blogs - gawai

Mengintip Spesifikasi Smartphone 5G Samsung Galaxy A42

10 Oct 12, 2020
Mengintip Spesifikasi Smartphone 5G Samsung Galaxy A42

Raksasa teknologi Samsung kembali dikabarkan akan meluncurkan perangkat smartphone terbarunya pada tanggal 20 November 2020. Seri smartphone Samsung Galaxy A42 ini kabarnya akan mengusung teknologi jaringan 5G terbaru, dan akan didistribusikan dengan harga yang paling terjangkau. Walaupun tanggal perilisan seri Samsung Galaxy ini masih jauh di depan mata, Samsung sudah membocorkan sejumlah informasi mengenai spesifikasi dan fitur-fitur yang akan diusung oleh smartphone tersebut.

Dari segi desain, Samsung Galaxy A42 akan diluncurkan dengan tampilan notch Infinity-O. Notch jenis ini juga menjadi ciri khas dari hampir semua seri Samsung Galaxy A. Dari segi layar, gawai ini mengusung layar selebar 6.6 inch dengan tipe layar Super AMOLED. Tampilan grafis yang tajam dengan detail mengagumkan membuat pengguna akan merasa betah saat mengakses perangkat ini. Tampilan warna dari Samsung Galaxy ini juga terlihat sederhana namun tetap elegan. Warna smartphone ini mengusung perpaduan warna hitam, biru, dan abu-abu yang dipisahkan dengan garis horizontal. Pemilihan desain warna ini terasa berbeda. Terlebih, karena biasanya Samsung Galaxy menggunakan tipe gradasi. 

Sedangkan dari segi sektor kamera, Samsung Galaxy A42 dibekali dengan kamera depan yang memiliki resolusi sebesar 20 MP. Ini tentunya menjadi salah satu terobosan terbesar. Fitur ini juga akan menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi generasi modern saat ini yang gemar berswafoto. Untuk spesifikasi kamera belakang pun, smartphone ini tak kalah. Samsung Galaxy A42 mengusung 4 buah lensa kamera yang disematkan pada bagian punggung. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama beresolusi 48 MP, lensa ultrawide 8 MP, lensa makro dan depth sensor dengan masing-masing resolusi 5 MP. 

Sayangnya, untuk saat ini Samsung belum meluncurkan pemberitahuan lebih lanjut tentang chipset yang digunakan. Perusahaan tersebut juga belum membocorkan informasi tentang kapasitas RAM dan memori internal. Untuk kapasitas baterai, Samsung Galaxy A42 dibekali dengan baterai jumbo berdaya 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, tentunya aktivitas mendengarkan musik, penggunaan aplikasi, bermain game online, maupun streaming film dapat dilakukan selama berjam-jam. Tak berhenti di situ saja, Samsung juga menanamkan fitur pengisian daya cepat. Dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu waktu yang terlalu lama untuk kembali menggunakan gawai. 

Untuk harga, Samsung memang berencana untuk menjadikan Samsung Galaxy A42 5G sebagai smartphone canggih dengan harga murah. Untuk satu unit Galaxy A42 akan dijual dengan kisaran harga 369 euro, atau 6 jutaan rupiah. Ini tentunya jauh lebih murah jika dibandingkan seri smartphone 5G lainnya.