blogs - bisnis & culture

Apa yang Menyebabkan Sebuah Startup Gagal Bersinar?

10 Jan 16, 2021
Apa yang Menyebabkan Sebuah Startup Gagal Bersinar?

Beberapa tahun terakhir, bisnis startup memang tengah naik daun. Banyak pebisnis pemula yang menganggap membangun startup lebih mudah dibanding jenis usaha lain dan sudah pasti berhasil. Faktanya, tidak sedikit orang yang berakhir rugi saat memulai sebuah startup.

Hal ini tidak terlepas dari kurangnya pengetahuan yang dimiliki, sehingga bisnis masih berjalan dengan model lama. Padahal, startup idealnya memiliki tingkat adaptasi tinggi dengan perkembangan zaman yang sudah banyak berubah. Lalu apa saja yang jadi penyebab kegagalan sebuah startup?

Kurang pendekatan marketing yang tepat

Ya, marketing yang keliru jadi penyebab banyaknya startup gagal bersinar. Banyak orang yang hanya menciptakan model bisnis baru namun tetap menggunakan metode pemasaran lama, misalnya dengan menyebar brosur secara random atau memasang iklan dengan harga mahal. Saat ini, penting untuk melakukan research terlebih dahulu sebelum menentukan strategi marketing yang akan digunakan.

Produk yang gagal mempertahankan konsumen

Dalam bisnis startup, penting sekali untuk bisa menciptakan produk yang tidak hanya menarik konsumen baru namun juga mempertahankan konsumen lama. Banyak orang yang fokus pada produk yang mentereng dan menarik perhatian di awal, namun berkurang kesannya ketika sudah digunakan. Jangan sampai hanya membuat orang membeli sekali lalu melupakan produk Anda. Dibutuhkan pendekatan yang tepat untuk membuat konsumen terus membutuhkan produk dan menjadi pelanggan.

Membentuk tim yang salah

Startup memang identik dengan bisnis anak muda. Tapi apa jadinya kalau sekelompok anak muda yang minim pengalaman mengelola bisnis bersama? Perang ego, ekspektasi terlalu tinggi, kurangnya kesabaran, hal-hal semacam itu akan menjadi penghalang yang menghambat bisnis. Meski ingin mempertahankan jiwa muda dalam usaha startup yang Anda bangun, bukan berarti harus meniadakan para ahli atau senior. Mereka tetap dibutuhkan untuk memastikan kualitas bisnis yang dibangun.

Belum melibatkan teknologi digital

Memang sulit untuk mempelajari hal baru yang terus berubah dan berkembang seperti dunia digital. Namun pahamilah bahwa bisnis startup membutuhkan sistem digital yang rapi dan terkontrol untuk efisiensi pekerjaan. Jika pemilik atau tim masih malas mempelajari ilmu-ilmu baru di bidang digital, maka bukan tidak mungkin bisnis yang dibangun akan jalan di tempat.

Selain itu, kurangnya modal juga seringkali menjadi pemicu bisnis startup tak bisa bertahan dengan baik. Maka dari itu, dibutuhkan perencanaan di awal untuk memastikan modal mencukupi sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Artikel menarik lainnya tentang startup: