blogs - bisnis & culture

Perhatikan Hal Ini Sebelum Pinjam Dana dari Fintech

10 Sep 10, 2020
Perhatikan Hal Ini Sebelum Pinjam Dana dari Fintech

Pandemi COVID-19 memang memberikan dampak yang fatal terhadap sendi ekonomi bangsa. Mulai dari pengusaha level atas hingga pekerja harian ikut terdampak oleh pandemi ini. Tak mengherankan jika semakin banyak orang yang datang ke bank untuk mengajukan pinjaman. Selain lewat bank, beberapa orang melirik pinjaman dana lewat Fintech. Fintech memang menawarkan sistem pinjaman yang transparan dengan prosedur peminjaman yang lebih mudah. Namun, hal tersebut membuat beberapa orang menjadi ceroboh. Sehingga, mengakibatkan mereka terjerat di dalam jaring Fintech ilegal. Tentunya, hal tersebut sangatlah merugikan diri para nasabah tersebut. Karena, tidak hanya mereka mengalami pengalaman tidak mengenakkan saat ditagih, data diri pribadi mereka pun rawan dicuri. 

Oleh karena itu, Ronald Yusuf Wijaya pun mengatakan bahwa seorang nasabah harus lebih teliti sebelum mengajukan dana pinjaman Fintech. Pria yang menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) ini menyarankan agar Anda memastikan status legal dari lembaga Fintech sebelum mengajukan pinjaman. Perusahaan Fintech yang legal tentunya sudah mengantongi sertifikat izin dari OJK. Ini berarti, perusahaan tersebut sudah memenuhi semua persyaratan yang dibuat oleh OJK. Salah satu persyaratan tersebut adalah, perusahaan tersebut harus memiliki sistem yang memberikan perlindungan terhadap pihak penyelenggara dan pengguna layanan. Fintech ilegal tentunya tidak memiliki persyaratan tersebut. Sehingga, hal itu akan sangat membahayakan kenyamanan privasi Anda. 

Selain itu, Fintech ilegal juga biasanya memasang bunga yang berlipat-lipat. Hal tersebut tentunya sangat menyusahkan nasabah dalam melunasi tagihan. Saat nasabah tidak sanggup untuk membayar, maka akan datang penagih hutang yang datang dengan cara kurang baik. Hal ini tentunya sangat bisa dihindari jika Anda menggunakan layanan Fintech legal. Karena, Fintech legal menerapkan prosedur pinjaman atau angsuran secara transparan. Pemberian bunga pun dijelaskan di awal, sehingga Anda dapat memutuskan mengambil pinjaman yang sesuai dengan kapasitas. 

Untuk terhindar dari jeratan Fintech ilegal, Anda perlu mencari tahu tentang daftar lembaga Fintech yang sudah terdaftar di OJK. Anda bisa mengecek daftar lembaga Fintech terpercaya dengan mengunjungi situs ojk.co.id. Dari daftar yang tersedia, carilah nama lembaga atau perusahaan Fintech yang menawarkan pinjaman pada Anda. Jika nama perusahaan tersebut terpampang pada daftar, maka perusahaan Fintech tersebut sudah terbukti legalitasnya. Sebaliknya, jika perusahaan Fintech tersebut ilegal, Anda dapat menghindarinya sebelum terlambat.