blogs - gawai

Mulai 2021, Smartphone Android Lawas Tak Lagi Berguna

10 Nov 17, 2020
Mulai 2021, Smartphone Android Lawas Tak Lagi Berguna

Ya, mungkin sekarang ini sudah sangat jarang ada yang memakai smartphone Android versi lama. Mulai karena harga smartphone baru dengan operating system terbaru banyak yang dijual murah sampai dengan smartphone-smartphone lawas tersebut penampilannya sudah old fashion. Oleh karena itu banyak yang sudah beralih menggunakan model perangkat mobile terbaru. 

Akan tetapi, bagi yang sampai sekarang masih memakai smartphone Android versi lawas, per tahun 2021 mendatang, perangkat mobile seperti itu akan kehilangan kemampuannya untuk dipakai mengakses banyak website penting. Dengan artian bahwa ketika perangkat mobile sudah tidak dapat digunakan untuk browsing, maka statusnya sebagai sebuah telepon pintar tidak lagi relevan karena akhirnya hanya dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi saja, tidak kurang dan tidak lebih.

Dalam laporan yang diunggah di situs Let’s Encrypt, pemberlakuan aturan baru ini dikarenakan untuk meningkatkan keamanan para pengguna Android terhadap segala macam ancaman pencurian data dan sejenisnya. Ketika sebuah website tidak memiliki keamanan atau masuk dalam daftar ‘web bawah tanah,’ maka sisi keamanan perangkat mobile yang mengaksesnya akan sangat rentan dibobol.

Oleh karena itu, aturan ini juga berlaku kepada para pemilik web untuk memperbaiki sistem keamanan mereka, setidaknya mengubah protokol komunikasi internet mereka dari HTTP menjadi HTTPS. Dan ketika sudah berubah menjadi HTTPS, maka dampaknya adalah ada beberapa operating system Android versi lawas yang tidak lagi support dengannya.

Untuk versi Android yang tidak akan lagi dapat digunakan untuk mengakses web-web di tahun 2021 antara lain Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop dan Marshmallow.

Tentunya dengan banyak versi Android yang terkena dampaknya, maka membuat pusing para pemilik perangkat, bukan? Oleh karena itu, pemberlakuan seperti itu akan dilakukan secara bertahap. 

Hanya saja, disebutkan juga ada pengecualian khusus bagi pengguna perangkat mobile Android versi lama yang menggunakan browser Firefox Mobile. Mereka akan tetap dapat mengakses website secara normal, hanya saja minimal operating system yang digunakan adalah Android 5.0 Lollipop.