blogs - gawai

Apple Sedang Kembangkan Smartphone Lipat Seperti Milik Samsung

10 Jan 05, 2021
Apple Sedang Kembangkan Smartphone Lipat Seperti Milik Samsung

Sejauh ini, Samsung dan Apple memang seperti musuh bebuyutan yang terus bersaing untuk menjadi yang tertinggi dan terdepan di dunia mobile. Oleh karenanya, kedua vendor ini selalu melengkapi produk smartphone mereka dengan segala hal yang canggih dan penuh inovasi terbaik.

Saat ini inovasi yang sedang terus digulirkan oleh Samsung adalah model smartphone dengan layar lipat. Hal tersebut dirasa sangat inovatif karena kecanggihan seperti itu masih belum dimiliki oleh banyak vendor lain, termasuk Apple. Hanya ada beberapa vendor saja yang sudah memiliki produk dengan layar lipat seperti yang dimiliki Samsung itu.

Seiring dengan teknologi layar lipat yang semakin canggih dan bagus tersebut, ada kabar bahwa ternyata Apple tertarik untuk membuat produk dengan model seperti itu. Hal tersebut terungkap setelah ada laporan bahwa Apple sedang mengujicobakan sebuah mesin yang nantinya kemungkinan akan digunakan untuk produk smartphone terbaru mereka dengan model lipat. 

Pembuatan spare part mesin ini dilakukan di Foxconn di Shenzhen, Cina, yang sudah lama menjadi mitra Apple dalam membuat sebagian besar komponen untuk iPhone, iPod dan iPad. Bahkan tidak hanya satu saja, dalam laporan tersebut menyebutkan bahwa ada 2 prototipe mesin untuk smartphone dengan desain lipat tersebut yang sedang dalam proses pembuatan dan pengembangan.

Selain itu, terdapat juga model layar ganda atau dual-screen yang juga dapat dilipat dari samping kanan ke kiri serta satu lagi adalah dari atas ke bawah. Hal tersebut mirip dengan produk smartphone besutan Samsung, yaitu Samsung Galaxy Z Flip atau juga Lenovo Moto RAZR. Untuk saat ini, pengujicobaan yang dilakukan adalah guna mengetahui kelayakan dan kekuatan dari mesin serta layar yang akan digunakan.

Hanya saja, ketika harus membuat produk dengan layar yang dapat dilipat seperti itu, maka Apple harus menciptakan desainnya sendiri karena paten layar lipat masuk ke dalam sudah dimiliki Samsung dengan Samsung Galaxy Z Fold mereka atau yang terlipat keluar seperti pada Huawei Mate Xs. Jadi harapannya adalah Apple dapat membuat layar yang dapat dilipat keluar dan ke dalam atau dua arah.

Disebutkan pula bahwa, apabila rumor yang beredar benar tentang Apple akan membuat produk smartphone dengan layar lipat, maka perangkat mobile itu tidak akan hadir dalam jangka waktu dekat, akan tetapi bakal dirilis sekitar awal tahun 2022 atau 2023 mendatang.