blogs - digital marketing

Daftar Mesin Pencari Selain Google, Wajib Tahu!

10 Sep 15, 2020
Daftar Mesin Pencari Selain Google, Wajib Tahu!

Mendengar kata mesin pencari, tentu yang terlintas di kepala Anda adalah Google. Di mana setiap kali akan berselancar di dunia maya, mayoritas pengguna internet akan langsung menuju Google. Namun, tahukah Anda bahwa Google bukanlah satu-satunya mesin pencari yang bisa Anda gunakan. Selain Google terdapat pilihan mesin pencari lainnya yang siap melengkapi informasi yang Anda butuhkan. Penasaran apa saja daftar mesin pencari selain Google? Berikut beberapa diantaranya.

Baidu

Mesin pencari yang satu ini memiliki market share yang juga besar, hal itu membuatnya sebagai mesin pencari terpopuler kedua setelah Google. Penggunaan bahasa Mandarin pada mesin pencari ini membuatnya sangat populer di China. Bahkan, masyarakat China lebih cenderung menggunakan Baidu dibandingkan dengan Google. Bagi Anda yang ingin mencari konten berupa mp3, Baidu bisa jadi pilihan terbaik. Pasalnya, mesin pencari yang satu ini sangat ampuh dalam menemukan konten mp3. Bisa dipastikan, Anda akan segera menemukan konten mp3 yang sedang dicari. 

Baidu memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan Google. Tidak hanya hadir dengan fitur pencarian kata kunci berupa text saja, pengguna juga bisa melakukan fitur pencarian dengan metode lain. Diantaranya yakni pencarian berupa suara hingga pencarian berupa gambar. Kedua fitur pencarian tersebut akan semakin memudahkan Anda setiap kali akan mencari tahu konten tertentu. Apabila Anda mahir berbahasa mandarin, tidak ada salahnya jika mencoba mesin pencarian satu ini.

Bing

Setelah Google dan Baidu, Bing menduduki urutan ketiga sebagai mesin pencarian dengan market share terbesar. Berbeda dengan Google dan Baidu, pengguna bisa dengan leluasa mengatur tampilan visual yang disukai. Di mana Bing akan langsung menawarkan beberapa pilihan foto dengan resolusi tinggi yang bisa Anda pilih. Visual dengan konsep berubah-ubah yang ditawarkan oleh Bing menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki mesin pencari ini. Dipastikan, Anda tidak akan pernah merasa bosan setiap kali membuka mesin pencari satu ini.

Selain menonjolkan sisi visualnya, Bing juga dilengkapi dengan fitur My Saved. Fitur satu ini memungkinkan para penggunanya untuk mengarsipkan halaman yang menjadi favorit mereka. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah setiap kali akan membuka laman yang sama setiap harinya. Di sisi lain, mesin pencari ini juga telah terhubung secara langsung dengan Microsoft Office Online. Membuat hingga mengubah file Microsoft Office secara online akan terasa begitu mudah.

Wiki.com

Ingin mencari ensiklopedia terpercaya secara online? Mesin pencari satu ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Setiap kali mengetikkan kata kunci melalui wiki.com, hasil pencarian akan langsung memunculkan situs Wikipedia dan situs sejenis lainnya. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi yang benar-benar lengkap tanpa perlu takut akan terdistract dengan situs lainnya yang tidak berhubungan. 

Untuk semakin memudahkan penggunanya, wiki.com juga telah menawarkan empat opsi pencarian, diantaranya yakni wikipedia only, all wikis, people's wikis only, dan terakhir encyclopedias only. Keempat pilihan pencarian tersebut akan semakin memudahkan Anda dalam mencari sumber artikel yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

Yahoo! Search

Anda yang pernah membuat email menggunakan yahoo, tentu sudah tidak asing lagi dengan mesin pencari yang satu ini, bukan? Bahkan, Yahoo! Search pernah menjadi mesin pencari yang sangat populer di tahun 2000-lalu. Namun, kepopuleran dari mesin pencari ini seketika memudar sejak munculnya Google dan Bing. Meski sudah tidak sepopuler dulu, mesin pencari ini masih bisa Anda andalkan untuk mencari informasi atau konten tertentu. 

Selain hadir dengan mesin pencari Yahoo! Search, Yahoo juga menghadirkan fitur unggulan lain yang tidak kalah menarik. Diantaranya yakni Yahoo! Answer dan Yahoo! Finance. Sesuai dengan namanya, Yahoo! Finance bisa menjadi sumber informasi termutakhir bagi Anda yang ingin mencari tahu perkembangan bisnis dan ekonomi saat ini. Di sisi lain, Yahoo! Answer bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk mencari tahu kebenaran dari isu yang beredar. Pertanyaan Anda yang telah tersampaikan dalam Yahoo! Answer ini akan dijawab oleh pengguna internet lainnya. 

CC Search

Berbeda dengan keempat mesin pencari yang telah disebutkan sebelumnya, CC Search hadir bagi Anda yang seringkali melakukan pencarian dalam bentuk gambar. Baik untuk keperluan website, poster, presentasi, dan masih banyak lagi. Pilihan gambar yang disediakan oleh CC Search juga terbilang sangat lengkap dan bervariasi. Di mana gambar-gambar tersebut didapat dari website database ternama, seperti Brooklyn Museum, Flickr, DevianArt, dan lain sebagainya.

Kabar baiknya lagi, setiap gambar dan foto yang Anda unduh dari hasil pencarian CC Search gratis lisensi alias boleh digunakan oleh siapa saja untuk kepentingan publik. Meski mencantumkan gambar tersebut dalam situs website pribadi, hal itu bukan menjadi persoalan yang besar dan sah-sah saja. Anda yang khawatir jika mengunduh gambar berlisensi, bisa melakukan pencarian melalui mesin pencari yang satu ini. Meski saat ini berfokus pada mesin pencarian berbentuk gambar, kabarnya CC Search akan menambah opsi baru berupa pencarian audio dan text layaknya mesin pencari yang lain.

StartPage

Tahukah Anda bahwa Google akan selalu menyimpan berbagai macam informasi pribadi dari para penggunanya. Di mana informasi tersebut juga dimanfaatkan untuk memberikan informasi dan berita yang paling sesuai dengan apa yang sering Anda cari tahu. Hal ini tentu membuat hasil pencarian yang didapatkan dari Google cenderung tidak netral. Jika Anda ingin beralih dari Google karena alasan tersebut, StartPage bisa jadi mesin pencarian yang paling cocok untuk Anda.

Secara legal, StartPage telah melakukan transaksi pembayaran kepada pihak Google mengenai sistem pencarian yang dimiliki. Bedanya, dengan melakukan pencarian melalui StartPage, informasi pribadi tentang Anda tidak akan tersimpan. Secara tidak langsung, keamanan privasi Anda akan terjaga jika menggunakan mesin pencarian yang satu ini. Hasil pencarian dari kata kunci yang Anda tuliskan juga akan bersifat netral dan tidak subjektif.

Yandex

Mesin pencari yang berasal dari Rusia ini telah ada sejak tahun 1997 lalu. Hampir sama dengan sistem yang dimiliki oleh Google, Yandex akan menyimpan data personal serta riwayat pencarian dari para penggunanya. Hal ini dilakukan agar hasil pencarian yang dilakukan pengguna lebih relevan. Namun, setiap data pengguna yang akan disimpan oleh Yandex terlebih dahulu harus melalui proses persetujuan dari para pengguna.

Fitur yang ditawarkan oleh Yandex juga terbilang sangat lengkap. Setiap pengguna bisa melakukan pencarian dalam kategori tertentu seperti video, gambar, maupun text. Opsi tambahan berupa peta juga dihadirkan oleh Yandex untuk lebih memudahkan para penggunanya. 

Berdasarkan daftar mesin pencari yang telah disebutkan di atas, mana yang akan Anda coba nantinya? Jika penasaran dengan perbedaan dari seluruh mesin pencarian di atas, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya satu per satu. Dengan begitu, Anda sudah bisa memutuskan mana yang paling bagus dan mampu memudahkan aktivitas Anda.