Perbedaan dan Keunggulan Afiliasi Sistem CPA, CPC dan Lead CPC

BLOGS - AFFILITE May 12, 2016
Perbedaan dan Keunggulan Afiliasi Sistem CPA, CPC dan Lead CPC

Dalam dunia afiliasi, ada beberapa sistem / model bisnis yang perlu anda ketahui yang berhubungan dengan komisi (reward) yang nantinya akan anda terima yaitu : CPA (Cost Per Action) dan CPC (Cost Per Click), bahkan saat ini ada model lain dari CPC yaitu Lead CPC. Apa perbedaan dan keunggulannya?

CPA

Sesuai dengan singkatannya, CPA atau Cost Per Action berarti anda sebagai publisher menerima komisi apabila terjadi "action" atau transaksi yang disepakati bersama antara pemilik iklan (advertiser) dengan platform afiliasi dimana anda bernaung. Bentuk transaksi tersebut biasanya adalah pembelian, register, download atau install. Keunggulan sistem ini adalah memberikan komisi dengan jumlah yang jauh lebih besar dibanding sistem CPC atau Lead CPC. Dengan CPA, anda akan terdorong untuk memperhatikan konten blog / website anda karena sudah bisa dipastikan bahwa dengan sistem ini, hanya memasang banner saja tidak cukup. Banner tersebut perlu didukung konten yang tepat untuk bisa mendapatkan action. Seperti apa "konten yang tepat" tersebut? Salah satunya adalah dengan menulis review. Apabila anda mereview suatu produk dan di dalam artikel tersebut anda juga memasang banner yang berhubungan dengan produk tersebut, pembaca anda akan lebih tertarik untuk melakukan transaksi melalui link afiliasi anda ketimbang harus browsing lagi. Ini adalah win-win solution darisistem CPA, dimana kualitas blog anda meningkat, traffic bertambah, dan anda mendapatkan reward dari transaksi.

CPC

Sistem CPC atau Cost Per Click menawarkan cara kerja yang lebih sederhana dibanding CPA. Dimana anda mendapatkan reward dari setiap klik link afiliasi yang dilakukan pembaca anda melalui blog / website anda. Simpel dan mudah menjadi keunggulan sistem ini. Sayangnya tidak banyak pemilik iklan yang tertarik untukberafiliasi menggunakan sistem ini karena – walau biaya per klik nya cenderung rendah – sistem CPC rawan freud (penipuan) dimana klik yang terjadi bukan secara organik / natural melainkan dari satu sumber dengan tujuan untuk meningkatkan komisi sang publisher secara cepat dan mudah. Walau demikian, campaign dengan sistem CPC tetap diminati advertiser yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung web (traffic).

Lead CPC

Sistem Lead CPC memiliki aturan yang sedikit berbeda dengan CPC pada umumnya. Sistem ini mengharuskan pengunjung melakukan klik sampai ke halaman tertentu untuk terhitung sebagai action – Biasanya pengunjung diminta klik sampai ke halaman detail produk / layanan. Keunggulan sistem ini tidak perlu terjadi transaksi, yang menjadi ciri khas CPA dan tidak boleh hanya klik sampai ke halaman depan yang menjadi ciri CPC. Tujuannya adalah dengan harus melakukan lebih dari satu kali klik akan mengurangi (menghilangkan) kemungkinan freud yang sering terjadi pada sistem CPC. Sayangnya, sistem ini menawarkan reward yang tidak beda jauh dari CPC sehingga tidak sebesar sistem CPA.

Anda para blogger atau pemilik website yang juga menjalankan bisnis afiliasi, perlu mengenali sistem yang dipakai campaign yang anda ikuti karena sistem yang dipakai akan mempengaruhi jumlah reward yang akan anda terima nantinya. Untuk itu ACCESSTRADE Indonesia selalu memberikan informasi sistem yang dipakai oleh setiap campaign yang dimiliki. Silahkan tentukan sistem apa yang jadi pilihan anda dan apply campaignnya. Bagi anda yang belum menjadi publisher ACCESSTRADE Indonesia, silahkan daftar secara gratis di https://www.accesstrade.co.id