blogs - komputer

Microsoft Umumkan Prosesor Baru Besutannya Bernama Pluton

10 Nov 22, 2020
Microsoft Umumkan Prosesor Baru Besutannya Bernama Pluton

Untuk masalah operating system, Microsoft telah memiliki rival yang cukup tangguh yaitu MacOS besutan Apple. Selain itu, produk Microsoft lain yang juga mempunyai rival kelas atas adalah produk perambannya, Microsoft Explorer dan Microsoft Edge, mesin pencari, Bing, serta produk Office mereka, yaitu Microsoft Office dan juga beberapa produk di kelas mobile.

Ternyata perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini tak ingin berhenti di situ saja, kabar baru mengatakan bahwa Microsoft sudah memiliki produk prosesor sendiri untuk menyaingi Intel yang selama ini banyak digunakan oleh puluhan perusahaan komputer. Bahkan Apple pun turut menggunakannya. 

Produk prosesor yang telah diperkenalkan oleh Microsoft tersebut bernama Microsoft Pluton. Dalam press releasenya, Microsoft Pluton akan membawa segala kecanggihan yang mereka kembangkan serta membawa tingkat sekuritas yang lebih tinggi dan aman untuk semua produk komputer atau laptop berbasis Windows. Pihak Microsoft juga mengklaim bahwa dengan menggunakan Microsoft Pluton maka akan dapat menangkal tidak hanya virus atau malware saja, tetapi juga serangan para peretas yang berupaya mengakses sistem.

 Microsoft Pluton

Tidak hanya itu saja, Microsoft Pluton juga menggunakan chip sekuritas bernama sama, Pluton, untuk melindungi semua software sampai dengan data-data penting pengguna perangkat dan dapat mengenkripsi semua hal yang dimasukkan dalam daftar enkripsi. Untuk mewujudkannya, Microsoft menggunakan teknologi Secure Hardware Cryptography Key (SHACK) yang dapat menangkap semua risiko ancaman dari luar.

Dalam press releasenya, pihak Microsoft menjelaskan bahwa sejauh ini operating system terbagus dan teraman yang pernah mereka buat adalah Microsoft Windows 10. Hal itu dikarenakan operating system tersebut dibuat dengan tingkat sekuritas end-to-end. Dan ketika Windows 10 ini berpadu dengan Microsoft Pluton, maka dapat dibayangkan seberapa kuat keamanan perangkat yang akan didapatkan penggunanya nanti.

Dijelaskan pula bahwa dalam pembuatan Microsoft Pluton ini, Microsoft menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan besar lainnya, seperti AMD, Intel dan Qualcomm Technologies, Inc..Cikal bakal dari Microsoft Pluton ini sebenarnya sudah pernah digunakan di produk Microsoft lainnya, yaitu di Xbox dan Azure Sphere. Setelah itu, Microsoft baru mengembangkannya lebih lanjut untuk nantinya dapat diaplikasikan dalam perangkat komputer.