blogs - gawai

Mengintip Kecanggihan di Balik Samsung Galaxy Z Fold 2

10 Sep 15, 2020
Mengintip Kecanggihan di Balik Samsung Galaxy Z Fold 2

Setelah sukses menyelenggarakan Galaxy Unpacked pada bulan Agustus lalu, Samsung kembali menghadirkan Unpacked Park 2 yang baru saja diselenggarakan pada awal bulan September kemarin. Pada acara yang satu ini, Samsung secara resmi mengenalkan smartphone layar lipat terbarunya, yakni Galaxy Z Fold 2. Dibandingkan dengan Galaxy Z Fold generasi sebelumnya, versi terbaru ini telah hadir dengan beragam inovasi baru yang lebih disempurnakan. Pihak Samsung pun mengklaim bahwa seluruh inovasi baru yang ada pada Galaxy Z Fold 2 disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Pembelian smartphone ini sudah dibuka secara pre-order hingga tanggal 19 September nanti. Sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, intip dulu spesifikasi dan kecanggihan yang ditawarkan oleh smartphone layar lipat terbaru yang satu ini.

Layar

Samsung Galaxy Z Fold 2

Sebagai smartphone layar lipat, Galaxy Z Fold 2 ini hadir dengan dua layar yang terdiri atas layar utama dan layar sekunder (cover display). Untuk layar utamanya, dilengkapi dengan panel Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 7.6 inci beresolusi 1768 x 2208 pixels. Sedangkan untuk cover displaynya, dilengkapi dengan panel Super AMOLED dengan ukuran 6.23 inci beresolusi 816 x 2260 pixels. Smartphone yang memiliki refresh rate 120 Hz ini telah dilengkapi dengan lapisan Ultra Thin Glass di dalamnya. Lapisan tersebut membuat smartphone layar lipat ini lebih kuat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 

Prosesor

Smartphone yang satu ini telah hadir dengan sistem operasi Android terbaru, yakni Android 10. Untuk menunjang pengalaman Anda, Samsung juga telah menyematkan One UI 2.5. Performanya yang begitu handal, ditunjang berkat penyematan chipset Qualcomm Snapdragon 865+ dan kartu grafis Adreno 650. Tidak berhenti disitu saja, smartphone canggih ini juga telah dilengkapi dengan kapasitas RAM yang sangat besar, yakni 12 GB.

Dengan kapasitas RAM yang sangat besar ini, Anda bisa menjalankan beberapa aplikasi berat sekaligus dengan lebih nyaman. Untuk kapasitas memori internalnya, Galaxy Z Fold 2 ini tersedia dengan dua varian yang berbeda, yakni 256 GB dan 512 GB. Kedua varian ROM yang besar tersebut membuat Anda bisa menyimpan ribuan file sekaligus. Meski tak dilengkapi dengan slot memori eksternal, hal itu bukan menjadi persoalan yang besar.

Kamera

Bukan Samsung jika tak menghadirkan spesifikasi kamera yang mumpuni. Smartphone terbaru ini hadir dengan konsep triple camera sebagai kamera utama yang ketiganya hadir dengan resolusi 12 MP. Lensa pertama merupakan lensa wide yang telah dilengkapi dengan fitur OIS di dalamnya. Saat menggunakan lensa kamera ini, Anda bisa memotret dan merekam video dengan kualitas yang lebih stabil.

Kamera keduanya merupakan lensa telephoto yang telah dilengkapi dengan fitur 2x optical zoom. Memotret objek berjarak jauh akan terasa lebih mudah berkat lensa kamera satu ini. Sedangkan kamera ketiganya yang merupakan lensa ultrawide bisa membantu Anda mengabadikan foto pemandangan dengan kualitas yang bagus.

Untuk kamera depannya, Samsung Galaxy Z Fold 2 ini telah dilengkapi dengan lensa wide beresolusi 10 MP. Samsung juga telah menambahkan cover camera dengan resolusi yang sama. Baik kamera depan maupun kamera belakang, keduanya bisa merekam video dengan resolusi 4K yang berkualitas.

Baterai

Galaxy Z Fold 2 ini telah dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 4500 mAh. Samsung juga telah menyematkan teknologi fast charging 25W yang akan menunjang proses pengisian daya nantinya. Di mana Anda pun tak perlu lagi menunggu waktu yang terlalu lama untuk membuat daya baterai smartphone kembali terisi penuh. Ada juga teknologi wireless charging 11W yang bisa membuat Anda melakukan proses charging lebih mudah tanpa menggunakan kabel.

Tidak berhenti disitu saja, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan teknologi reverse wireless charging yang membuat smartphone Anda bisa beralih fungsi sebagai sebuah powerbank. Dengan fitur ini, Anda bisa mengisi daya smartphone kerabat Anda.

Fitur Lainnya

Fitur canggih lainnya yang disematkan pada smartphone ini diantaranya yakni USB Type-C, bluetooth 5.0, WiFi 6, Ultra Wide Band, dan dual speaker. Tidak lupa Samsung juga telah menambahkan fitur NFC di dalamnya. Perihal warnanya, smartphone ini hadir dengan tiga varian warna yang bisa Anda pilih, yakni Mystic Black, Mystic Brown, dan Thom Browne Edition.

Berdasarkan spesifikasi yang telah disebutkan di atas, Anda tentu setuju jika smartphone terbaru Samsung ini menawarkan beragam kecanggihan dan inovasi baru. Jika Anda sudah yakin untuk membeli Samsung Galaxy Z Fold 2 ini, tidak ada salahnya jika Anda membelinya secara pre order. Pembelian pre order bisa dilakukan secara langsung melalui situs resmi Samsung. Untuk harganya, Anda perlu menyiapkan bujet sekitar Rp 33 jutaan untuk mendapatkan smartphone ini.