blogs - bisnis & culture

Perbedaan Inbound Marketing dan Outbound Marketing

10 Jan 27, 2021
Perbedaan Inbound Marketing dan Outbound Marketing

Dalam dunia marketing, terkhusus yang menggunakan teknologi digital, ada berbagai macam istilah. Dua di antaranya adalah inbound marketing dan outbound marketing. Lantas apa perbedaan antara keduanya? Simak penjelasan mengenai perbedaan antara inbound dan outbound marketing berikut.

Inbound Marketing

Inbound Marketing adalah metodologi bisnis yang dilakukan dengan membuat konsumen menemukan bisnis atau usaha yang Anda jalankan. Metode ini memang berkebalikan dengan strategi konvensional di mana pemilik usaha lah yang berusaha mendekati konsumen.

Untuk menjalankan inbound marketing, pemilik usaha perlu menciptakan sesuatu yang bisa menarik perhatian konsumen. Salah satunya dengan membuat konten yang bermanfaat dan viral melalui media sosial seperti Instagram atau YouTube.

Konten yang dibuat harus mempertimbangkan berbagai aspek, misalnya saja isinya masih berhubungan dengan produk yang dijual, memiliki gaya khas yang unik dan sesuai dengan selera target pasar, serta tentunya bermanfaat dan memicu orang untuk membagikannya.

Inbound marketing bisa jadi jauh lebih terjangkau dan cocok untuk usaha kecil. Sebab menarik perhatian konsumen melalui media sosial sangat rendah biaya bahkan bisa gratis. Hanya diperlukan kreativitas dan kepekaan pemilik usaha.

Outbound Marketing

Berkebalikan dengan inbound marketing, outbound marketing ini merupakan strategi konvensional yang dilakukan pemilik usaha. Tujuan utamanya adalah dengan mempromosikan bisnisnya dan membuat konsumen ingin membeli. Dalam hal ini, strategi yang dilakukan adalah dengan beriklan, baik itu melalui selebaran, poster, spanduk, maupun iklan di media massa.

Dibandingkan inbound marketing, strategi ini memang lebih tinggi biaya. Untuk berpromosi dan menciptakan iklan yang baik dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pemilik usaha mungkin membutuhkan tim khusus untuk memastikan iklan yang dibuat sesuai dengan target konsumen yang dituju.

Apalagi jika memilih iklan melalui media massa atau media elektronik dan bekerja sama dengan influencer atau public figure lainnya, tentu saja harganya akan jauh lebih mahal. Namun impresi yang dihasilkan jelas lebih berdampak dan bisa menarik konsumen dalam jumlah besar.

Kedua jenis marketing ini sebaiknya dilakukan secara bersamaan untuk hasil yang lebih optimal. Sebelum menerapkan inbound marketing maupun outbound marketing, pastikan terlebih dahulu mengenali produk dan target konsumen dengan baik.

Artikel lain yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya: