blogs - gawai

Oppo Resmi Perkenalkan Produk Smartphone Terbarunya dengan Layar Gulung

10 Nov 20, 2020
Oppo Resmi Perkenalkan Produk Smartphone Terbarunya dengan Layar Gulung

Seperti tidak ingin kalah dengan vendor-vendor mobile besar dunia lain, Oppo juga terus berupaya mewujudkan segala ide dan gagasan agar tercipta sebuah inovasi menarik untuk masa depan. Salah satu ide konsep produk mobile yang sekarang sedang dikembangkannya adalah sebuah smartphone dengan layar yang dapat digulung.

Sebagai informasi, layar gulung yang dimaksud dalam hal ini bukanlah seperti kertas yang dapat digulung menjadi bentuk tabung melainkan yang dapat kembali ke bentuk awal setelah ditarik melebar. Hal tersebut tentunya sangat berbeda dengan konsep foldable phone atau smartphone dengan layar lipat. 

oppo x

Produk yang menurut rumor bakal dinamakan Oppo X 2021 tersebut menggunakan layar berjenis OLED yang dihubungkan pada Roll Motor agar dapat menarik layarnya dari posisi 6,7 inci menjadi 7,4 inci atau setara sebuah phablet. Terdapat 2 buah Roll Motor yang terletak di atas dan bawah perangkat yang mana semuanya tersembunyi di dalam body. 

Jadi konsepnya nanti akan seperti sebuah pintu geser atau sliding door yang mana terdapat 2 permukaan yang ketika layarnya ditarik melebar, maka slidernya akan terdorong mengikuti tarikan yang dilakukan pengguna. Dan hal tersebut dapat kembali ke bentuk awal ketika layarnya dipendekkan lagi.

Ketika sedang digunakan menonton video dalam posisi layar berukuran 6,7 inci, maka tampilannya akan seperti smartphone pada umumnya. Akan tetapi saat di tengah menonton tersebut Anda menarik layarnya melebar, maka layar akan secara otomatis menyesuaikan resolusi dari video yang sedang ditonton.

Sebenarnya konsep layar yang dapat digulung seperti ini sempat muncul beberapa tahun lalu, hanya saja pada saat itu yang beredar di dunia maya sekadar gagasannya belaka. Tidak hanya itu saja, konsep layar gulung ini ternyata juga sudah pernah digunakan oleh LG dalam produk televisinya, LG OLED TV yang kini telah dirilis ke pasaran.

Bahkan LG pun sekarang ini kabarnya juga tengah merancang produk mobile dengan konsep serupa yang mana masuk dalam daftar LG Explorer Project atau project pengembangan produk dengan inovasi terbaru. Produk mobile yang sedang dikembangkan tersebut kabarnya memiliki kode nama Project B yang sempat muncul sekilas saat LG merilis smartphone mereka yang dinamakan LG Wing.

Kabar yang beredar juga menjelaskan bahwa baik itu Oppo X 2021 ataupun Project B akan dirilis sekitar akhir kuartal pertama tahun 2021 mendatang.