.Sederhana

Fungsi Re:splashed untuk memudahkan kita mencari gambar yang diambil dari Unsplashed,yaitu sebuah image service yang bersifat free domain.Disini Tyler memberikan kemudahan yang tidak ditemui dalam website Unsplashed sehingga bisa dibilang Re:splashed adalah penyempurnaan dari Unsplashed. Mari kita kupas kemudahan yang ditawarkan Re:splashed :

Mudah Mencari Gambar

Menemukan gambar di Unspalshed yang dicari akan cukup sulit, kecuali anda memiliki waktu untuk melihatnya satu persatu dengan scroll kebawah terus menerus. solusinya, di Re:splashed Anda bisa memilah gambar dengan mengetik keyword yang tepat.

"

"

"

"

Mencari foto yang sejenis

Untuk mendapatkan gambar yang dicari, kadang kita perlu mencari gambar yang sejenis untuk mendapatkan suggest dari keyword yang berhubungan dengan gambar. Caranya, anda letakan kursor di gambar, lalu akan terlihat keyword lain untuk gambar tersebut yang bisa anda jadikan referensi. Cara ini juga bisa dipakai apabila anda ingin mencari referensi lain dari gambar yang kita cari.

"

Menemukan gambar berdasarkan fotografer

Anda juga bisa mencari gambar berdasarkan hasil karya dari fotografer. Nama fotografer bisa anda dapatkan dengan meletakan kursor di gambar tersebut, lalu arahkan kursor anda ke nama sang fotografer, klik disitu, dan anda akan di redirectke halaman Unsplashed yang berisi semua karya fotografer tersebut.

"

Cepat

Untuk menampilkan gambar, diperlukan kecepatan loading dari koneksi. Di Unsplashed, gambar yang muncul langsung dalam ukuran besar sehingga diperlukan koneksi yang cepat. Solusinya, home Re:splashed menampilkan gambar dengan resolusi rendah dengan tampilan 3 kolom sehingga tidak perlu koneksi yang cepat untuk menampilkan halaman utama.Sehingga gambar yang tampil bisa lebih responsif dan loading dengan cepat.

"

Walau demikian, gambar tersebut tetap dalam resolusi tinggi apabila anda mendownloadnya.. Hal ini mempermudah kita untuk melakukan filtering.

Sederhana

Menggunakan Re:splashed cukup sederhana, ketika masuk halaman utama, kursor anda akan otomatis berada di fitur filter seolah-olah mengerti bahwa anda ingin cepat-cepat melakukan pencarian gambar. Jadi anda tidak perlu lagi susah-susah mencari fitur ini.

Kesederhanaan yang lain adalah, ketika kita menemukan gambar yang dicari, kita diberi informasi lain yang berhubungan dengan gambar tersebut seperti : nama fotografer, keyword yang berhubungan (similar) dan tombol download. Semua terkumpul dalam gambar yang dipilih.

Jumlah Gambar

Re:splashed menampilkan lebih dari 600 gambar yang akan bertambah setiap 10 hari dan memiliki beberapa kategori seperti : Buliding, Food & Drinks, People, Objects dan Technology.

Cara Mengambil Gambar

Untuk mendownload gambar, anda tinggal klik view dari gambar yang anda pilih. Lalu gambar akan muncul di tab baru, klik kanan lalu pilih save image as. Simpel sekali.

Kelemahan

Kelemahan dari Re:splashed adalah kadang halaman utama tidak menampilkan gambar sama sekali. Solusinya adalah dengan melakukanrefreshpada browser, ini cukup membantu walau kadang harus beberapa kali baru gambar muncul.

Kesimpulan

Bisa ditarik kesimpulan bahwa Re:splashed memberikan fitur yang sangat membantu dalam pencarian gambar. Walau kadang masih ada kendala dengan loading halaman yang tidak sempurna, Re:splashed menawarkan cara yang mudah, sederhana sekaligus cepat untuk mengakses gambar yang kita perlu.

Apabila anda ingin bertanya atau diskusi, silahkan tinggalkan komentar anda di kolom Comment, di artikel selanjutnya kita akan membahas tentang website public domain yang lain.