blogs - media sosial

Seberapa Penting Hashtag untuk Social Media Marketing?

10 Feb 05, 2021
Seberapa Penting Hashtag untuk Social Media Marketing?

Hashtag sekarang ini telah berkembang pesat untuk fungsinya. Mulai berawal di Internet Relay Chat (IRC) pada tahun 1988, hashtag yang waktu itu digunakan untuk mengobrolkan satu topik tertentu di satu saluran, sekarang ini sudah menjadi salah satu penanda otomatis dan paling berpengaruh di dunia sosial media, terutama ketika dihubungkan dengan dunia marketing digital.

Setelah masuk dalam dunia sosial media dan digital marketing, kira-kira seberapa penting penggunaan hashtag tersebut? Berikut penjelasan singkatnya.

Apa Manfaat Hashtag pada Strategi Pemasaran Digital dan Sosial Media?

Pada dunia digital marketing yang juga menggunakan sosial media sebagai salah satu tempat pemasaran produk atau layanan yang ditawarkan. Akan menjadi satu hal yang cukup sulit dan memakan banyak waktu ketika harus mengumpulkan atau mengetahui informasi terkait dengan produk atau layanan yang bersangkutan. Oleh karena itu, hashtag berdiri sebagai solusinya, yaitu menjadi penyortir dan pengelompok konten sejenis agar lebih mudah diidentifikasi atau dicari.

Contohnya saja di Instagram, hashtag dapat membantu menyortir dan mengatur konten yang diposting oleh 1 miliar pengguna aktif bulanan. Jadi dapat dikatakan dapat membantu Instagram sendiri dalam pengelompokan tema khusus. 

Sekarang ini hampir semua platform sosial media menggunakan hashtag dalam layanan mereka. Bahkan ada pula yang mempersilakan penggunanya untuk follow hashtagnya saja, bukan ke akun yang bersangkutan. Dengan begitu, hashtag yang diikuti akan muncul di timeline pengguna.

Jadi, baik mereka mengikuti atau hanya menelusuri, dengan menggunakan hashtag yang relevan dengan produk atau layanan Anda maka dapat membantu menjangkau semua konsumen.

Cara Penggunaan Hashtag yang Benar

Banyak orang menggunakan hashtag yang umum dan sangat populer. Hal tersebut sangat wajar dan tidak salah. Hanya saja, ketika marketer atau pebisnis ingin mendapatkan dampak yang nyata dengan pengguna sosial media yang original (bukan bots), maka hashtag yang patut digunakan adalah yang bagus dan relate.

Satu hal yang patut diketahui adalah ketika hashtag yang Anda gunakan itu adalah tagar yang populer maka semakin membuat konten Anda menjadi sedikit bias karena banyaknya orang yang sama-sama memakainya. 

Menggunakan hashtag yang relevan dengan merek dan industri Anda tidak hanya membantu mengurangi jumlah pesaing, tetapi juga dapat lebih cepat informasi yang diberikan mencapai orang-orang yang tepat dan sesuai dengan yang ditargetkan. Hanya saja, disarankan untuk tidak membuat hashtag yang terlalu spesifik sehingga jarang ada orang yang menelusurinya.

Dalam sebuah penelitian, postingan yang berisi satu tagar menerima 70% lebih banyak keterlibatan daripada postingan tanpa tagar. Namun, bukan berarti semakin banyak hashtag yang digunakan dalam sebuah pos, maka semakin banyak interaksi dan engagement yang didapatkan. Postingan dengan 7 buah tagar dapat bekerja lebih baik dibandingkan dengan yang berisikan lebih dari 10 hashtag.

Artikel lain tentang media sosial marketing yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya: