blogs - aksesoris

Nikon Beta Webcam Utility: Jadikan Kamera Sebagai Webcam

10 Aug 25, 2020
Nikon Beta Webcam Utility: Jadikan Kamera Sebagai Webcam

Saat ini semakin banyak orang yang memanfaatkan video conference untuk bisa berinteraksi jarak jauh. Tidak hanya populer bagi para pekerja kantoran yang WFH, video conference juga populer bagi para murid dan pengajarnya. Hal inilah yang mendasari Nikon untuk membuat aplikasi terbaru yang diberi nama Beta Webcam Utility. Melalui aplikasi terbaru ini, Anda bisa menjadikan kamera sebagai webcam. Dengan begitu, kualitas video conference Anda menjadi begitu berkualitas dan lebih jernih.

Kemunculan aplikasi terbaru ini tentu disambut baik oleh masyarakat, terlebih bagi mereka yang memang sudah memiliki kamera Nikon. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi membutuhkan capture card jika ingin mengubah kamera menjadi webcam. Sebelum menggunakan, Anda terlebih dahulu perlu mengunduh aplikasinya melalui situs resmi Nikon. Kabar baiknya, proses pengunduhan ini bersifat gratis dan tidak dibutuhkan biaya apapun.

Setelah berhasil melakukan pengunduhan, Anda hanya perlu menyambungkan kamera dengan PC menggunakan kabel USB. Hanya dalam waktu singkat, kamera Anda akan berubah menjadi webcam. Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu memilih aplikasi video conference yang akan digunakan, baik itu Zoom, Microsoft Team, Google Meets, atau yang lainnya. Tidak hanya bisa digunakan untuk video conference saja, melakukan live streaming YouTube pun bisa Anda lakukan dengan cara ini.

Aplikasi Beta Webcam Utility ini dapat digunakan oleh berbagai macam tipe kamera Nikon. Untuk tipe kamera DSLR, berlaku bagi pemilik kamera D6, D850, D780, D7500, D500, dan juga D5600. Kamera saku Nikon yang tergabung dalam series Coolpix juga bisa menggunakan aplikasi ini. Sedangkan untuk pemilik kamera mirrorless, apapun tipe kamera Anda aplikasi Beta Webcam Utility kompatibel dengannya.

Satu hal yang perlu diingat, penggunaan dari aplikasi ini dapat membuat baterai kamera cepat habis. Hal ini dikarenakan pengubahan kamera menjadi webcam bisa membuat temperatur kamera naik secara drastis. Saat sedang tidak digunakan, sebaiknya matikan fitur ini untuk lebih menghemat penggunaan baterai. 

Mengingat aplikasi baru ini masih bersifat Beta atau dalam proses uji coba, sejauh ini hanya Anda yang menggunakan PC berbasis Windows 10 saja yang bisa menggunakannya. Namun, Nikon mengklaim bahwa pihaknya sudah berencana untuk meluncurkan aplikasi sejenis bagi pengguna MacOS. Sebagai pengguna MacOS, Anda perlu menantikan perilisan aplikasi Beta Webcam Utility ini.