blogs - aksesoris

Xiaomi Perkenalkan Mi Air Charge, Metode Pengisian Baterai Tanpa Kabel ataupun Docking

10 Feb 04, 2021
Xiaomi Perkenalkan Mi Air Charge, Metode Pengisian Baterai Tanpa Kabel ataupun Docking

Sejauh ini charger untuk mengisi ulang baterai perangkat smartphone adalah yang menggunakan kabel atau juga yang berbentuk perangkat duduk untuk pengisian secara wireless. Namun nampaknya era untuk kedua model charger tersebut bakal bergeser dan berganti karena Xiaomi sebagai salah satu vendor mobile besar dunia telah memperkenalkan sebuah teknologi tepat guna berupa charger tanpa kabel ataupun yang menggunakan perangkat duduk seperti pada umumnya.

Teknologi yang diperkenalkan Xiaomi tersebut bernama Mi Air Charge Technology. Dalam press releasenya, Xiaomi menjelaskan bahwa teknologi pengisian baterai buatan mereka ini akan merevolusi teknologi wireless ke arah yang lebih maju lagi.

Mi Air Charge

Dalam penjelasan singkatnya adalah pengguna smartphone akan dapat mengisi ulang baterai tanpa kabel atau menggunakan docking, melainkan menggunakan perangkat khusus yang akan mentransmisikan energi baterai ke dalam perangkat dalam jarak tertentu. 

Menariknya lagi, tidak hanya smartphone saja yang dapat diisi ulang baterainya menggunakan Mi Air Charge Technology tersebut, melainkan ada beberapa perangkat elektronik lain yang kompatibel dalam waktu bersamaan. Jadi ketika perangkat seperti smartphone, smartwatch sampai dengan gelang kesehatan masih dalam jangkauan Mi Air Charge Technology tersebut, maka pengguna masih dapat mengoperasikan perangkat yang bersangkutan dengan leluasa sembari mengisi ulang baterainya.

Mi Air Charge Technology tersebut memiliki 5 phase antena interferensi yang masing-masing terintegrasi dan dapat secara akurat mendeteksi keberadaan perangkat yang kompatibel dengannya dan secara langsung akan melakukan proses pengisian baterai. Untuk itu, Xiaomi sendiri sedang mengembangkan beberapa perangkat elektronik termasuk smartphone yang mana nantinya di dalamnya akan dilengkapi dengan antena mini yang berfungsi sebagai antena suar serta antena penerima.

Antena suar tersebut berfungsi untuk memberitahukan ke Mi Air Charger Technology tentang status baterai yang dimiliki dan antena penerimanya yang mana terdiri dari 14 antena mini yang berguna untuk mengubah sinyal gelombang yang dikirimkan untuk menjadi energi listrik dan kemudian diteruskan ke dalam baterai.

Untuk saat ini, teknologi ini sudah diujicobakan dan sukses untuk melakukan pengisian dengan jarak beberapa meter dengan daya 5W. Sayangnya, belum diketahui teknologi tersebut akan benar-benar dapat dinikmati oleh para pengguna perangkat Xiaomi.

Artikel menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda: