blogs - gawai

Xiaomi Sedang Garap Smartphone Lipat Bernama Mi Mix Fold?

10 Feb 06, 2021
Xiaomi Sedang Garap Smartphone Lipat Bernama Mi Mix Fold?

Tahun 2020 dan 2021 dapat dianggap sebagai tahun yang menjadi awal untuk semua smartphone dengan desain lipat. Mulai dari Samsung dengan Samsung Galaxy Z Fold dan Samsung Galaxy Z Flip, Motorola dengan Moto Razr 2019 sampai dengan LG dengan LG G8X ThinQ, kali ini ada rumor bahwa Xiaomi ternyata juga tertarik untuk terjun menggarap produk dengan desain layar lipat tersebut.

Sejauh ini sudah ada banyak foto-foto yang beredar di internet yang kabarnya merupakan prototipe dari smartphone layar lipat buatan Xiaomi yang diberi nama Mi Mix Fold. Apabila melihat dari desainnya, Mi Mix Fold ini mengadopsi desain dari Samsung Galaxy Z Fold, akan tetapi sedikit berbeda pada bagian tekukannya.

Produk smartphone yang kabarnya memiliki kode nama “cetus” tersebut menggunakan layar AMOLED dengan ukuran 12,5 inci serta memiliki resolusi 2480 x 1860 pixels. Hanya saja, refresh rate layarnya tergolong masih standar, yaitu 90Hz saja. Pada bagian belakangnya, terdapat panel khusus yang berfungsi untuk menampilkan semua notifikasi serta segala status dari perangkat. Panel tersebut juga menggunakan jenis AMOLED dengan resolusi 840 x 2520 pixels.

Seperti kebanyakan smartphone lain pada umumnya, Mi Mix Fold ini juga dilengkapi dengan fitur kamera yang mana lensa kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX766. Sensor ini menawarkan resolusi sebesar 50MP Wide + OIS. Fitur dukungan untuk lensa kamera pada produk ini antara lain 0,5x Ultra-Wide atau juga 3X Telephoto (Optical Zoom). 

Sayangnya, belum diketahui pasti mengenai lensa kamera depannya. Akan tetapi diperkirakan lensa kamera depannya pada Mi Mix Fold ini akan mulai mengadopsi desain underscreen camera atau lensa kamera di balik layar yang mana akan menyingkirkan segala jenis notch atau punch hole yang mengganggu.

Sedangkan untuk jeroannya sendiri, Mi Mix Fold diperkirakan bakal menggunakan chipset Qualcomm terbaru, yaitu Qualcomm (SM8350) Snapdragon 888. Produk smartphone lipat ini juga dilengkapi dengan fitur NFC, dual-SIM Card sampai dengan speaker stereo yang berkualitas.

Sejauh ini, belum ada penjelasan resmi dari pihak Xiaomi terkait dengan rumor smartphone layar lipat atau Mi Mix Fold tersebut. Akan tetapi, apabila produk itu benar-benar akan dirilis, maka Xiaomi beserta Apple yang juga dirumorkan akan membuat smartphone dengan desain lipat, akan menjadi penantang baru bagi vendor-vendor yang sudah terlebih dahulu masuk ke segmen tersebut.

Artikel lain yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya: