blogs - gawai

Rumor: Samsung Sedang Kembangkan Smartphone dengan Kamera 600MP

10 Dec 10, 2020
Rumor: Samsung Sedang Kembangkan Smartphone dengan Kamera 600MP

Nampaknya persaingan di dunia mobile mulai tahun 2021 ini diprediksikan bakal semakin panas. Dikatakan begitu karena akan ada banyak vendor smartphone dunia yang berlomba-lomba menciptakan suatu inovasi terbaru untuk dapat dipakai sebagai media pemikat pasar serta untuk mengalahkan produk dari vendor lainnya.

Salah satu contohnya adalah yang dilakukan Samsung. Menurut kabar yang beredar, Samsung sedang mengembangkan satu smartphone yang bakal dilengkapi dengan lensa kamera dengan resolusi sebesar 600MP. 

Memang belum dapat dipastikan apakah kabar yang kali pertama disebarkan oleh sebuah akun Twitter bernama Ice Universe itu benar atau tidak. Akan tetapi bisa jadi benar karena di awal tahun 2020 kemarin, Executive Vice President of Samsung di divisi Sensor Business Unit yaitu Yongin park mengatakan bahwa Samsung sedang dalam proses pengembangan sebuah lensa yang akan memiliki kemampuan seperti sensor mata manusia. Secara umum, resolusi sensor mata manusia adalah sekitar 576MP.

Apabila sensor kamera dengan resolusi 600MP itu benar-benar dikembangkan dan dipasang di produk Samsung berikutnya, maka akan ada perombakan cukup besar dari sisi desain dan bentuk smartphonenya nanti. Hal itu dikarenakan dengan semakin besar resolusi sensor kameranya, maka membutuhkan ruang yang lebih besar juga dari perangkat yang memakainya. Bisa jadi kemudian smartphone Samsung yang memakai sensor lensa 600MP itu akan memiliki ketebalan 22 mm.

Sekilas memang terdengar sangat meyakinkan dan dapat laris manis di pasar karena sekarang ini eranya visual digital yang mana membutuhkan perangkat yang mampu mengabadikan atau merekam apapun dengan jelas, detail dan jernih. 

Hanya saja, tidak ada garansi bahwa dengan semakin besar sebuah resolusi sensor lensa, maka akan semakin bagus pula foto atau video yang dihasilkan. Itu sebabnya, ketika banyak vendor mobile lain berlomba-lomba melengkapi produk smartphonenya dengan lensa kamera utama yang memiliki resolusi besar, Google dan Apple justru tidak tertarik untuk ikut berkompetisi. 

Hasilnya pun cukup terbukti. Dengan lensa kamera sebesar 12MP yang tersemat di iPhone 12 Pro Max masih cukup tangguh ketika diadu melawan Samsung Galaxy Note20 Ultra yang mempunyai lensa kamera 108MP.