blogs - komputer

Qualcomm Snapdragon 888 Resmi Diperkenalkan

10 Dec 16, 2020
Qualcomm Snapdragon 888 Resmi Diperkenalkan

Jika sebelumnya hanya terdengar rumornya saja, akhirnya Qualcomm benar-benar memperkenalkan produk chipset terbarunya ke publik. Produk chipset terbaru tersebut adalah Qualcomm Snapdragon 888 5G SoC.

Perkenalan produk chipset terbaru tersebut digelar di sebuah acara khusus di awal Desember 2020 lalu. Dan tentunya menjadi satu kabar yang bagus bagi para vendor mobile dunia yang ingin menyematkan chipset terbaru untuk produk flagshipnya. Hal tersebut dikarenakan Snapdragon 888 ini sudah terintegrasi dengan modem internal untuk jaringan 5G. 

Selain itu, chip tersebut hadir dengan fabrikasi 5nm X60 5G generasi ke-3 yang menurut pihak Qualcomm menawarkan kompatibilitas global 5G untuk mmWave dan sub-6 band secara global.

 Qualcomm Snapdragon 888

Satu hal yang menarik dari perkenalan chipset ini adalah sebelum kabar mengenai Snapdragon 888 keluar, santer dikabarkan bahwa Qualcomm sedang mengembangkan chipset lanjutan dari Qualcomm Snapdragon 865 dan Qualcom Snapdragon 865+ 5G, yaitu yang nantinya bakal dinamakan antara Qualcomm Snapdragon 870 atau bisa juga Qualcomm Snapdragon 875. 

Akan tetapi, justru Qualcomm melompati angka 7 dan kemudian menamakan produk chipset terbarunya itu dengan nama Qualcomm Snapdragon 888 5G SoC. Menurut informasi yang beredar, dipilihnya angka 8 ini karena berdasarkan fengshui, angka 8 ini merupakan angka keberuntungan untuk Cina. Oleh karenanya, menggabungkan 3 angka 8 ini diharapkan dapat membuat pamor perusahaan mereka serta produknya melejit tinggi di pasaran.

Secara teknis, Snapdragon 888 ini menggunakan arsitektur 1 x 2.84GHz (inti Cortex X1 terbaru ARM) + 3 x 2.4GHz (Cortex A78) + 4 x 1.8GHz (Cortex A55). Sebagai pendukung, kartu grafis yang dapat support adalah minimal Adreno 660. Snapdragon 888 mengintegrasikan modem 5G generasi ketiga Qualcomm dan sistem frekuensi radio - Snapdragon X60, yang mendukung semua gelombang milimeter global utama dan pita frekuensi Sub-6GHz, serta agregasi operator 5G, multi- global- Fungsi kartu SIM, mode jaringan Independen (SA) dan non-independen (NSA), dan berbagi spektrum dinamis (DSS).

Selain dapat membantu aktivitas harian, chipset ini juga sangat tangguh ketika dipakai sebagai media support bermain game. Selain itu, Qualcomm juga mengklaim bahwa chip barunya ini membawa peningkatan kinerja paling signifikan yang pernah dibuat oleh GPU Qualcomm Adreno. Perangkat ini juga dilengkapi dengan Qualcomm Sensing Hub generasi ke-2 yang  menggabungkan pemrosesan AI yang selalu aktif berdaya rendah untuk fitur-fitur intuitif yang intuitif.

Untuk masalah pemrosesan data saat pengoperasian kamera, Spectra ISP dari Snapdragon 888 mendukung kecepatan pemrosesan tingkat miliar piksel yang lebih cepat. Pengguna dapat memproses 2,7 miliar piksel per detik untuk mengambil foto dan video. Ini sekitar 120 frame per detik dan setiap frame 12MP. Kecepatan pemrosesan hingga 35% lebih tinggi dari platform generasi sebelumnya.