blogs - games

PUBG vs Free Fire, Game Mana yang Terbaik?

10 Dec 10, 2020
PUBG vs Free Fire, Game Mana yang Terbaik?

Bagi para pencinta game-game mobile tentunya tahu atau bahkan menjadi pemain dari 2 pemain ini, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) dan Free Fire (FF). Kedua game ini sangat populer dan banyak peminatnya, terutama di Indonesia. Dikarenakan hal itu, tidak sedikit yang akhirnya mempertanyakan mana yang terbaik dari keduanya. Apakah PUBG ataukah FF? 

Untuk mengetahui jawabannya, beberapa poin di bawah ini dapat dijadikan parameter untuk memilih mana game mobile terbaik untuk dimainkan. 

Grafis

Dari sisi grafisnya, tampilan FF didesain dengan model yang cukup dinamis dan konstan. Dengan artian bahwa dimainkan dengan menggunakan perangkat mobile jenis apapun atau mulai dari yang entry level sampai dengan flagship, gambarnya akan tetap sama. Terlebih lagi, FF juga menawarkan graphic support mulai dari Smooth, Standard dan Ultra tanpa harus repot memilih frame rate.

Sedangkan tampilan grafis PUBG kurang konsisten dengan kata lain ketika dimainkan di satu perangkat yang berbeda, desainnya juga berbeda. Ditambah lagi, ada pengaturan frame rate untuk PUBG mulai dari Low, Medium, High, Ultra dan Extreme. 

Hanya saja, gambar dari PUBG lebih realistis dan setiap karakter sampai dengan senjata dibuat layaknya seperti yang ada di dunia nyata, sedangkan pada FF cenderung terlihat seperti kartun dan flat. Contohnya saja, rerumputan pada PUBG terlihat nyata dan hidup dengan gerakan dinamis seperti ketika terkena angin, sedangkan pada FF berupa tampilan tumpukan grafis kasar yang berwarna hijau dan didesain layaknya rumput saja.

Server

Untuk masalah servernya, FF lebih stabil dan lebih cepat untuk dimainkan di Indonesia pada khususnya dibandingkan dengan PUBG. Hal itu dikarenakan server FF sudah tersebar di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, sedangkan PUBG hanya terdapat di beberapa negara di Asia, Eropa dan sedikit di Amerika Utara.

File Size

Bagi pemilik budget phone atau perangkat mobile yang hanya memiliki ROM terbatas, maka jangan berharap dapat memainkan PUBG. Pasalnya, game satu ini membutuhkan space di dalam perangkat sebesar 1,8GB. Untuk itu, FF adalah pilihan yang tepat karena hanya membutuhkan space sebesar 430MB saja.

Battlezone

Tentunya kedua game ini dilengkapi dengan zona peperangan yang sama. Dalam artian ada medan perang yang dapat digunakan untuk bertempur antara satu dengan lainnya. Di kedua game ini juga terdapat apa yang dinamakan Safe Zone dan Red Zone. Yang membedakannya hanyalah timing kemunculan dari kedua zona itu saja.

Map

Seperti yang disebutkan di atas, kedua game ni dilengkapi dengan battlezone. Dari setiap battlezone tersebut dibedakan dari bentuk dan medan mapnya. Untuk FF, terdapat 2 map, yaitu Bermuda dan Mad Dog. Sedangkan pada PUBG, terdapat 3 map, yaitu Miramal, Sanhok dan Erangel. Masing-masing map memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan sendiri-sendiri.

Gameplay dan Control

Untuk masalah gameplaynya, baik PUBG ataupun FF memiliki kesamaan pola permainan, mulai dari terjun dari pesawat, looting, mencari dan mengumpulkan peralatan tempur sampai dengan survival. Hanya saja, ketika masuk ke ranah pengendalian atau kontrol, PUBG memakai sistem kendali yang harus dijalankan secara manual, sedangkan FF lebih otomatis dan responsif. 

Jadi apabila Anda membutuhkan kecepatan dan kemudahan, maka FF adalah game yang tepat, akan tetapi apabila Anda membutuhkan keseruan dan pengalaman, maka PUBG dapat dijadikan pilihan.

Game Mode

Selain gameplay, ada apa yang dikenal dengan istilah game mode atau mode permainan yang memberikan pengalaman tersendiri. Di FF sendiri, game mode yang disediakan antara lain Classic, Ranked, Death Race, Rush Hour, Solo, Duo serta Squad. Di PUBG sendiri ada cukup banyak lagi, seperti Classic, TPP, FPP, Training, Solo, Duo, Arcade sampai dengan Squad.

Penerjunan

Untuk masalah penerjunan, tentu saja semuanya dilakukan dari atas pesawat untuk menuju medan perang. Dan di FF ataupun PUBG, sama-sama melakukannya dengan permulaan dari pesawat terbang. Hanya saja, dari sisi tampilan dan efeknya, penerjunan di PUBG terlihat lebih nyata dan bagus dibandingkan di FF.

Kendaraan 

Berbicara masalah kendaraan, di PUBG ada lebih banyak kendaraan yang tersedia, mulai dari kendaraan darat sampai dengan yang dapat dipakai di air. Untuk jenisnya, ada mobil, motor sampai dengan kapal dengan berbagai ukuran. Sedangkan di FF, kendaraannya sangat terbatas. Bahkan kendaraan yang ada hanya yang dapat dijalankan di darat saja. 

Mode Battle Royale

Sama-sama mengusung one last standing, untuk masalah battle royale pada kedua game ini berbeda dari sisi kuantitasnya. Di FF, hanya tersedia untuk 50 pemain saja yang melakukan battle royale, sedangkan di PUBG dapat dimainkan sampai dengan 100 orang.

Dengan daftar di atas, maka jawaban hanya dapat dijawab oleh masing-masing pengguna mobile yang ingin memainkan salah satu dari 2 game di atas. Apabila membutuhkan game dengan grafis bagus, mode battle royale banyak dan beragam fitur, maka PUBG adalah pilihan. Tapi apabila hanya memiliki perangkat yang lite dan tidak ingin dibebani oleh gamenya, maka FF dapat dimainkan.