blogs - gawai

Rumor: Seri Galaxy Note Akan 'Dimatikan' Per Tahun 2021

10 Dec 10, 2020
Rumor: Seri Galaxy Note Akan 'Dimatikan' Per Tahun 2021

Selama ini, selain seri-seri S, Samsung juga memiliki produk dalam deretan Note series. Diciptakannya seri-seri Note ini dikarenakan beberapa tahun lalu, kebanyakan smartphone hanya memiliki layar berukuran di bawah 5 inci, sedangkan Note series dilengkapi dengan layar berukuran di atas 5 inci dan masuk kategori phablet.

Ditambah lagi, Note series ini juga sangat tepat untuk digunakan sebagai pembantu para pebisnis dalam beraktivitas sehari-hari tanpa harus repot menggunakan laptop ataupun tablet yang berukuran cukup besar. 

Sayangnya, sejak dirilis kali pertama ke publik dari tahun 2011, memasuki tahun 2021 mendatang, kabarnya Samsung akan menghentikan produksi Note series ini. Dengan kata lain bahwa di kemudian hari tidak akan ada lagi Samsung Galaxy Note terbaru dan berhenti di Samsung Galaxy Note20 series saja.

Dihentikannya produksi Note series ini dikarenakan selain karena sekarang ini rata-rata layar smartphone sudah sangat besar, penjualan produk tersebut juga sangat menurun. Ditambah lagi dengan deretan Galaxy Tab yang memiliki layar 7 inci, perbedaannya pun sangat tipis.

Ya, memang seri Note sangat laris manis di pasaran karena kemampuannya yang berlebih dan juga layarnya yang besar. Akan tetapi sejak awal tahun 2020, smartphone-smartphone Samsung dalam kelas flagship, seperti contohnya Samsung Galaxy S20 Ultra tidak kalah dengan produk Note terbaru. Perbedaannya pun hanya terdapat pada stylus saja, selebihnya kurang lebih sama.

Selain itu, banyak orang yang akan memilih produk mobile besutan Samsung lainnya daripada menghamburkan uang untuk membeli salah satu dari seri Note terbaru karena memang harga dari produk satu ini terbilang sangat mahal dengan kualitas yang sama seperti smartphone Seri S lainnya yang dijual lebih murah.

Sebagai gantinya, Samsung akan lebih memfokuskan diri pada pembuatan seri Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold. Oleh karenanya, ada rumor lain yang mengatakan bahwa produk Samsung Galaxy Fold terbaru nantinya akan juga dilengkapi dengan stylus atau S-Pen seperti yang dimiliki semua seri Note.